Tekankan Pentingnya Administrasi, PC IPNU IPPNU Kota Yogyakarta gelar Class of Administration

Tekankan Pentingnya Administrasi, PC IPNU IPPNU Kota Yogyakarta gelarClass of Administration
Tekankan Pentingnya Administrasi, PC IPNU IPPNU Kota Yogyakarta gelarClass of Administration

MEDIA IPNU – Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdaltul Ulama (IPPNU) Kota Yogyakarta, yang dimentori langsung oleh Sekretaris dan Bendahara PC IPNU dan IPPNU Kota Yogyakarta, menggelar kegiatan class of administration, Ahad (5/12/2021).

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung DPD RI DIY, Jl. Kusumanegara 133, Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta, dengan mematuhi protokol kesehatan.

Membahas tentang administrasi merupakan kegiatan yang tidak akan pernah berujung. Karena administrasi akan bersangkut paut dengan unsur-unsur yang lain. Maka mempelajari administrasi akan memperlajari juga tentang organisasi, manajemen, kepemimpinan, kebijakan, dan hubungan antar manusia.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 6 (enam) Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU Se-Kota Yogyakarta dan Pimpinan Komisariat (PK) IPNU IPPNU Se-Kota Yogyakarta, yang masing-masing dihadiri oleh Ketua, Sekretaris, dan Bendahara.

Dalam sambutan pembukanya, Ketua PC IPNU Kota Yogyakarta Fairaz menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi semua pengurus.

“Tidak hanya sekretaris yang faham tentang surat menyurat, tidak hanya bendahara yang mengerti tentang manajemen keuangan, tetapi ketua pun wajib tahu dan bisa program kerja yang diembang sekretaris dan bendahara tersebut,” kata Fairaz.

Lebih dari itu, ia berpesan dalam sambutannya, agar setelah kegiatan ini ada output dari Pengurus Harian (PH) yang hadir dalam kesempatan tersebut, yaitu bisa menularkan ilmu yang didapat kepada pengurus maupun anggota lain yang ada di masing-masing PAC dan PK, dengan tujuan agar ketika ada acara, yang menjadi sekretaris maupun bendahara pada acara tersebut, bisa meng-handle surat menyurat dan tata kelola keuangan dengan baik, pungkasnya.

Sekretaris Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Daerah Istimewa Yogyakarta Dwi Rahmatullah dalam sambutannya menyampaikan beberapa poin. Pertama, ia sangat mengapresiasi kepada PC IPNU IPPNU Kota Yogyakarta atas terselenggaranya acara Class of Administration, meskipun masih dalam pandemi Covid19, tetapi panitia mampu menyelenggarakan acara dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kedua, ia berharap, bahwa kegiatan seperti ini harus bisa besar, dalam artian, cakupannya lebih luas lagi, yaitu mengundang BANOM-BANOM NU yang ada di Kota Yogya. Terakhir, tak lupa juga ia berpesan kepada peserta, semoga kegiatan ini bisa memberi manfaat bagi Pengurus Harian (PH) PAC dan PK IPNU IPPNU Se-Kota Yogyakarta pada khususnya, dan lebih-lebih bisa ditularkan kepada pengurus lain pada umumnya.

Dr. H. Hilmy Muhammad, M.A. yang merupakan Anggota DPD RI DIY, menggungkapkan rasa senang dan bangga dengan kehadiran rekan-rekanita IPNU IPPNU Kota Yogyakarta di gedung DPD, yang mana gedung ini (DPD) berada di Kota Yogya.

Ia juga membuka pintu selebar-lebarnya untuk memaksimalkan gedung DPD dengan diisi kegiatan dari IPNU IPPNU. Selain itu, juga memberi apresiasi atas kerja keras PC IPNU IPPNU Kota Yogya yang dalam kesempatan itu dapat mengumpulkan rekan-rekanita dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) hingga Pimpinan Wilayah (PW).

Dalam kesempatan yang sama, ia juga memberi sedikit wejangan sekaligus pengingat kepada rekan-rekanita yang hadir dalam kesempatan tersebut bahwa kebanyakan masyarakat nahdliyyin fokus untuk mengurus jamaahnya (orangnya), sedangkan jarang sekali yang mengurusi jam’iyyahnya (organisasinya).

“Maka dalam kesempatan ini saya menyampaikan, bahwa rekan-rekanita sekalian harus bisa menjadi leader di masa yang akan datang, yaitu minimal dengan cara tertib administrasi di organisasi IPNU IPPNU”, pungkasnya.

Dalam acara inti Class of Administration, dipandu langsung oleh sekretaris PC IPNU IPPNU Kota Yogyakarta, Abdul Munif Afandi dan Rekanita Wahyu Siamti. Keduanya bergantian dalam menyampaikan materi yang dibawakannya, tentu berdasar pada ketentuan yang berlaku, sebagai contoh yaitu keduanya sama-sama menyampaikan tentang Ruang Lingkup Peraturan Administrasi IPNU yang mengacu pada Peraturan Administrasi IPNU BAB III Pasal 4, serta Ruang Lingkup Petuntuk Pelaksanaan Administrasi IPPNU BAB 3 Pasal 3.

Dalam kesempatannya, keduanya juga menyampaikan banyak poin yang mustinya dipahami oleh sekretaris, di antaranya adalah Persuratan, Jenis-jenis Surat, Laporan, Peralatan Administrasi, Perlengkapan Sekretariat, PO tentang Database Organisasi, Jenis Data, dan Sertifikasi Kader.

Selain itu, Rekan Muhammad Hidayat dan Rekanita Siska Tri Alami selaku Bendahara PC IPNU IPPNU Kota Yogyakarta juga turut menyampaikan tentang job description yang musti dipahami juga oleh bendahara. Keduanya secara bergantian menyampaikan tentang Bendahara dan Wakil Bendahara, Hak dan Wewenang, Tugas, Kewajiban, dan Tanggung Jawab, serta mengacu pada pasal 46 tentang Buku Keuangan.

Sebagai pamungkas dari acara tersebut, peserta juga diberi kesempatan waktu untuk bertanya kepada empat narasumber tersebut.

*Kontributor: Habib Hasan (Sekretaris PAC IPNU Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama