Lewat ‘Makarso’, IPNU-IPPNU Kecamatan Kota di Ponorogo Aktifkan Rutinan

Lewat ‘Makarso’, IPNU-IPPNU Kecamatan Kota di Ponorogo Aktifkan Rutinan

MEDIA IPNU
– Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kota, Kabupaten Ponorogo, mengadakan Majelis Khataman Al-Qur’an dan Sholawat (Makarso), Jumat (26/11/2021).

Kegiatan yang bekerja sama dengan Pimpinan Ranting (PR) IPNU-IPPNU se-Wilayah Kota itu digelar di Masjid Besar Ibadurrahman, Jeruksing, Tonatan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Ketua IPNU Kecamatan Kota, Tito Arfian Alfaqatu Rozak mengatakan, Makarso adalah sebuah nama acara yang menjadi salah satu program unggulan PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Kota.

“Kegiatan ini dilaksanakan pada saat Selapanan, yakni pada setiap Jumat legi,” kata Tito.

Tito menuturkan, Makarso digelar untuk menambah rasa cinta terhadap Al-Qur’an dan cinta kepada Rasulullah SAW. Selain itu, dalam acara Makarso juga diselipkan ta’lim atau pengajaran untuk menambah wawasan kader IPNU-IPPNU.

“Biasanya, hal itu berkaitan dengan akidah Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah,” jelasnya.

Ia pun berharap, agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik di seluruh kecamatan di Ponorogo. Sehingga dengan adanya kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu perantara untuk mengenalkan IPNU-IPPNU di tengah-tengah masyarakat.

Tito menyebutkan, bahwa rentetan kegiatan Makarso dimulai setelah Subuh hingga Ashar, yakni dengan melakukan Khatmil Qur’an. Kemudian dilanjutkan khotmil Qur’an lagi setelah Maghrib.

“Dan puncaknya ialah pembacaan shalawat serta ta’lim keaswajaan, oleh Ketua takmir H Dana Akhmad Dahlani,” pungkasnya.(iq/sd)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama