Manajemen Keuangan Organisasi IPNU IPPNU dan Problematika Auditnya

Manajemen Keuangan Organisasi IPNU IPPNU dan  Problematika Auditnya
Manajemen Keuangan Organisasi IPNU IPPNU dan  Problematika Auditnya

MEDIA IPNU - Manajemen Keuangan Organisasi IPNU IPPNU dan  Problematika Auditnya. IPNU dan IPPNU adalah dua organisasi yang besifat keterpelajaran, kekaderan, kemasyarakatan, kebangsaan dan keagamaan yang berhaluan Islam Ahlussunah Waljama’ah. Organisasi ini mempunyai peran yang sangat signifikan dalam era modern sekarang ini.

Sebagai anggota IPNU dan IPPNU, merupakan sebuah kebutuhan untuk kita mengetahui peran penting IPNU dan IPPNU di era modern sehingga bisa menumbuhkan, mengembangkan, dan meningkatkan rasa cinta setiap anggota kepada organisasi yang sudah berumur lebih dari setengah abad ini dengan tujuan agar IPNU dan IPPNU tetap eksis dan tidak tertelan oleh zaman.

Berbagai kemajuan zaman tentu menuntut suatu perlakuan baru atas cara dan langkah yang akan ditempuh dalam menjalani kehidupan di masa sekarang. Seperti halnya pelajar masa kini yang tentu memiliki karakter dan tantangan yang berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Salah satu organisasi yang berada di ranah pemberdayaan generasi muda ini yaitu IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) dan IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama). Organisasi yang fokus dalam upaya untuk membina pelajar, santri, dan mahasiswa yang notebene adalah generasi muda NU dan tidak hanya berperan di kalangan pelajar NU tetapi juga bisa berperan dalam kemasyarakatan.

Manajemen keuangan organisasi IPNU IPPNU dan  problematika auditnya. Salah satu Organisasi IPNU IPPNU bertempat di salah satu desa ini terjadi problematika audit manajemen keuangan. Permasalahan ini sering terjadi ketika organisasi sedang merundingkan terkait event yang akan dilaksanakan dan tidak hanya sewaktu ada kegiatan event, tetapi juga problem dalam uang kas yang sering tidak berjalan sesuai ranahannya.

Jadi pembayaran uang kas belum dilakukan secara efisien dan efektif. Informasi keuangan yang tidak tepat dan akurat ini akan menjadikan ketidakefektifan dalam pengelolaan keuangan, sering kali terjadi selisih antara bagian penerimaan dan pengeluaran dengan realisasi.

Permasalahan ini muncul ketika dana yang sedang tidak mencukupi, biasanya PH/ Koordinator sering berunding dengan membuat keputusan mencari dana yang dilakukan dengan memberitahukan bagi orang-orang yang mampu untuk bersedekah dan juga dengan mengajukan proposal agar orang di sekitar mempercayai event yang akan dibuat oleh Organisasi IPNU IPPNU tersebut. Tidak lupa dengan anggota-anggota organisasi tersebut membayar kas yang belum dilunasi.

Tindakan yang perlu diperbaiki yaitu perlunya dilakukan tindakan perbaikan dalam penyusunan tugas dari PH/ Koordinator dalam organisasi IPNU IPPNU tersebut. Agar tugas yang disusun lebih dipertegas kembali lagi secara efisien dan efektif di masa yang akan datang.

Manajemen keuangan organisasi IPNU IPPNU. Perlu adanya perbaikan dalam penyusunan anggaran penerimaan dan pengeluaran yaitu dengan cara mencatat apa saja pengeluaran dan pemasukan yang diperoleh organisasi IPNU IPPNU tersebut dan juga perlu ditingkatkan lagi konsisten untuk bisa berjalannya uang kas setiap dua minggu sekali.

Hal ini dilakukan agar dapat memperbaiki sistem informasi akuntansi keuangan. Di mana dengan sistem informasi akutansi keuangan maka diharapkan organisasi IPNU IPPNU dapat menyajikan informasi keuangan yang valid dalam penyusunan anggaran organisasi di masa yang akan datang.

Penulis: Lailatul Fitriah (Mahasiswa Administrasi Publik FBHIS - UMSIDA)

Sumber: https://mahasiswaindonesia.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama