Talkshow Mengkaji Kaderisasi PC Lumajang Usung Tema Pembentukan Karakter di Era Society 5.0

Talkshow Mengkaji Kaderisasi PC Lumajang Usung Tema Pembentukan Karakter di Era Society 5.0

MEDIA IPNU - Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) - Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Lumajang menggelar Talkshow Mengkaji Kaderisasi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam, Wonokerto, Tekung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (26/05/2022).

Kegiatan yang bertemakan “Mencetak Pola Pengkaderan IPNU-IPPNU dalam Pembentukan Karakter Kader di Era Society 5.0” tersebut diikuti oleh Wakil Ketua yang membidangi kaderisasi Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU se-Kabupaten Lumajang.

“Kader IPNU-IPNU itu berani dalam 3 hal, yaitu berani mati, berani miskin, dan berani bertanggung jawab,” kata Anggota Departemen Kaderisasi Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jatim, Achmad Firdausi Masduqi, ketika menyampaikan materi.

Dikatakan, bahwa para pengurus di Departemen Kaderisasi harus berani mati, karena untuk melahirkan kader yang benar-benar militan harus menyentuh akar rumput dengan keliling ke masing-masing Pimpinan Ranting (PR) IPNU-IPPNU untuk bertemu anggota.

“Kemudian siap melarat atau miskin. Maksudnya, dalam hal kaderisasi itu tidak ada yang instan, semua harus proses. Tetapi, saya yakin dengan sikap tanggung jawab yang kalian miliki setidaknya bisa mengubah mindset anggota di lingkungan sekitar soal khidmat kepada organisasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Firdaus mengatakan, pengalaman dan perjuangan tersebut nantinya dapat mengubah pola dan perilaku kader IPNU IPPNU yang bisa diterapkan tengah-tengah di masyarakat. Pemahaman mengenai kondisi sosial di lingkungan sekitar akan jadi bekal kelak di masa mendatang.

“Motivasi ini harus dikembangkan karena di masa depan pengalaman tersebut akan dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Ia mengingatkan supaya seluruh kader IPNU IPPNU memiliki pemahaman yang memadai terkait visi dan misi didirikannya organisasi IPNU-IPPNU. “Sebab dengan demikian kalian akan menjadi kader yang militan terhadap organisasi,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Ardi Darussalam, menjelaskan bahwa adanya kegiatan Talkshow Mengkaji Kaderisasi ini sebagai upaya mewujudkan visi dan tujuan program kerja PC IPNU IPPNU Kabupaten Lumajang untuk membentuk karakter kader yang militan dan berdaya saing yang tinggi.

“Kami menagadakan acara ini untuk memcetak karakter kader IPNU-IPPNU yang berwawasan Aswaja An-Nahdliyah di era 5.0,” ungkapnya.

Selain Achmad Firdausi Masduqi, turut menjadi pemateri dalam kegiatan Talkshow Mengkaji Kaderisasi ini Nurul Afifah dari PW IPPNU Jawa Timur. Kemudian ada juga alumni IPNU IPPNU Lumajang, Farid Wazdi dan Khasanah Ilmi.(dh)

Baca juga: 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama