Ketua PC IPNU Bolsel Sulawesi Utara Dorong Ada Kampus di Daerahnya

Ketua PC IPNU Bolsel Sulawesi Utara Dorong Ada Kampus di Daerahnya
Ketua PC IPNU Bolsel, Syahrul Hidayat Nani


MEDIA IPNU - Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara, membicarakan ihwal dunia perguruan tinggi (kampus) pada momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

Tanggal yang ditandai lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908 silam jadi suntikan semangat pemuda-pemudi Indonesia untuk keluar dari belenggu penjajahan. Semangat tersebut membawa dalil bahwa masyarakat pribumi harus bisa mengakses dunia pendidikan seluas-luasnya.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Kabupaten Bolsel, Syahrul Hidayat Nani, menuturkan momentum Harkitnas yang sedianya diperingati setiap tanggal 20 Mei tersebut, setidaknya menjadi refleksi semua pihak untuk terus berbenah, terlebih terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Bolsel.

“Saya akan mengutip apa yang pernah disampaikan dr. Wahidin Sudirohusodo yakni untuk mewujudkan masyarakat yang maju, pendidikan harus diperluas,” ujar Syahrul, Jumat (20/05/2022).

Dikatakan bahwa konteks semangat waktu itu dari dr. Wahidin agar masyarakat Indonesia bisa berpendidikan, supaya tidak gampang diadu domba pihak penjajah dari Belanda.

Dia mengatakan, Wahidin Sudirohusodo merupakan seorang dokter dan salah satu tokoh yang memperjuangkan pendidikan untuk masyarakat Indonesia. Gagasan-gagasan membangun dunia pendidikan kala itu disampaikan kepada pelajar STOVIA, sehingga lahirlah organisasi Boedi Oetomo.

“Sehingga saya kira semangat membangun pendidikan di masa lampau ini bisa kita ambil spiritnya di Bolsel, terutama dalam rangka membangun fasilitas pendidikan, seperti kampus,” terangnya.

Alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Gorontalo ini menambahkan, dengan membangun kampus di Bolsel, berarti bahwa tidak sekadar memastikan kualitas sumber daya manusia (SDM) semakin maju, tetapi akan berdampak pula pada sektor lainnya, seperti ekonomi, pendidikan, dan budaya.(dh)

Baca juga: 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama