Pesantren Kilat Ramadhan IPNU IPPNU Negara Bali, Ngabuburit dengan Ilmu dan Akhlak

Pesantren Kilat Ramadhan IPNU IPPNU Negara Bali, Ngabuburit dengan Ilmudan Akhlak


MEDIA IPNU – Pesantren Kilat Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali mulai berlangsung di Masjid Al-Ikrom Tegal Badeng Barat, Sabtu (9/4/2022).

Kegiatan pesantren kilat IPNU IPPNU tersebut merupakan kolaborasi bersama Remaja Masjid Al-Ikrom Tegal Badeng Barat.

Kegiatan yang diberi nama Pesantren Ramadhan tersebut bertema “Ngabuburit dengan Ilmu dan Akhlak”. Agenda diisi sejumlah materi, yaitu: Fikih Puasa, Fikih Zakat, Praktek Perawatan Jenazah, Aswaja KeNUan, Citra Diri Anak Sholeh, dll.

Ketua PAC IPNU Kecamatan Negara Rizqi Maulana menyampaikan bahwa remaja saat ini adalah cerminan generasi muda. Hadirnya pendidikan seperti Pondok Pesantren Kilat akan membendung aksi kenakalan remaja dan untuk menghindari pergaulan yang tidak ada manfaatnya.

“Ini momen yang sangat berharga sekali. Jarang dari kita bisa menikmati belajar seperti santri di Pondok Pesantren. Maka Pesantren Ramadhan ini jangan sampai dilewatkan. Kita di sini belajar maka gunakanlah ilmu itu sebagai senjata, organisasi ini sebagai kendaraan, dan teman-teman kita adalah partner dalam mencapai keberhasilan,” kata Rizqi.

Pesantren Kilat IPNU IPPNU

Senada dengan Rizqi, Ketua Remaja Masjid Al-Ikrom, Maulana Fadli, mengatakan bahwa kegiatan kolaborasi ini didasari atas keinginan untuk menghidupi Pendidikan Non Formal, khususnya dalam bidang keagamaan di kalangan remaja maupun pelajar.

Ia memandang bahwa IPNU-IPPNU mempunyai visi yang sama, sehingga pihaknya sepakat untuk mengadakan kolaborasi kegiatan Pesantren Ramadhan yang akan dilaksanakan setiap Sabtu selama bulan Ramadhan.

Kemudian Ketua Remaja Masjid Al-Ikrom, Maulana Fadli, juga berharap kegiatan ini akan terus berlanjut, tidak hanya di bulan Ramadhan saja tapi harapannya akan menghasilkan lembaga.

Ia berharap bahwa Pesantren Ramadhan ini memberi kebermanfaatan kepada yang telah hadir. Pun silaturahmi yang baik antara IPNU IPPNU Kecamatan Negara dan Remaja Masjid Al-Ikrom ini tidak terhenti sampai kapanpun.

Ketua Takmir Masjid Al-Ikrom Bapak H. Adrimin menegaskan kesempatan emas dari kolaborasi ini jangan sampai disia-siakan.

“Jangan sia-siakan Pesantren Ramadhan ini, tolong saling memotivasi karena dengan hadirnya IPNU IPPNU Kecamatan Negara ini membuat Remaja Masjid Al-Ikrom tambah semangat,” jelas Ketua Takmir Masjid Al-Ikrom yang sekaligus membuka Pesantren Ramadhan, Sabtu (9/4).

Hadir dalam kegiatan tersebut Penasehat Takmir Masjid Al-Ikrom, Ketua Ranting NU Tegal Badeng Barat, Kelian Banjar Teluk Limo Desa Tegal Badeng Barat, dan Pengurus PC IPNU IPPNU Kabupaten Jembrana Bali.(rm/dh)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama