Komisariat SMKI Baburrohmah Mojosari Mojokerto Resmi Dilantik

Komisariat SMKI Baburrohmah Mojosari Mojokerto Resmi Dilantik
Komisariat SMKI Baburrohmah Mojosari Mojokerto Resmi Dilantik

MEDIA IPNU - Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) SMKI (Sekolah Menengah Kejuruan Islam) Baburrohmah Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, menggelar pelantikan pengurus, Rabu (22/06/2022).

Ketua NU Ranting Belahantengah, Nur Hidayat mengatakan, mabadi khaira ummah adalah langkah awal pembentukan umat terbaik.

“Gerakan ini merupakan langkah awal pembentukan umat terbaik, yaitu suatu umat yang mampu melaksanakan tugas-tugas amar ma’ruf nahi mungkar yang merupakan bagian terpenting dari kiprah NU,” terangnya.

Karena menurut Nur Hidayat, hal itu mutlak diperlukan untuk mendukung terwujudnya tata kehidupan yang di ridhai Allah SWT.

Diterangkannya, sesuai cita-cita NU, nahi mungkar adalah menolak dan mencegah segala hal yang dapat  merugikan, merusak dan membebani nilai-nilai kehidupan. Hanya dengan kebahagiaan lahiriah dan bathiniyah, hal tersebut dapat tercapai.

Sementara itu, kebutuhan strategi NU dewasa ini pun semakin berkembang. Nahdlatul Ulama telah tumbuh menjadi satu organisasi masa besar.

“Tetapi, meskipun tingkat kohesi kultural di antara warga tinggi, kita dapat mengingkari kenyataan, betapa lamban proses pengembangan tata organisasinya. Di hampir semua tingkat kepengurusan dan realisasi program masih terlihat kelemahan manajemen sebagai masalah serius.

Nur Hidayat juga menjelaskan, prinsip-prinsip dasar yang terkandung dalam mabadi khaira ummah tersebut memang sangat relevan dengan dimensi personal dalam pembinaan manajemen organisasi baik bisnis maupun organisasi sosial.

“Manajemen organisasi yang baik membutuhkan sumber daya manusia yang tidak hanya terampil, tetapi juga berkarakter terpuji dan bertanggung jawab,” jelasnya.

Dalam pembinaan organisasi Nahdlatul Ulama, kualitas sumber daya manusia semacam ini jelas sangat diperlukan. Dengan demikian, gerakan mabadi khaira ummah tidak saja relevan dengan program pembangunan ekonomi, namun juga pembinaan jam’iyah pada umumnya.

“Kedua hal ini yang akan menjadi arah strategi pembangkitan kembali gerakan mabadi khaira ummah kita nantinya,” tandasnya.

Di samping bahwa sumber daya manusia yang bisa dikembangkan, melalui gerakan ini akan menjadi kader-kader unggul yang siap berkiprah aktif dalam memperjuangkan kemaslahatan umat, bangsa dan negara.(dn)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama