Siakad UNMER – Universitas Merdeka Malang, Ini Manfaatnya

Siakad UNMER – Universitas Merdeka Malang, Ini Manfaatnya
Siakad UNMER – Universitas Merdeka Malang, Ini Manfaatnya

MEDIA IPNU - Siakad UNMER– Universitas Merdeka Malang. Sehabis kalian dinyatakan lolos jadi mahasiswa baru di Universitas Merdeka Malang, hingga kalian hendak kerap memakai Siakad (ataupun Sistem Informasi Manajemen kampus UNMER). Perihal ini bisa jadi masih terdengar asing untuk kalian mahasiswa baru, tetapi nantinya Siakad ini hendak kerap kalian pakai buat mendukung proses pendidikan kalian sepanjang kalian kuliah di Universitas Merdeka Malang.

Pengertian Siakad UNMER

Siakad ialah kepanjangan dari sistem data akademik. Tetapi, di Universitas Merdeka Malang lebih diketahui dengan Sistem Data Manajemen. Tetapi walaupun begitu, keduanya senantiasa saja mempunyai arti yang sama. Di mana sistem ini ialah suatu sistem yang spesial dirancang buat kepentingan pengelolaan bermacam informasi akademik.

Serta dalam pelaksanaannya memakai teknologi, baik hardware ataupun softwarenya. Sehingga, apabila kalian mau mengaksesnya diperlukan jaringan internet yang normal serta hardware yang mencukupi pula. Dengan begitu, kalian dapat melaksanakan bermacam perihal semacam mengambil sks, kabar beasiswa, mengenali nilai serta lain sebagainya.

Kelebihan Siakad Universitas Merdeka Malang

Siakad UNMER – Universitas Merdeka Malang
Siakad UNMER – Universitas Merdeka Malang

Siakad ataupun sistem data manajemen yang digunakan oleh Universitas Merdeka Malang ini mempunyai sebagian kelebihan, yang mana kelebihan tersebut di antara lain:

Layanan Siakad Gratis

Kalian bisa memakai layanan ini secara free. Sehingga, tidak butuh membayar sepeserpun. Tidak hanya itu, kalian juga bisa mengakses bermacam data yang terdapat di dalam sistem ini. Cuma butuh log in satu kali saja serta kalian dapat menikmati seluruh layanan.

Gampang Digunakan

Siakad juga sangat gampang buat kalian pakai. Kalian cuma butuh masuk ke taman Siakad Universitas Merdeka Malang, sehabis itu memasukan username serta password yang sudah kalian buat lebih dahulu. Baru sehabis itu kalian bisa mengakses seluruh data yang ada di Siakad. Tidak cuma itu, kalian pula bisa mengakses halaman ini di mana juga serta kapan juga kalian terletak sepanjang terdapat fitur yang tersambung dengan internet. Gampang bukan?

Keamanan Terpelihara Sangat Kuat

Sistem ini dilengkapi dengan keamanan yang senantiasa terpelihara. Sehingga seluruh informasi yang terdapat di dalam sistem ini hendak senantiasa nyaman.

Manfaat Siakad Untuk Mahasiswa

Dengan terdapatnya Siakad, kalian hendak lebih gampang mengenali agenda mata kuliah ataupun bermacam data berarti yang lain. Sehingga tidak hendak ketinggalan data. Ada pula Manfaat Siakad buat lebih rincinya merupakan selaku berikut:

Mengambil SKS

Umumnya dikala awal kali masuk kuliah, kalian hendak diberitahukan menimpa Siakad. Tercantum dalam mengakses Siakad ini sendiri.

Alasannya, namamu tidak hendak tercatat di absen apabila tidak mengambil mata kuliah di sistem data manajemen kampus ini. Dengan begitu, kalian tidak hendak dapat menjajaki mata kuliah. Umumnya, pengisian SKS itu terdapat waktunya. Jadi, upayakan mengisi SKS tidak lebih dari waktunya. Alasannya perihal tersebut hendak mengusik proses belajarmu.

Nilai Hasis Studi

Nah ini terdapat kaitannya dengan alibi mengambil mata kuliah di sistem ini. Jadi, kala kalian mengambil mata kuliah di tiap SKSnya itu hendak otomatis terekam di sistem data ini. Begitu pula dengan nilai pada tiap mata kuliah sepanjang satu semester.

Para dosen hendak menginput informasinya ke Siakad. Dengan begitu, kalian dapat langsung mengenali data nilai kalian dari sistem tersebut. Apabila nilai kalian kurang dari KKM, hendaknya lekas mengajukan revisi nilai pada dosen yang bersangkutan supaya tidak terdapat permasalahan di setelah itu hari.

Informasi lain

Tidak hanya buat data nilai serta data mata kuliah, sistem ini juga mempunyai data berarti yang lain. Semacam data beasiswa, kabar kampus serta lain sebagainya. Dengan begitu kalian dapat senantiasa up to date apabila kerap mengecek sistem ini.

Siakad Universitas Merdeka Malang bisa menolong proses pendidikan kalian sepanjang menempuh program riset di kampus tersebut dengan gampang. Manfaatkan pula tiap pelayanan yang ditawarkan di dalam sistem ini sehingga kalian tidak hendak ketinggalan data.

KUALITAS DAN KEPUASAN PENGGUNA SIAKAD UNMER

Siakad UNMER – Universitas Merdeka Malang, Ini Manfaatnya
Logo UNMER MALANG (Universitas Merdeka Malang)

Kurniawan & Andarwati (2019) menarangkan kalau Sistem informasi akademik (SIAKAD) ialah akses utama utuk mengendalikan seluruh urusan perkuliahan serta hal- hal yang lain yang berkaitang dengan aktivitas akademik.

Sistem data akademik ini ialah salah satu pelayanan publik untuk dosen, mahasiswa serta karyawan guna mempersingkat kinerja mereka. Sistem data akademik memiliki komponen komponen yang sama dengan sistem data yang lain. Komponen system data ialah hardware, aplikasi, informasi, prosedur, serta manusi.

Area perguruan tinggi system data akademik (SIAKAD) bertujuan buat menunjang penyelenggaraan pembelajaran, sehingga dalam proses pembelajaran bisa disediakan layanan data yang lebih baik untuk mahasiswanya. Membagikan data terbaru yang mempermudah mahasiswanya memperoleh data secara online yang bisa diakses 24 (2 puluh 4) jam dimanapun kapanpun.

Saat ini ini segala akademi besar mulai membenahi mutu pelayanan akademiknya buat menggapai keunggulan sehingga akademi besar bisa bersaing dengan akademi besar yang lain dalam Pembelajaran masa globalisasi ini.

Riset ini memakai konsep kesuksesan sistem data dengan memakai model DeLone serta McLean IS Succes. Sebagian riset terdahulu yang mempelajari kepuasan pengguna akhir pada mutu sistem serta sokongan manajemen puncak merupakan Seddon serta Kiew (1994), Andarwati (2016), Andarwati; Jatmika (2017), Andarwati, Nazief; Darsono (2018), Nirwanto; Andarwati (2019).

Universitas Merdeka Malang selaku salah satu institusi perguruan tinggi di Jawa Timur dalam rangka membagikan pelayanan serta kenaikan kualitas yang baik untuk mahasiswa serta karyawannya, Universitas Merdeka Malang sediakan suatu layanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang dapat didatangi di dalam web www.siakad.unmer.ac.id yang dikelola oleh staff akademik Universitas Merdeka Malang.

Periset masih belum mengenali seberapa besar donasi Sistem Data Akademik yang terbuat serta dibesarkan dalam rangka mengelola data- data dan penjadwalan aktivitas akademik sehingga membagikan kemudahan kepada para penggunanya (Mahasiswa). Oleh sebab itu pelaksanaan sistem data akademik senantiasa membutuhkan penilaian, apakah system tersebut bisa diterima dengan baik serta apakah pengguna sistem merasa puas dengan data serta kinerja dari sistem tersebut.

Hasil dan Pembahasan Tentang Siakad UNMER

Uji Validitas serta Reliabilitas. Uji validitas dicoba buat memandang tingkatan kevalitan informasi dengan memandang dari pada variabel sokongan manajemen puncak dinyatakan valid.

c. Hasil uji validitas pada variabel EUCS

Seluruh item buat persoalan pada penanda yang terdapat pada variable EUCS dikenal kalau seluruh item statment itu valid dilihat dari nilai signifikasi kurang dari 0, 05 perihal ini menujukkan kalau seluruh indicator pada variabel EUCS dinyatakan valid.

Uji reliabilitas digunakan buat mengukur sesuatu kuesioner yang ialah indicator dari variable. Buat mngetahui statment tersebut reliabilitas ataupun tidak bisa dilihat pada nilai Alpha dicocokan dengan nilai r tabel 0, 06 apabila nilai Alpha lebih besar dari r table hingga maksudnya signifikan ataupun reliabel ataupun kebalikannya. Ada pula hasil uji reliabel dalam riset ini bisa dilihat dalam tabel berikut:

Siakad UNMER – Universitas Merdeka Malang

Deskripsi Responden Variabel Kualitas Sistem

Deskripsi responden variabel mutu sistem (X1), asumsi 30 responden pada variabel mutu sistem dengan penanda efektifitas, akurat dang guna.

  1. Bersumber pada indicator. Keefektifan, diperoleh rata- rata nilai sebesar 3, 63 yang melaporkan kalau responden cenderung sepakat kalau keefektifan ialah perihal yang menunjang mutu system dengan keutamaan yang membentuk keefektifan merupakan SIAKAD Unmer Malang mempunyai agenda aktivitas akademik serta Unmer Malang terhubung dengan bank sehingga memudahkan transaksi pembayaran kegiatan akademik
  2. Bersumber pada penanda guna, diperoleh rata- rata nilai sebesar 3, 63 yang melaporkan kalau responden cenderung sepakat kalau guna ialah perihal yang menunjang mutu system dengan keutamaan yang membentuk guna merupakan agenda perkuliahan yang tertera pada SIAKAD Unmer Malang telah sesuai serta agenda perkuliahan yang tertera pada SIAKAD Unmer Malang telah sesuai.
  3. Bersumber pada penanda akurasi, diperoleh rata- rata nilai sebesar 3, 5 yang melaporkan kalau responden cenderung sepakat kalau akurasi ialah perihal yang menunjang mutu system dengan keutamaan yang membentuk akurasi merupakan ialah agenda perkuliahan yang tertera pada SIAKAD Unmer Malang telah sesuai, Informasi tagihan administrasi yang ada pada SIAKAD Unmer Malang telah sesuai, bisa diprercaya serta mempunyai rincian pembayaran administrasi aktivitas akademik.

Deskripsi Responden Variable Sokongan Manajemen Puncak Deskripsi responden variable dukungan manajemen puncak (X2), asumsi 30 responden pada variabel sokongan manajemen puncak dengan indikatorvariasi kasus, pengambilan keputusan pada implementasi sistem informasi serta teknologi baru.

  1. Standar Operasional Prosedur (SOP) pada SIAKAD Unmer Malang. Bersumber pada penanda, diperoleh rata- rata nilai sebesar 4, 0 yang melaporkan kalau responden cenderung sepakat kalau alterasi kasus ialah perihal yang menunjang sokongan manajemen puncak dengan keutamaan yang membentuk desain merupakan Manajemen puncak senantiasa membetulkan SIAKAD Unmer Malang kala mempunyai permasalahan teknis serta pula Manajemen puncak menekankan kepada pengembang biar penuhi standart operasional prosedur (SOP).
  2. Bersumber pada indikator, diperoleh rata- rata nilai sebesar 3, 9 yang melaporkan kalau responden cenderung sepakat kalau pengambilan keputusan pada implementasi sistem data ialah perihal yang menunjang sokongan manajemen puncak dengan keutamaan yang membentuk keputusan pada implementasi sistem data merupakan Pemilihan pemakaian SIAKAD pada Universitas Merdeka Malang ialah keputusan dari manajemen puncak serta Manajemen puncak memilah fasilitas serta pra fasilitas unutuk menunjang pemakaian SIAKAD Unmer Malang.
  3. Bersumber pada indikator teknologi baru, diperoleh rata- rata nilai sebesar 4, 0 yang melaporkan kalau responden cenderung sepakat kalau teknologi baru ialah perihal yang menunjang support manajemen puncak dengan keutamaan yang membentuk Teknologi baru merupakan Manajemen puncak senantiasa melaksanakan Upgrade pada SIAKAD Unmer Malang Senantiasa melaksanakan Upgrade fasilitas serta prasarana apabila diperlukan.

Deskripsi responden variabel EUCS

Deskripsi responden variabel EUCS (X1), asumsi 30 responden pada variabel mutu sistem dengan penanda sistem jelas, pemakaian sitem gampang serta tidak memerlukan banyak usaha.

  • Bersumber pada penanda pemakaian sistem gampang, diperoleh rata- rata nilai sebesar 4, 6 yang melaporkan kalau responden cenderung sepakat kalau pemakaian system gampang ialah perihal yang menunjang sokongan manajemen puncak dengan keutamaan yang membentuk pemakaian sistem gampang merupakan SIAKAD Unmer Malang bisa melaksanakan proses log- in serta log- out dengan gampang.
  • Bersumber pada indikator sesuai yang diinginkan, diperoleh ratarata nilai sebesar 4, 4 yang melaporkan kalau responden cenderung sepakat kalau cocok yang di idamkan perihal yang menunjang user saticfaction dengan keutamaan yang membentuk sesuai yang diinginkan merupakan SIAKAD Unmer Malang senantiasa membagikan data agenda yang uptodate dan SIAKAD Unmer Malang senantiasa membagikan data tagihan pembayaran yang upto date.
  • Bersumber pada indikator system jelas, diperoleh rata- rata nilai sebesar 4, 4 yang melaporkan kalau responden cenderung sepakat kalau sistem jelas perihal yang menunjang user saticfaction dengan keutamaan yang membentuk tidak system jelas merupakan Informasi tagihan pembayaran SPP pada SIAKAD Unmer Malang telah sesuai.

UJI NORMALITAS DATA

Uji normalitas bertujuan buat menguji apakah dalam model regresi, variabel terikat serta variabel leluasa memiliki distribusi wajar ataupun mendekati wajar. Terdapat 2 metode buat mengetahui apakah residual berdistribusi wajar ataupun tidak ialah dengan analisis grafik wajar probability plot serta uji statistic nonparametric kolmogorov- smirnov (K- S).

Dalam analisis grafik, distribusi wajar hendak membentuk satu garis lurus diagobal, serta ploting informasi residual hendak dibanding dengan garis diagonal. Bila distribusi informasi residual wajar, hingga garis yang hendak menggambarkan informasi sebetulnya hendak menjajaki garis diagonal.

Bersumber pada hasil dari uji normalitas pada riset ini bisa dilihat kalau tampilan grafik histogram yang menampilkan pola distribusi wajar. Perihal ini didukung dengan foto pada wajar probability plot dengan titik titik menyebar disekitar garis diagonal serta penyebaran menjajaki arah garis diagonal. Dengan demikian bisa dinyatakan kalau penyebaran informasi mendekati wajar ataupun penuhi anggapan normalitas.

Bersumber pada hasil riset bisa disimpulkan kalau model regresi penuhi anggapan normalitas. Penemuan pada riset ini merupakan (a) mutu sistem serta sokongan manajemen puncak bagi anggapan responden melaporkan puas hendak SIAKAD apabila sistem bermutu serta manajemen puncak pula membagikan sokongan buat senantiasa melindungi mutu serta senantiasa meprioritaskan biar SIAKAD cocok dengan kemauan pengguna, sebab tanpa terdapatnya sokongan manajemen puncak sesuatu sistem tidak hendak dapat berjalan dengan baik. (b) Baik buruknya sesuatu sistem bergantung dari manajemen puncak yang berikan sokongan buat menyokong keberhasilan dari sesuatu system tersebut.

KESIMPULAN DAN SARAN SIAKAD UNMER MALANG

Bersumber pada hasil pengujian serta Analisa yang sudah dicoba bisa diberikan kesimpulan selaku berikut:

  • Variabel dukungan manajemen puncak mempunyai pengaruh sangat besar terhadap EUCS diantara variable lainnya
  • Mutu sistem yang tercermin pada keandalan mempengaruhi positif pada EUCS, maksudnya SIAKAD dipercaya menolong mahasiswa mendapatkan data tentang agenda serta administrasi akademik.
  • Mutu sistem pengaruhi kepuasan pengguna dari siakad. Dalam riset ini bisa ditemukan kalau terus menjadi tinggi mutu sistem maka terus menjadi tinggi pula kepuasan dari pengguna SIAKAD.
  • Support manajemen puncak pengaruhi kepuasan pengguna dari siakad. Dalam riset ini bisa ditemui kalau terus menjadi besar support manajemen puncak makasemakin besar pula kepuasan dari pengguna SIAKAD.
  • Kualitas sistem serta dorongan manajemen puncak secara simultan pengaruhi kepuasan pengguna akhir.


Demikian review tentang Siakad Unmer Malang. Semoga bermanfaat. Selamat menjalankan aktivitas. (red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama