Modul Kaderisasi IPNU 2022 Prisma Pemikiran Pelajar (PDF)

Modul Kaderisasi IPNU 2022 Prisma Pemikiran Pelajar (PDF)
Cover Modul Kaderisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama

MEDIA IPNU - Modul Kaderisasi IPNU Tahun 2022 Prisma Pemikiran Pelajar adalah kumpulan hasil diskusi sejak awal kepengurusan masa khidmat 2019­2022 para pengurus, kader, dan anggota IPNU, baik dari pemateri, senior pemerhati perkembangan kaderisasi, dan kiprah organisasi dari lintas generasi. 

Link Download di BAWAH

Pasalnya, banyak forum­-forum pengkaderan, mulai dari formal, informal dan nonformal di IPNU terbilang “receh” dalam membingkai pokok­pokok materinya, meliputi komponen materi, tujuan pembelajaran serta pembahasannya. Lebih-­lebih desain dan manajemen pengkaderan.

Keteledoran tersebut berdampak kepada output peserta yang belum sesuai dengan orientasi kaderisasi. Karenanya, memperbincangkan kembali IPNU dan kualitas kader dijagat peradaban masa depan, penting serta urgen dibutuhkan oleh penyelenggara kaderisasi untuk menjadi formulasinya.

Pertanyaan mendasar lebih kepada: apa saja kriteria dan kualifikasi kader ideal IPNU, dan prioritas mana yang perlu dirancang dalam membangun ekosistem IPNU yang unggul. Faktanya, IPNU selalu diburu oleh sejarah untuk selalu mampu mempersiapkan kader­kader hebat dan unggul disetiap sektor strategis, baik perkhidmatan di internal NU maupun di luar NU.

Mengingat segmentasi IPNU yang sangat luas, menjadi perlu untuk memiliki roadmap yang sistematis dan terukur, guna merumuskan program prioritas, dan arah kebijakan perkhidmatan sistemik. Diantaranya, dengan menggunakan analisis komprehensif serta pondasi modul sebagai dasar atau acuan.

Modul Kaderisasi IPNU Tahun 2022 Prisma Pemikiran Pelajar

Modul Kaderisasi IPNU 2022 Prisma Pemikiran Pelajar
Cover Modul

Himpunan materi dalam Modul Kaderisasi IPNU Tahun 2022 ini merupakan manifestasi dari kader-­kader IPNU yang tergabung dalam “Tim Khos Sapta Jayakarta” yang dibentuk pada Rakornas Kaderisasi di Jakarta 2021, sekaligus tim perumus deklarasi Jayakarta.

Upaya regenerasi kader mampu senantiasa menjaga militansi komitmen kedalaman juang ber­IPNU. Serta sebagai petuntuk dan arahan bagi penyelenggara pelatihan dan pendidikan di IPNU. Dengan cinta, keswadayaan, gagasan konkret dalam ber-­IPNU, dan prinsip perjuangan tidak boleh tergadaikan. Komponen Prinsip Perjuangan tersebut terdiri menjadi enam pondasi dasar.

Pertama: Landasan sejarah organisasi, menguraikan kondisi masa perintisan dan pergulatan mencari identitas organisasi sampai perkembangan potret IPNU masa kemasa. Kedua: Paradigma organisasi dan paradigma kaderisasi. Menjelaskan perihal produktif, progresif dan kolaboratif, yang merupakan nilai­nilai dari paradigma Transformatif.

Ketiga: Landasan berfikir. Menguraikan tiga hal, yakni: dalil naqli (Al­ Quran­ Hadits), dalil aqli (Ijma’­Qiyas) dan dalil waqi’i (Sejarah, Realita­pengalaman). Kemudian mengerucut lagi menjadi tiga hal, yakni: Tauhid (Imam Abu Hasan Al Asy’ari­ Imam Abu Mansur Al Maturidi), Tasawuf (Imam Al Ghozali­Imam Junaidi Al Bagdadi) dan Fiqh (Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafi’i dan Imam Hambali).

Keempat: Landasan bersikap, menguraikan Religius (Tasamuh, Tawasut, Tawazun, I’tidal, Amar Ma’ruf Nahi Munkar dan Shidiq wa Amanah) semua poin religius ini menjadi Manifestasi Khidmah, Akademis (Keilmuan, Prestasi, Kepeloporan), Nasionalis (Wawasan Kebangsaan) dan Humanis (Sosial Kemasyarakatan).

Kelima: Landasan bertindak, mengurai perihal Ikhtiar, Do’a dan Tawakkal. Keenam: Jati diri IPNU, menguraikan tentang trilogi gerakan, yakni: Belajar, Berjuang serta Bertaqwa.  

Patut disyukuri, bahwa organisasi kita adalah organisasi yang kokoh dan selalu relevan diberbagai tantangan zaman serta komplit dengan ragam dinamika serta tepat pilih dalam menentukan paradigmanya.

Sebagai wadah para generasi muda NU, maka kualifikasi kader ideal IPNU harus dimiliki setiap anggota, kader, pengurus serta instruktur, sebagaimana yang diabadikan dipedoman 2004. Kualifikasi tersebut yakni: 1) Memiliki ideologi ke­NU­an yang tepat dan kuat, 2) Memiliki skill organisasi yang layak (akseptabel), 3) Memiliki skill profesi yang unggul dan proporsional, 4) Memiliki wawasan keilmuan yang luas, 5) Militan, profesional, disiplin dan memiliki kolektivitas tinggi, 6) Berakhlakul Karimah.

Prisma Pemikiran Pelajar

Modul Kaderisasi IPNU 2022 Prisma Pemikiran Pelajar (PDF)
Suasana Perilisan Modul

Modul Kaderisasi IPNU Tahun 2022. Berangkat dari identitas pelajar yang sarat akan nalar keilmuan dan idealisme yang kuat, sebagai bentuk respon menghadapi fluktuasi zaman. IPNU sebagai entitas pembawa pesan kemajuan yang melampaui masanya. Akumulasi gerakan pelajar dalam mengejawantahannya adalah hal yang niscaya.

Potret dinamika pelajar mengenai singgungannya dengan patologi sosial keremajaan hari ini—kenakalan remaja, seperti, narkotika, pergaulan bebas— serta maraknya krisis identitas remaja­infiltrasi ideologi radikal dan merosotnya nilai nilai nasionalisme pelajar­­ sehingga dipandang patut bagi tiap­tiap kader IPNU untuk memberikan solusi konkrit yang harus ditempuh secara transformatif atas permasalah tersebut.

Hadirnya Modul Kaderisasi IPNU Tahun 2022 ini sebagai magnum opus atas keresahan dan kegelisahan yang kemudian diejawantahkan melalui kontestasi gagasan dan perenungan yang mendalam.

Melahirkan harapan, kelak IPNU mampu berdialektika dan berkembang secara dinamis terlepas dari beban sejarah ataupun lingkaran setan persoalan klasik. Sehingga, IPNU kapabel sebagai organisasi yang agile (gesit) dan resilience (tangguh) dalam menapaki The Next Big Changer dalam gelanggang The Infinite Game.

Download Modul Kaderisasi IPNU Tahun 2022

Modul Kaderisasi IPNU Tahun 2022 ini perlu diapresiasi oleh seluruh kader IPNU. Terbitnya Modul Kaderisasi IPNU Tahun 2022 ini akan menjadi stimulus untuk meningkatkan kualitas kaderisasi. Daram rangka melakukan sosialisasi terhadap hadirnya Modul Kaderisasi IPNU Tahun 2022 ini, Media IPNU berupaya mempublikasikan kepada seluruh kader di tanah air. Modul Kaderisasi IPNU Tahun 2022 dapat didownload DI SINI.

Temukan pula artikel menarik Media IPNU di Google News

Baca juga:

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama