KH Anwar Manshur Lirboyo, Kiai Kharismatik Mustasyar PBNU

KH Anwar Manshur Lirboyo, Kiai Kharismatik Mustasyar PBNU
KH M Anwar Manshur | Foto: lirboyo.net

MEDIA IPNU - KH Anwar Manshur merupakan kiai kharismatik pengasuh pondok pesantren Lirboyo yang menjadi mustasyar PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama). Mbah Anwar—sapaan karibnya—adalah salah satu penerus tapak tilas perjuangan para tokoh-tokoh pendahulunya.

Mbah Anwar mengemban amanah cukup berat untuk bisa mempertahankan nilai pendidikan tradisional yang telah ditanamkan para kiai-kiai sepuh sebelumnya; KH Abdul Karim, KH Marzuqi Dahlan dan KH Mahrus Aly.

Kiai Anwar merupakan putera dari pasangan Nyai Salamah (puteri pendiri pesantren Lirboyo, KH Abdul Karim yang ke-3) dengan KH Manshur Jombang. Anwar kecil dididik dan diasuh di lingkungan pesantren Lirboyo. Kemudian pendidikannya dilanjutkan ke pesantren Pacul, Gowang, Jombang, pesantren ayahnya sendiri. Lalu melanjutkan menimba ilmu di pesantren Tebuireng, Jombang sampai tingkat tsanawiyah dan diteruskan di pesantren Lirboyo, Kediri.

Mbah Anwar menikah dengan Ibu Nyai Umi Kulsum, puteri KH Mahrus Aly. Dari pernikahan ini beliau dikaruniai 8 orang anak; 3 putera dan 5 puteri. Sepeninggal istri tercintanya itu lalu Kiai Anwar menikah dengan Ibu Nyai Husnah binti KH Ahyat. Namun tak lama Nyai Husnah juga meninggal dunia. Kemudian Kiai Anwar menikah untuk ketiga kalinya dengan Ibu Nyai Mahfudzotin dari pesantren Peterongan, Jombang. Dari pernikahan dengan istri ke-2 dan ke-3, Kiai Anwar tidak dikaruniai anak.

Di tengah kesibukannya mengurus para santri dan anak-anaknya, Mbah Anwar juga aktif dalam beberapa kegiatan dan organisasi, menjabat sebagai Rais Syuriah PWNU Jawa Timur, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri dan salah satu Mustasyar PBNU periode 2015-2020.

Kepemimpinan KH Anwar Manshur di Pondok Lirboyo

Sebagai salah satu pengasuh pondok pesantren Lirboyo, Kiai Anwar sangat perhatian dan telaten kepada santri-santrinya baik putera maupun puteri. Sering kali Kiai Anwar menasihati para santrinya agar rajin belajar dan tekun beribadah, senantiasa mensucikan hati dan fikiran agar ilmu yang sedang dipelajari mudah diterima.

Dalam mendidik para santrinya, Kiai Anwar lebih menekankan akhlak. “Santri itu harus mempunyai akhlak yang baik, terpuji dan berbudi luhur karena itu cerminan santri sejati. Dan seorang santri pun harus bisa membaca Al-Qur’an. Karena sekarang ini masih banyak santri lulusan pesantren yang belum bisa membaca Al-Qur’an,” tutur Kiai Anwar Manshur menyayangkan.

Selain itu, Kiai Anwar juga menanamkan dasar akidah yang kuat kepada para santrinya dalam rangka membentengi diri dari berbagai macam aliran-aliran Islam yang menyimpang. Hubungan Kiai Anwar dengan masyarakat pun terjalin baik. Tak jarang beliau menghadiri acara ketika diundang oleh tetangga atau masyarakat sekitar. Karena selain pengasuh pondok pesantren beliau juga sebagai tokoh masyarakat yang memang seharusnya menjadi sosok teladan bagi mereka.

Mbah Anwar adalah sosok kiai sepuh yang amanah dalam menjalankan pendidikan di pondok pesantren Lirboyo. Beliau terus berjuang mengembangkan pesantrennya agar bisa bertahan meskipun dengan model pendidikan salaf (tradisional). Selain itu, Mbah Anwar juga gemar bersilaturrahmi, karena meniru kebiasaan baik yang sering dilakukan oleh Kiai Marzuqi Dahlan dan Kiai Mahrus Aly.

Di mata keluarga, Mbah Anwar adalah seorang teladan bagi anak-anaknya yang istikamah dalam beribadah dan mengajar. Sebagai seorang ayah, Mbah Anwar sering berpesan pada putera-puterinya untuk mengarahkan pendidikan anak-anaknya di pondok pesantren.

“Jika anak dididik di pesantren pasti memiliki nilai lebih entah dari sisi akhlak atau pun akidahnya, dan itu yang terpenting. Karena melihat realita, situasi dan kondisi lingkungan masyarakat sekarang ini tidak sehat. Maka dari itu, pesantren adalah salah satu tempat pendidikan agama untuk menyelamatkan generasi muda dari pengaruh zaman dan pergaulan bebas yang dapat menghancurkan masa depan anak-anak bangsa,” ucap Mbah Anwar memberikan nasihat.

KH Anwar Manshur Lirboyo Kiai Kharismatik Mustasyar PBNU. Info KH Anwar Manshur Lirboyo Kiai Kharismatik Mustasyar PBNU. Ini KH Anwar Manshur Lirboyo Kiai Kharismatik Mustasyar PBNU. Jika KH Anwar Manshur Lirboyo Kiai Kharismatik Mustasyar PBNU. Maka KH Anwar Manshur Lirboyo Kiai Kharismatik. Jadi KH Anwar Manshur. KH Anwar Manshur.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama