IPNU IPPNU Zona Timur Daya Kabupaten Sumenep Gelar Ngaji Budaya Nanampan

IPNU IPPNU Zona Timur Daya Kabupaten Sumenep Gelar Ngaji Budaya Nanampan

MEDIA IPNU – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Zona Timur Daya yang meliputi PAC Gapura, Dungkek, Batang-Batang, dan Batuputih menggelar Ngaji Budaya Nanampan bertempat di Aula Aswaja Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Gapura lantai II, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Jumat (01/04/2022).

Acara tersebut diisi oleh Khairul Umam, salah satu Pengurus Cabang (PC) Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia Nahdlatul Ulama (Lesbumi NU) Sumenep. Acara diawali dengan pembacaan surat Al-Fatihah, dilanjutkan dengan pembacaan shalawat nabi yang dipimpin oleh anggota Banjari IPNU, kemudian menyanyikan Mars IPNU IPPNU dari paduan suara PAC IPPNU Gapura.

Fathor Rosy, ketua PAC IPNU Gapura menyampaikan, bahwa acara kolaborasi IPNU IPPNU Zona Timur Daya tersebut merupakan acara cadangan yang awalnya direncanakan beberapa pekan lalu. Namun gagal karena masih marak Omicron.

“Pelajar butuh terhadap pengetahuan budaya. Selain belajar budaya Indonesia secara umum di bangku sekolah, juga dibutuhkan pengetahuan tentang budaya lokal,” ujarnya.

Dijelaskan pula, Nanampan merupakan budaya di Kecamatan Gapura, Dungkek, Batang-Batang, dan Batuputih. Selain melaksanakan budaya itu, pelajar perlu tau sejarah perkembangannya dari masa ke masa.

Sementara itu, Jalaluddin Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Sumenep menyampaikan bahwa periode lalu, zona hanya dilakukan untuk melaksanakan pelaksanaan jenjang kaderisasi Latihan Kader Muda (Lakmud). Namun saat ini sudah berbeda dan ada peningkatan.

“Aanya zona ini juga sebagai sarana memperbaiki internal organisasi antar PAC untuk bersama-sama saling membutuhkan dan bergandengan tangan. Antar-PAC harus ada simbiosis mutualisme. Jika ada masalah, zona adalah kunci penyelesaiannya,” pungkasnya.(dh)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama