Makesta Raya IPNU IPPNU Diadakan Tiga Kapanewon di Gunungkidul DIY

Makesta Raya IPNU IPPNU Diadakan Tiga Kapanewon di Gunungkidul DIY
Makesta Raya IPNU IPPNU Diadakan Tiga Kapanewon di Gunungkidul DIY

MEDIA IPNU - Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) diselenggarakan di tiga Kapanewon (Kecamatan) di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tiga Kapanewon di Gunungkidul tersebut yaitu: Tepus, Rongkop, dan Girisubo.  Acara Makesta dilaksanakan pada 18-19 Juni 2022 di Madrasah Ibtidaiyah (MI) YAPPI Balong, Girisubo Gunungkidul.

Makesta adalah gerbang awal pengkaderan untuk mengikuti Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).

Menurut Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Gunungkidul, Rahmad Pamungkas, Makesta sebagai wahana pendidikan dan pengkaderan pelajar NU kali ini diikuti oleh 73 peserta dari Kapanewon Girisubo, Rongkop, dan Tepus.

"Makesta merupakan pendidikan dan pengkaderan di badan otonom IPNU IPPNU. Melalui Makesta Raya di Girisubo ini, PAC IPNU-IPPNU tiga Kapanewon bisa terbentuk," kata Rahmad, Rabu (22/06/ 2022).

Rahmad pun berharap agar kader IPNU IPPNU yang ikut Makesta mampu menjadi generasi penerus di masa depan.

"Besar harapan kami, segera bisa berkhidmat sesuai kapasitasnya dan ke depan menjadi generasi penerus yang membanggakan," terangnya.

Di saat yang sama, Wakil Ketua PCNU Gunungkidul, Sugeng Wibowo, mengharapkan supaya anggot IPNU IPPNU selalu meningkatkan pemahaman aqidah Aswaja (Ahlusunnah Wal Jamaah) dan ke-NU-an.

"Pengenalan ke-NU-an dengan baik akan memudahkan menggerakkan jamiyyah NU," terangnya.

Sugeng Wibowo pun menyerukan kepada para peserta agar bijak dalam menggunakan teknologi digital atau media sosial dalam mencari berbagai informasi.

"Pelajar NU harus bijak dan cerdas dalam memanfaatkan teknologi digital. Tentu saja untuk hal yang positif dan meningkatkan kualitas diri di masa depan," katanya.

Di sisi lain, Rais Syuriah PCNU Gunungkidul KH. Bardan Usman memberi arahan kepada para peserta Makesta Raya IPNU IPPNU agar mengikuti acara hingga selesai.

Kiai Bardan, sapannya, juga menginginkan agar setelah mengikuti kegiatan Makesta Raya, para peserta dapat menjadi kader dan pemimpin NU di masa mendatang.

"Ikuti acara Makesta ini sampai selesai ya. Saya berharap kalian menjadi pemimpin NU di masa depan," tegasnya.

Dalam Makesta ini, materi yang disampaikan antara lain tentang Aswaja An- Nahdiyyah dan wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh Ketua GP Ansor Gunungkidul, Gus Luthfi Haris Mahfudz.

Ada pula materi tentang kepemimpinan dan keorganisasian yang disampaikan oleh Tim Kaderisasi Pimpinan Wilayah (PW) IPNU DIY.

Selain dihadiri KH Bardan Usman dan Sugeng Wibowo, acara pembukaan Makesta Raya IPNU-IPPNU juga dihadiri Rais Syuriyah MWC NU Girisubo, Kasimin, S.IP. Ada pula Ketua Tanfidziyah MWC NU Girisubo, Sukamto, S.PdI, dan sejumlah pengurus Badan Otonom NU Girisubo.(dh)

Baca juga: 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama