Cara Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Kebiasaan Sederhana

Cara Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Kebiasaan Sederhana
Ilustrasi ibu dan anak/Foto: istockphoto.com/eyesfoto

MEDIA IPNU - Cara tingkatkan kecerdasan anak dengan kebiasaan sederhana. Tiap orangtua tentu mau membagikan yang terbaik untuk si anak, tidak terkecuali untuk pertumbuhan otak serta kecerdasannya. Tetapi, tingkatkan kecerdasan anak bisa jadi jadi tantangan tertentu serta nampak susah untuk sebagian orangtua.

Para pakar yakin kalau tahun awal kehidupan seseorang anak merupakan waktu yang berarti untuk mereka buat belajar serta meresap perihal baru. Tidak butuh perihal rumit, nyatanya terdapat sebagian aktivitas ataupun kerutinan kecil tiap hari yang dapat kalian jalani buat menolong tingkatkan kecerdasan anak semenjak dini.

Kunjungi juga: Terasikip

Dirangkum dari bermacam sumber, ayo ikuti ulasannya!

1. Mengobrol dengan Anak

Cara tingkatkan kecerdasan anak dengan kebiasaan sederhana. Berdialog ataupun mengobrol dengan anak dapat menolong memicu guna otak. Walaupun mereka belum menguasai seluruhnya apa yang kalian bicarakan, tetapi terus menjadi banyak kalian berdialog dengan anak, terus menjadi banyak pula anak hendak belajar perkata kosa kata.

Dikutip dari MedicineNet, riset sudah menampilkan kalau mengekspos balita ke lebih banyak kata saat sebelum mereka berumur 3 tahun bisa tingkatkan Intelligence Quotient (IQ) mereka. Kalian bisa menggambarkan apa yang kalian jalani, apa yang kalian pikirkan, serta apa yang mereka amati. Berdialog dengan nada yang lebih besar serta meniru nada suara balita bisa menolong anak belajar bahasa lebih kilat.

2. Membuat Kontak Mata

Cara tingkatkan kecerdasan anak dengan kebiasaan sederhana. Membuat kontak mata merupakan salah satu Kerutinan simpel yang dapat kalian jalani buat menolong pertumbuhan otak balita. Oleh sebab itu, manfaatkan tiap waktu buat memandang mata sang kecil.

Dilansir dari Parents, balita bisa mengidentifikasi wajah semenjak dini, serta wajah orangtua merupakan wajah yang sangat berarti serta sangat kerap dilihat. Tiap kalian melaksanakan kontak mata, perihal tersebut hendak membangun ingatan anak.

3. Dikala Memandikan Anak

Cara tingkatkan kecerdasan anak dengan kebiasaan sederhana. Dikutip dari Todays Parent, kalian pula dapat menggunakan waktu memandikan anak buat mengajarkannya hal- hal baru, misalnya semacam matematika sampai sains. Dikala mandi, anak gemar menuangkan air dari satu wadah ke wadah lain, di mana kalian dapat mengarahkan konsep kausalitas, metode kerja gravitasi, serta mengamati volume air. Tetapi, bagikan uraian dengan bahasa yang sesederhana bisa jadi yang dapat dipahami sang kecil, ya!

Waktu mandi pula jadi peluang besar buat orangtua berhubungan dengan anak. Kalian dapat menyanyikannya lagu buat menolong meningkatkan keahlian bahasanya, ataupun memakai handuk buat bermain ciluk ba, yang membantunya belajar tentang objek permanen ataupun pemahaman kalau benda- benda terus terdapat apalagi kala mereka tidak bisa melihatnya.

4. Menyanyikan Lagu

Cara tingkatkan kecerdasan anak dengan kebiasaan sederhana. Bernyanyi merupakan salah satu kegiatan yang bisa tingkatkan pertumbuhan otak balita. Bermacam intonasi serta nada yang dikeluarkan dikala bernyanyi ialah perihal yang menarik untuk balita.

"Ketika orang tua bernyanyi untuk bayi, mereka sering bernyanyi dengan banyak intonasi, yang menarik untuk bayi," kata Alyson Shaw, seorang dokter anak di Rumah Sakit Anak Ottawa di Ontario Timur, dilansir dari Today's Parent.

"Lagu dapat memperkenalkan kata-kata baru dan pola berulang, yang penting untuk perkembangan bahasa. Menyanyi juga mengajarkan bayi tentang berima, yang penting untuk keberhasilan membaca di kemudian hari," tambahnya.

5. Membacakan Cerita Saat sebelum Tidur

Cara tingkatkan kecerdasan anak dengan kebiasaan sederhana. Banyak orang tua yang membacakan cerita buat anak saat sebelum tidur serta menjadikannya rutinitas. Bagi Shaw kepada Todays Parent, Kerutinan ini ialah metode yang bagus buat tingkatkan pertumbuhan otak balita.

"Luangkan waktu dengan anak untuk membaca atau sekadar melihat gambar di buku," katanya.

Rutinitas saat sebelum tidur pula ialah waktu bonding yang baik buat anak serta orangtua. Anak setelah itu hendak tertidur serta otak hendak jadi jauh lebih fresh keesokan harinya buat menerima data serta hal- hal baru.

"Kami tahu bahwa ketika bayi dan anak-anak memiliki rasa keterikatan yang aman, mereka dapat belajar dengan baik," kata Shaw.

Tiap orangtua tentu mau membagikan yang terbaik untuk si anak, tidak terkecuali untuk pertumbuhan otak serta kecerdasannya. Tetapi, tingkatkan kecerdasan anak bisa jadi jadi tantangan tertentu serta nampak susah untuk sebagian orangtua.

Para pakar yakin kalau tahun awal kehidupan seseorang anak merupakan waktu yang berarti untuk mereka buat belajar serta meresap perihal baru. Tidak butuh perihal rumit, nyatanya terdapat sebagian aktivitas ataupun Kerutinan kecil tiap hari yang dapat kalian jalani buat menolong tingkatkan kecerdasan anak semenjak dini.

Sembilan Kecerdasan Anak

Kecerdasan anak tidak sekadar kemampuan untuk mengenali angka dan pandai berhitung. Menurut pakar psikologi dari Amerika Serikat, Howard Gardner, Ph.D., kecerdasan mencakup berbagai aspek dalam kehidupan keseharian.

Menurut Horward Gardner, da sembilan bentuk kecerdasan atau disebut juga multiple intelligences (kecerdasan majemuk).

Sembilan multiple intelligences itu berupa kecerdasan musikal, naturalis, linguistik, interpersonal, intrapersonal, visual spasial, logika matematika, kinestetik, dan moral.

Oleh karena itu, orang tua tidak bisa hanya mengandalkan nilai raport anak-anaknya untuk mengetahui kecerdasan buah hati. Ketika anak tidak menunjukkan kemampuan mengagumkan dalam pelajaran berhitung, misalnya, maka kemungkinan si anak punya kecerdasan lebih tinggi dalam aspek lain.

Poinnya, jangan sampai arti kecerdasan jadi terbatas. Karena pada dasarnya, dalam diri setiap anak bisa sangat banyak potensi yang dapat dikembangkan.(red)

Baca juga: 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama