Tempa Jiwa Kepemimpinan Kader, IPNU IPPNU Diwek Jombang Gelar Lakmud

Tempa Jiwa Kepemimpinan Kader, IPNU IPPNU Diwek Jombang Gelar Lakmud

MEDIA IPNUPimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, tempa jiwa kepemimpinan kader dengan menyelenggarakan Latihan Kader Muda (Lakmud) pada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tarbiyatunnasyiin, Paculgowang, Diwek, Sabtu hingga Selasa (2-5/4/2022).

Lakmud adalah jenjang kaderisasi formal IPNU IPPNU tingkat II. “Jadi, setelah anggota IPNU IPPNU mengikuti Masa Kesetiaan Anggota (Makesta), diharuskan semestinya Lakmud,” ujar Sie Humasy, Muhammad Zulfa Fahryansyah dilansir dari NU Online Jombang, Rabu (6/4/2022).

Pelajar NU yang akrab disapa Rian ini menjelaskan bahwa pada Lakmud Diwek saat ini terdapat 24 peserta dari internal Kabupaten Jombang saja. “Kami tidak menerima dari luar Jombang, karena kita optimalisasi dari kader-kader di wilayah kami sendiri, terutama di wilayah Diwek,” terangnya.

Lakmud PAC IPNU IPPNU Diwek ini merupakan satu dari rangkaian kegiatan pra-Konferensi Anak Cabang (Konferancab) Diwek. Rian lalu mengatakan tujuan diselenggarakannya Lakmud ini ialah untuk menempa jiwa-jiwa kepemimpinan dari peserta Lakmud.

Pihak PAC Diwek menginginkan bahwa nanti setelah Lakmud seluruh peserta dapat menguasai dan dapat responsif sekaligus bisa menganalisis isu-isu atau peristiwa yang sedang berkembang di masyarakat. Selain itu, kader-kader ini harus lebih giatlagi di IPNU-IPPNU.

Langkah selanjutnya, PAC IPNU IPPNU Diwek akan terus tempa jiwa kepemimpinan kader dengan mendistribusikan kader-kader itu berproses di ranting masing-masing. Baik itu dari Mojoagung, Jombang Kota, Peterongan, dan khususnya ranting dari Diwek sendiri. “Kita suruh ngabdi di rantingnya masing-masing biar ilmunya dipraktekkan dan diamalkan di daerahnya masing-masing,” ujarnya.

Mengenai tentang diselenggrakannya Lakmud IPNU IPPNU Diwek pada awal bulan Ramadhan, Ketua Pelaksana Lakmud, Dewi Fitriana, menerengkan tidak ada perihal yang khusus. Panitia Lakmud menyelenggrakan acara ini di bulan Ramadhan mengalir saja.

Dewi menambahkan bahwa dulu mulanya Lakmud Diwek akan diadakan pada 25-28 April 2022. Namun, sebab beberapa pertimbangan, salah satunya berbarengan dengan pelantikan PC IPNU-IPPNU Jombang pas tanggal 27, jadi Panitia  Lakmud memutuskan agar Lakmud diundur.

“Toh sebenarnya juga malah baik kan? Puasa-puasa sambil mencari ilmu. Tidur aja dapat pahala, apalagi sambil mencari ilmu,” katanya.

Dewi juga menerangkan, Lakmud PAC Diwek ini juga diisi dengan kegiatan Ramadhan sesuai pada umumnya. “Ya, seperti salat tarawih, kita tetap menjalankannya,” pungkasnya.(dh)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama