Mahasiswa Unhas Makassar Diusir Dosen Usai Ngaku Nonbiner

Mahasiswa Unhas Makassar Diusir Dosen Usai Ngaku Nonbiner
Rektor Unhas Jamaluddin Jompa. Foto: (Andi Nur Isman/detikSulsel)

MEDIA IPNU - Seorang mahasiswa baru Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar diusir dosen dari ruangan saat pengenalan kampus karena usai ngaku nonbiner. Kabar itu viral lewat sebuah video yang viral di media sosial sejak Jumat, 19 Agustus 2022.

Dalam video tersebut, mahasiswa yang mengenakan almamater diminta untuk memperkenalkan diri di depan khalayak universitas. Dalam video itu juga nampak Wakil Dekan III Fakultas Hukum Unhas, Muhammad Hasrul dan salah satu dosen perempuan yang sedang memberikan pengarahan.

Video memperlihatkan mahasiswa baru Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, diusir dosen saat pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB), karena menyatakan dirinya sebagai Non Binary atau Nonbiner. Rekaman tersebut tersebar luas dan viral di media sosial.

Untuk diketahui, Non Binary atau Genderqueer adalah istilah identitas gender yang tidak merujuk secara spesifik pada salah satu gender seperti perempuan maupun laki-laki. Nonbiner dapat berada di antara ataupun di luar dua gender tersebut. Dalam konteks ini, identitas gender merujuk pada persepsi internal seseorang.

Dalam rekaman yang diterima kumparan, terlihat mahasiswa baru tersebut menceritakan apa yang dialaminya saat mengikuti PKKMB. Ia awalnya kedapatan menyalakan kipas angin kecil yang dibawa. Maba itu kemudian diminta maju ke depan oleh sang dosen yang memberikan pengarahan.

Saat berjalan, mahasiswa yang diketahui berinisial NA itu ditegur karena disebut berjalan secara gemulai. Tidak sampai di situ, di depan juga ia langsung diinterogasi. Kedua dosen itu mempertanyakan status jenis kelamin mahasiswa tersebut di KTP nya.

“Kau juga yang pertama dikasih keluar karena Undang-undang tidak ada status laki-laki dan perempuan. Harus ada pilihan. Di KTP mu apa, di KTP mu?,” kata dosen perempuan itu.

Kemudian dosen laki-laki yang diketahui menjabat sebagai Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Hukum Unhas, Dr Muh Hasrul, juga memberi pertanyaan yang sama ke maba tersebut.

“Di KTP mu apa? Laki-laki toh? Di Kartu mahasiswa apa, laki-laki atau perempuan?" tanya pria yang akrab disapa Lulu itu.

Ia pun menjawab bahwa status kelaminnya di KTP dan kartu mahasiswa, adalah laki-laki. Kemudian, ia kembali ditanya keinginannya, apakah mau menjadi laki-laki atau wanita.

"Kau mau sekali jadi perempuan atau laki-laki ?," tanya Lulu lagi. Pertanyaan itu kembali dijawab oleh mahasiswa baru itu, bahwa dia tidak ingin menjadi keduanya.

"Tidak keduanya. Di tengah-tengah. Makanya gender netral pak," jawab Maba itu dengan lugas.

Mendengar jawaban tersebut, Muh Hasrul langsung meminta panitia untuk mengusir mahasiswa baru tersebut ke luar ruangan. Alasannya, karena FH Unhas tak menerima mahasiswa bergender netral.

Rektor Unhas Makassar Minta Maaf

Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Jamaluddin Jompa meminta maaf atas viralnya mahasiswa baru Fakultas Hukum diusir dosen gegara memilih gender netral. Jamaluddin mengatakan hal ini akan segera diperbaiki.

"Bahwa ini Unhas inklusif, iya. Bahwa ini Unhas terbuka untuk semua, iya. Tapi tentu, kita juga ya, terbuka peluang untuk ada hal-hal sedikit selip, kita perbaiki, kita minta maaf kalau perlu," kata Jamaluddin dikutip dari Detik (Sabtu, 20/8/2022).

Kedua Pihak Sepakat Damai

Terkait video viral itu, Rektor Unhas, Prof Jamaluddin Jompa mengaku telah mempertemukan semua pihak, termasuk mahasiswa baru itu. Dalam kesempatan tersebut, mereka sama-sama minta maaf dan mengakui kesalahan masing-masing.

"Tadi sudah ada pertemuan dengan semua pihak dan sudah selesai, saling minta maaf dan move on untuk lebih positif meniti masa depan," kata Prof Jamaluddin dikutip dari Kumparan (Sabtu, 20/8/2022).

Ia berharap agar permasalahan ini tak diperpanjang. Karena tak baik untuk buat bangsa dan khususnya dunia pendidikan.

"Kita tidak perlu perpanjang yang beginian. Tidak produktif buat bangsa. Tapi, ini jadi pembelajaran untuk semua," tandasnya.

Baca juga:

Mahasiswa Unhas Makassar Diusir Dosen Usai Ngaku Nonbiner. Ini Mahasiswa Unhas Makassar Diusir Dosen Usai Ngaku Nonbiner. Viral Mahasiswa Unhas Makassar Diusir Dosen Usai Ngaku Nonbiner. Info Mahasiswa Unhas Makassar Diusir Dosen Usai Ngaku Nonbiner. Mahasiswa Unhas Makassar Diusir Dosen Usai. Lagi Mahasiswa Unhas Makassar Diusir Dosen. Dan Mahasiswa Unhas Makassar Diusir. Jadi Mahasiswa Unhas Makassar. Mahasiswa Unhas Makassar.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama