Media IPNU Alternatif Pusat Publikasi Pelajar NU

Media IPNU Alternatif Pusat Publikasi Pelajar NU

MEDIA IPNU – Media ini telah lahir dengan semangat literasi yang tinggi bisa menjadi support system untuk Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama. Sebab, portal tersebut akan memiliki dampak signifikan dalam menjangkau kader-kader IPNU IPPNU di ranah basis.

Setidaknya, adanya Media IPNU sebagai alternatif pusat publikasi ini memiliki tujuh poin penting kemanfaatannya.

Mempermudah Publikasi

Bisa dipastikan bahwa setiap akhir pekan selalu ada kegiatan IPNU IPPNU. Entah kegiatan itu di Pusat, Wilayah, Cabang, maupun di ranah basis: PR/PK/PAC/PKPT. Setiap kegiatan IPNU IPPNU pasti memiliki kisahnya masing-masing. Dengan adanya Media IPNU kisah-kisah itu bisa dengan mudah diabadikan melalui tulisan hanya dengan mengirim foto kegiatan dan menulis dua paragraf mengenai kegiatan tersebut ke redaksi@mediaipnu.or.id. Karena Media IPNU dikelola oleh kader dan untuk kader, maka publikasi akan dengan mudah dilakukan oleh Redaksi.

Bisa Membuat Personal Branding

Setiap organisasi pasti mempunyai pimpinan atau kader yang menjadi simbol organisasi. Branding personal bukanlah hal jahat untuk kader IPNU IPPNU. Sebab, citra yang dibangun memang selaras dengan kesalehan kader di organisasi. Maka di tingkat kepengurusan mana pun (PP/PW/PC/PAC/PK/PKPT) sah-sah saja membanding kadernya sebagi icon dari wilayah masing-masing. Dan Media IPNU dapat menjadi alternatif lahan untuk melakukan hal tersebut.

Kampanye Organisasi

Disadari atau tidak, hingga saat ini, keberadaan IPNU IPPNU masih saja banyak yang belum mengetahui. Publikasi media harus terus digalakkan. Penyebaran tentang informasi mengenai IPNU IPPNU dapat dilakukan melalui media sosial masing-masing tingkat kepengurusan di seluruh Indonesia. Namun, harus ada solusi jika suatu daerah tidak punya SDM yang mumpuni untuk pengopeasian media sosial. Maka Media IPNU bisa hadir menawarkan solusi tersebut.

Publikasi Gerakan

Tidak jarang kader-kader IPNU IPPNU punya gerakan yang inovatif. Mulai dari Gerakan Pelajar Mengaji, Gerakan Donasi, Gerakan Literasi, hingga Gerakan Moderasi dan lain-lain. Semua gerakan itu tidak boleh berhenti dalam satu titik. Ia harus berdampak ke wilayah yang lain. Informasi mengenai gerakan tersebut harus disebarkan. Publikasi tersebut bisa melalui Media IPNU sebagai salah satu alternatifnya.

Penyatuan Persepsi dan Opini

Setiap isu yang beredar di masyarakat, tidak harus direspon oleh IPNU IPPNU. Hanya yang berkaitan dengan NU atau IPNU IPPNU sendiri dan yang berkaitan dengan kepelajaran. Namun perihal kebangsaan juga tidak boleh ditinggalkan. Persepsi kader mengenai suatu isu harus di-setting satu gambaran yang diamini semua kader. Opini itu bisa dibangunmelalui Media IPNU.

Menggiring Opini Positif

Setiap opini mengenai keagamaan, pelajar, hingga kebangsaan IPNU IPPNU harus bisa memberikan wacana kritis dan opini yang positif yang membangun. Jangan sampai kader IPNU IPPNU malah menjadi bangin pemecah belah bangsa. Opini positif dapat disebarkan melalui Media IPNU juga.

Framming Sesuai Sudut Pandang Organisasi

Setiap ada kegiatan IPNU IPPNU yang melibatkan stakeholder, framming media harus dari sudut pandang IPNU IPPNU. Jurnalis pasti paham mengenai hal itu. Dan Media IPNU bisa membangun hal itu melalui website dan medsos yang dimiliki.

Itulah tujuh manfaat dari keberadaan Media IPNU. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang cukup untuk menetahui tujuan dari adanya media ini. Salam Literasi! Salam Berjuta!

Oleh: Tim Redaksi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama