Komisariat Sekolah Jadi Garapan Serius PW IPNU Jatim, Telah MoU dengan Dinas Terkait

Komisariat Sekolah Jadi Garapan Serius PW IPNU Jatim, Telah MoU dengan Dinas Terkait

MEDIA IPNU - Pelajar merupakan manifestasi pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Dalam rangka menumbuhkan kreativitas, inovasi, dan progresivitas pelajar Nahdlatul Ulama (NU) di masa yang akan datang, maka Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur berkomitmen menggarap segmen pelajar secara serius.

“Alhamdulillah, keseriusan kami dalam menggarap segmen pelajar di sekolah swasta maupun negeri yang ada di Jawa timur ini sudah mencapai titik serius dan maksimal. Karena pelajar merupakan wahana untuk menyelami segala bentuk potensi diri yang ada di setiap individu,” kata Wakil Ketua PW IPNU Jatim, Aan Andri Ardiyansah, Ahad (17/04/2022).

Pria yang membidangi Departemen Jaringan Sekolah tersebut juga menjelaskan bahwa beberapa capaian prestasi yang sudah didapatkan IPNU Jawa Timur merupakan bukti keseriusannya. PW IPNU Jatim fokus mengarah dan melangkah dalam nafas gerakan kaderisasi NU di lingkup pelajar, mulai dari akar rumput yang paling dasar yakni sekolah, baik dalam naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU, Kementerian Agama, atau Dinas Pendidikan.

“Kami dari PW IPNU Jawa Timur bahkan sudah sukses memulai langkah dengan melakukan MoU dengan Pengurus Wilayah LP Ma’arif NU Jawa Timur dan Dinas Pendidikan Jawa Timur untuk menghadirkan dan mendirikan Pimpinan Komisariat Sekolah di beberapa daerah,” terang kader IPNU asal Babat, Lamongan, ini.

Aan juga menjelaskan bahwa keseriusan PW IPNU Jatim dibuktikan dengan menerbitkan buku Pedoman Komisariat sebagai komitmen untuk menggarap segmen pelajar.

“Kami juga sudah membuat gerakan pendamping belajar bagi para pelajar dengan program ‘IPNU EDUCARE’ dan berhasil membuat gerakan 2000 Komisariat IPNU secara masif di sekolah swasta maupun negeri yang ada di Jawa Timur dengan gerakan IPNU back to school dan IPNU back up school,” tegasnya.

Aan menjelaskan, Pimpinan Komisariat adalah ujung tombak kaderisasi IPNU dalam pendidikan formal. Bahkan, IPNU hadir sebagai wadah kaderisasi, sekaligus sebagai percepatan kreativitas dan inovasi untuk kadernya.

“Departemen Jaringan Sekolah PW IPNU Jawa Timur berharap gerak IPNU di sekolah formal semakin masif. PBNU telah mengamanahkan segmen pelajar kepada IPNU, maka kita juga harus serius,” terangnya.

Demisioner Ketua PC IPNU Babat tersebut juga mengatakan bahwa IPNU di sekolah nantinya akan berorientasi untuk membantu sekolah dalam mengembangkan skill siswa-siswinya.

“Selain itu IPNU juga berorientasi untuk menyiapkan regenerasi kepemimpinan NU di masa depan,” pungkasnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama