Siakad UNJA - Universitas Jambi dalam Digitalisasi Society 5.0

Siakad UNJA - Universitas Jambi dalam Digitalisasi Society 5.0
Siakad UNJA - Universitas Jambi dalam Digitalisasi Society 5.0 | Kampus Universitas Jambi. /Tangkap Layar Youtube/Universitas Jambi

MEDIA IPNU - Siakad UNJA - Universitas Jambi dalam Digitalisasi Society 5.0. Di era modern dikala ini, tiap kegiatan manusia tidak lepas dari teknologi, bukan buat melenyapkan faktor kebudayaan dari leluhur namun buat efesiensi dalam kehidupan tiap hari. Dengan teknologi yang tumbuh dikala ini, mempermudahkan kita buat mencari data yang di mau, paling utama untuk mahasiswa yang baru masuk Perguruan tinggi.

Mahasiswa Baru ataupun populer dengan istilah Maba, tidak tidak sering kebimbangan mencari data tentang kampus, terlebih menimpa permasalahan akademik.

Tetapi, buat mahasiswa baru ataupun maru Universitas Jambi, tidak butuh bimbang ataupun ketinggalan Data sebab seluruh permasalahan akademik yang dipertanyakan mengenai kampus Universitas Jambi bisa dikenal dengan mendatangi halaman Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), yaa Siakad ataupun Sistem Informasi Akademik ialah, web yang sangat berarti untuk mahasiswa spesialnya Mahasiswa yang baru masuk di Universitas Jambi.

Siakad Unja ataupun Sistem Informasi Akademik Universitas Jambi, yang sediakan seluruh data menimpa akademik dilingkungan Universitas Jambi, tidak cuma buat data menimpa Mahasiswa baru, Siakad pula membagikan informasi- informasi yang berkenaan dengan Akademik untuk mahasiswa yang telah masuk universitas Jambi.

Salah satu Momen yang jadi Primadona mahasiswa Universitas Jambi mendatangi Siakad Unja merupakan kala hasil Semester diumumkan ataupun kala mahasiswa yang hendak memandang nilai perkuliahan sepanjang satu semester. Disini ribuan mahasiswa mendatangi halaman https://siakad.unja.ac.id/ yang terkadang membuat sistem Error.

Buat Memandang gimana kedudukan berarti dari https://siakad.unja.ac.id/ kita uraikan sebagian kelebihan dari Siakad Unja, ialah:

Siakad Unja selaku Sumber Informasi Akademik untuk mahasiswa Universitas Jambi. Siakad membagikan Informasi akdemik, mulai dari agenda Perkuliahan, besarnya bayaran Kuliah, serta hasil perkuliahan dan permasalahan akademik yang yang lain. sehingga mahasiswa tidak butuh bimbang buat mengenali dan mengurus masalaah akademik, sebab seluruh data telah terdapat dalam Siakad Unja.

Siakad Unja selaku penyaluran opini serta koreksi untuk tenaga pengajar ataupun Dosen.. Salah satu, menu yang ada dalam halaman https:// siakad.unja.ac.id/ merupakan Khs, dimana bila mau memandang hasil dari perkuliahan sepanjang satu semester, mahasiswa wajib login terlebih dulu dengan NIM ataupun No Induk Mahasiswa, setelah itu seleksi KHS, kala masuk mahasiswa wajib mengisi EDOM (Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa), EDOM sendiri ialah penilai yang diberikan mahasiswa kepada dosen, hendak pendidikan ataupun perkuliahan yang diberikan dosen sepanjang satu semester. 

Mahasiswa dituntut buat seobjektif bisa jadi membagikan evaluasi terhadap kinerja dosen, dengan metode membagikan angka, dari 1 hingga 5 kepada dosen yang bersangkutan. tidak hanya itu di akhir nanti mahasiswa diberikan peluang buat membagikan ktitikan serta anjuran kepada dosen tersebut guna kebaikan ke depannya.

Siakad Unja dan Dunia Teknologi Informasi

Siakad, ialah Sistem Informasi Akademik Universitas Jambi, yang berbasiskan teknologi, dengan terdapatnya siakad membuat mahasiswa Universitas terbiasa dengan dunia teknologi data, mahasiswa yang kerap mengunjungin siakad unja hendak terbiasa dengan sistem yang ada dalam Siakad Unja.

Tetapi, dibalik kelebihan yang ada dalam Siakad Unja, ataupun Sistem Informasi Akademik Universitas Jambi, ada pula kelemahan yang terdapat dilam siakad ialah.

Pertama, Siakad (Sistem Informasi Akademik) Universitas Jambi, kerap terbentuknya Error apabila sangat banyak yang mendatangi (SIAKAD) perihal ini berlangsung umumnya dikala banyak mahasiswa yang mau melihat hasil belajar sepanjang satu semester

Kedua, penampilan kurang menarik, kala mengakses( SIAKAD) hingga kita cuma hendak mendatangi bermacam opsi menu yang berkaitan dengan permasalahan ataupun data akademik, perihal ini yang membuat penampilan Siakad terkesan cuma selaku halaman biasa sementara itu siakad ialah halaman yang muat seluruh data tentang permasalahan akademik Universitas Jambi, yang sepatutnya terbuat menarik, paling utama buat menciri khas kan Provinsi Jambi sendiri yang berbasiskan budaya Melayunya.

Sekilas Tentang Pemakaian Siakad UNJA

UNJA ataupun singkatan dari Universitas Jambi, Universitas Jambi ialah kampus negeri yang terletak di kota jambi provinsi jambi tepatnya di Jl. Raya Jambi– Muara Bulian KM. 15 Mendalo Indah Muaro Jambi. UNJA berdiri pada bertepatan pada 1 April 1963.

Login

Buat mahasiswa yang hendak masuk ke dalam aplikasi siakad unja, di haruskan mengisi username serta password, dengan username serta password informasi mahasiswa hendak di proteksi oleh sistem dari orang yan tidak berkepentingan.

KRS

Kartu Rencana Riset ataupun yang di pendek KRS merupakan suatu lembaran fakta mahasiswa sudah mengambil matakuliah di siakad UNJA, nantinya KRS yang sudah di isi mahasiswa di Print selaku fakta bila di butuhkan.

Menu ini digunakan buat mengisi Kartu Rencana Riset( KRS) pada semester aktif. Buat bisa mengisi KRS mahasiswa wajib terlebih dulu melaksanakan pendaftaran dengan status aktif. Mahasiswa bisa mengisi KRS sepanjang periode pengisian KRS dibuka oleh Fakultas.

KHS

Kartu Hasil Studi ataupun yang di pendek KHS merupakan lembaran nilai yang awal mulanya KRS. Dengan KHS mahasiswa inilah mahasiswa bisa menjadikan buktu kalau mahasiswa sudah serta memperoleh nilai dari dosen yang mereka ikuti sepanjang satu semester masing- masing semesternya.

Transkip

Trankip merupakan kumpulan nilai sepanjang mahasiswa kuliah di Kampus, nantinya mahasiswa hendak memperoleh transkip akhir yang hendak dapat di pakai selaku fakta kala telah lulus serta wisuda nantinya. Hasil nilai sangat mempengaruhi kala melamar pekerjaan nantinya.

Kurikulum Mahasiswa

Kurikulum mahasiswa digunakan buat menunjukkan data tentang catatan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa dari semester 1 hingga dengan semester akhir( lulus) beserta perinci SKS dan tipe matakuliah harus ataupun opsi.

Menu kurikulum mahasiswa pula membagikan data menimpa mata kuliah apa saja yang telah sempat diambil/ dikontrak oleh mahasiswa serta mana yang belum (tetapi tidak membagikan data mata kuliah telah lulus ataupun tidak, sebab data kelulusan mata kuliah dilihat dari nilai pada KHS). Buat ketentuan wisuda maksimum cuma 2 mata kuliah yang boleh bernilai D+ dengan IPK =2. 00.

Bila mata kuliah yang terdapat pada kurikulum telah sempat diambil oleh mahasiswa, hingga mata kuliah tersebut hendak diberi ciri ceklis. Kebalikannya bila mata kuliah pada kurikulum tersebut belum sempat diambil oleh mahasiswa, hingga pada mata kuliah tersebut hendak diberi ciri silang.

Hendak terdapat permasalahan, mahasiswa telah mengambil mata kuliah, tetapi status di kurikulum masih silang. Perihal ini terjalin sebab ada perbandingan pada kode ataupun nama mata kuliah antara yang dikontrak dengan yang terdapat di kurikulum sementara itu sesungguhnya matakuliahnya sama. Bila menciptakan permasalahan semacam ini diabaikan saja sebab hendak dicoba proses konversi kode mata kuliah yang lama supaya sesuai kurikulum.

Informasi Evaluasi Siakad UNJA

Siakad UNJA - Universitas Jambi dalam Digitalisasi Society 5.0
Siakad UNJA - Universitas Jambi dalam Digitalisasi Society 5.0 | Foto: Freepik.com

Bersumber pada hasil Penelitian Evaluasi Penerimaan Penggunaan Sistem Informasi Akademik (Siakad) Universitas Jambi Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT) oleh Arde dkk (2021) dari Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains serta Teknologi Universitas Jambi didapatkan, variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha serta keadaan sarana mempengaruhi terhadap sikap pemanfaatan SIAKAD.

Variabel moderator tipe kelamin bisa mempengaruhi ekspektasi kinerja serta ekspektasi usaha terhadap sikap pemakaian SIAKAD serta variabel moderator pengalaman bisa pengaruhi ekspektasi usaha serta keadaan sarana terhadap sikap pemakaian SIAKAD.

Anjuran yang bisa di informasikan merupakan butuh dicoba riset lebih lanjut menimpa variabel lain yang bisa pengaruhi penerimaan SIAKAD dimana bisa meningkatkan variabel lain semacam pengaruh sosial, inovasi, efek yang dialami serta atensi pemakaian.

Tidak hanya itu, riset berikutnya pula bisa memakai model UTAUT 2 yang ialah pengembangan dari model UTAUT dengan memandang dari nilai harga, motivasi hedonis dan Kerutinan.

Sejarah Universitas Jambi (UNJA)

Pada tahun 1960, berdiri Perguruan Perniagaan Djambi yang bernaung di bawah Jajasan Perguruan Tinggi Djambi. Yayasan ini didirikan atas prakarsa tokoh- tokoh warga serta Pemerintahan Jambi waktu itu serta diketuai oleh R. Sudarsono yang waktu itu berprofesi selaku Wali kota Jambi.

Berikutnya pada tahun 1961, Perguruan Perniagaan Djambi berganti jadi "Fakultas Ekonomi" bertepatan dengan pendirian Fakultas Hukum, keduanya berafiliasi ke Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Berbekal dengan terdapatnya 2 Fakultas tersebut, tokoh tokoh warga serta Pemerintah Daerah Jambi memperjuangkan berdirinya suatu perguruan tinggi di Jambi lewat Panitia Persiapan Pendirian Universitas Negeri Jambi.

Dengan Keputusan Menteri PTIP No 105 Tahun 1962 bertepatan pada 15 Agustus 1962 dibentuklah Panitia Persiapan Pendirian Universitas Jambi. Panitia ini diketuai oleh Kolonel M. J. Singedekane, yang pada waktu itu merupakan Gubernur Provinsi Jambi.

Hasil kerja panitia ini merupakan berdirinya Universitas Negeri Jambi pada bertepatan pada 1 April 1963 yang dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri PTIP No 25 Tahun 1963 bertepatan pada 23 Maret 1963. Panitia Persiapan Pendirian Universitas Negeri Jambi setelah itu membuka 2 fakultas baru ialah Fakultas Pertanian serta Fakultas Peternakan.

Sehingga pada dikala ditetapkan bertepatan pada 1 April 1963, Universitas Negeri Jambi mempunyai 4 fakultas ialah Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian serta Fakultas Peternakan. Mulai dikala itu, bertepatan pada 1 April dijadikan selaku bertepatan pada Dies Natalis Universitas ini.

Dalam tahun 1966 keluar Keputusan Presiden Republik Indonesia No 148 yang menetapkan berdirinya universitas ini dengan nama Universitas Jambi. Tetapi sebab sesuatu serta lain perihal Surat Keputusan Presiden tersebut tidak hingga di Jambi, hingga sepanjang bertahun- tahun sampai keluarnya Keputusan Presiden No 41 Tahun 1982 Universitas ini bernama Universitas Negeri Jambi.

Keputusan Menteri PTIP No 25 Tahun 1963 di samping menetapkan berdirinya Universitas Negeri Jambi, menetapkan sesuatu Presidium yang bertugas mengetuai universitas ini ialah Kolonel M. J. Singedekane sebagai Gubernur Jambi yang sebelumnya berprofesi Ketua Panitia Persiapan.

Masa kepemimpinan universitas dengan sistem presidium ini berjalan dari dini berdirinya tahun 1963 hingga tahun 1977. Sistem ini berakhir dengan diangkatnya Drs. Kemas Mohamad Saleh selaku Pejabat Rektor oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Lambang Universitas Jambi (UNJA)

Siakad UNJA - Universitas Jambi dalam Digitalisasi Society 5.0
Siakad UNJA - Universitas Jambi dalam Digitalisasi Society 5.0

Lambang Universitas Jambi merupakan seekor angsa putih yang lagi meningkatkan sayapnya di dalam segi 5 dengan latar balik warna bawah pinang masak serta berisikan tulisan Universitas Jambi, selaku wadah pengembangan ilmu pengetahuan yang menjunjung besar moral serta etika. Bagi riwayatnya terdapat 2 ekor angsa putih yang dipakai oleh Raja Jambi dulu kala selaku petunjuk tempat posisi bagui pendiri suatu kota.

DOWNLOAD LOGO UNIVERSITAS JAMBI DI SINI

Konon oleh Raja, kedua angsa putih itu lepas di Sungai Batanghari, setelah itu mendarat di sesuatu tempat tertentu yang bagi legenda tempat tersebut merupakan tempat di mana masjid Agung Al Falah saat ini ini terletak.

Di tempat tersebut setelah itu dibentuk suatu kota, selaku pusat kerajaan yang diberi nama Jambi. Konon nama Jambi berasal dari kata “Jambe” yang berarti “Pinang” yang ialah nama seseorang Ratu yang bertahta ialah Puti Selaras Puinang Masak.

Faktor yang ada pada lambang memiliki arti:

  1. Dasar lambang merupakan segi 5 beraturan yang melambangkan Pancasila;
  2. Seekor Angsa Putih yang lagi meningkatkan sayapnya di dalam segi 5, berarti selaku lambang penemuan sesuai dengan riwayat asal usul pendirian Kota Jambi;
  3. Jumlah bulu sayap kiri Angsa Putih sebanyak 8 helai, berarti selaku puncak Undang Nan 8, Ialah: undang- undang adat Jambi yang memiliki pantangan/ larangan;
  4. Jumlah bulu sayap kanan Angsa Putih sebanyak 9 helai, berarti selaku Sepucuk Jambi 9 Lurah, ialah: terdapatnya anak sungai yang mengalir dibawah kekuasaan Jambi ialah: Batang Merangin, Mesumbai, Tabir, Pelepat, Asai, Tebo, Bungo, Jujuhan serta Tembesi;
  5. Bulu tubuh serta Bulu penyambung berjumlah 2 belas helai, berarti selaku anak Undang Nan 2 Belas serta Warga Jambi yang terdiri dari 2 belas Orang yang diucap pula dengan Perisai 2 Belas;
  6. Di paruh angsa putih ada sebilah keris Siginjai, berarti lambang kesatriaan;
  7. Di dasar leher angsa putih ada 3 buah puncak yang jadi satu dengan bawah suatu lengkung di bawahnya, pada puncak yang di tengah ada suatu neraca yang berarti selaku Undang Undang Hukum, ialah Undang Undang Adat Daerah Jambi yang memastikan berat ringannya hukuman.

Ketua Presidium atau Rektor UNJA dari Masa ke Masa

Nama Rektor Universitas Jambi berubah dari waktu ke waktu. Ketua Presidium Universitas Negeri Jambi (1963 - 1977) dan Rektor Universitas Jambi (1977 - sekarang)

  1. Kolonel M. Joesoef Singedekane (1963 - 1966)
  2. H. Abdul Manap (1966 – 1968)
  3. R.M. Noer Ahmad Dibrata (1968 – 1974)
  4. Djamaluddin Tambunan, S.H. (1974 -1977)
  5. Prof. Drs. H. Kemas Mohamad Saleh (1977 – 1984)
  6. Ir. S. B. Samad (1985 – 1994)
  7. Prof. DR. Ir. H. Soedarmadi Hardjosuwignyo, M.Sc. (1994—1999)
  8. Prof. DR. Ir. Ali M. A. Rachman, M.A. (1999—2003)
  9. H. Kemas Arsyad Somad, S.H., M.H. (2003—2012)
  10. Prof. Dr. Drs. H. Aulia Tasman, M.Sc. (2012—2016)
  11. Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D. (2016—2020)
  12. Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D (2020—Sekarang)

Demikian artikel tentang berbagai hal mengenai Universitas Jambi (UNJA). Artikel ini diorientasikan untuk menyentuh publikasi narasi-narasi positif dalam dunia digital, salah satunya tentang dunia pendidikan atau perguruan tinggi. Semoga bermanfaat.(dn)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama