IPNU IPPNU Babat Latih Generasi Unggul Melalui "Pelaku"

IPNU IPPNU Babat Latih Generasi Unggul Melalui "Pelaku"

MEDIA IPNU – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Babat menggelar Pelatihan Kader Unggulan atau Pelaku. Kegiatan ini dipusatkan di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Futuhiyah, Desa Gendongkulon, Kecamatan Babat, Lamongan, Jawa Timur, Jum’at (04/02/2022).

Ketua PAC IPNU Babat, Moh Mirza Amirul menyampaikan, bahwa kegiatan kaderisasi non formal tersebut bertujuan untuk mencetak kader unggul. Serta mampu menciptakan kader yang memiliki jiwa kepemimpinan dan inovatif.

“Melalui program tersebut kami mendorong pemuda agar bertindak lebih aktif, utamanya dalam kegiatan-kegiatan organisasi,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, bahwa yang menjadi pembeda kegiatan tersebut dengan pengkaderan IPNU-IPPNU lainnya ialah pada aspek teori yang berbasis Positive Youth Development (PYD). Yaitu, penjelasan kerangka kerja yang menguraikan persepsi yang diperlukan pemuda untuk berperan dan berperilaku positif.

“Teori ini menganut model perkembangan dan memberikan peluang yang dialogis bagi pemuda untuk berperan aktif dalam kegiatan yang bermanfaat,” jelasnya.

Kader yang berada di bawah koordinasi PC IPNU IPPNU Babat tersebut menambahkan, bahwa berbagai kesempatan dan upaya yang dimiliki pemuda dimungkinkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu, hal tersebut dengan tetap berpegang teguh pada hal-hal yang berkembang di tengah masyarakat.

“Kesempatan tersebut perlu dimanfaatkan sebaik mungkin guna merancang, mengimplementasikan, mengevaluasi, serta mendorong sejumlah layanan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” tandasnya.(nm)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama