Profil Baijuri Ketua Umum PMII Jawa Timur Periode 2022-2024

Profil Baijuri Ketua Umum PMII Jawa Timur Periode 2022-2024
Baijuri Ketum PKC PMII Jatim 2022-2024

MEDIA IPNU – Profil Baijuri Ketua Umum PMII Jawa Timur Periode 2022-2024. Baijuri resmi terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Timur (Jatim) Periode 2022-2024.

Diketahui, Baijuri ditetapkan sebagai Ketum PKC PMII Jatim dalam forum Konferensi Koordinator Cabang (Konkoorcab) ke-24 PMII Jatim di Banyuwangi, Minggu (28/08/2022).

Mantan Ketum PMII Jember tersebut terpilih dengan memperoleh 25 suara dalam putaran kedua pemilihan Ketum PKC. Ia unggul dari calon yang lain.

Pada putaran pertama, Baijuri memperoleh 15 suara. Kemudian Moh Lutfi mendapat 5 suara, Ainul Makin Aminullah meraih 3 suara, Muhammad Dwi Candra Saputra dapat 5 suara, dan M Syamsuddin Abdillah memperoleh 3 suara. Total ada 31 suara.

Sedangkan putaran kedua, Baijuri mendapat 25 suara. Sedangkan 6 suara selebihnya memilih Muhammad Candra Saputra.

Dalam Konkoorcab ini, Bajinuri mengusung Visi “PMII Jawa Timur Berbasis Multisektor Strategis”. Sebelumnya, dalam forum Debat Calon Ketum PKC PMII Jatim tanggal 19 Juni 2022, kader PC PMII Jember itu mengatakan bahwa ia siap berargumentasi dengan wacana dan gagasan.

“Tentu kami secara pribadi dan kelembagaan diberi mandat untuk memberikan angin segar berupa argumentasi soal kaderisasi, kepemimpinan, dan manajerial organisasi,” ucapnya.

Menurutnya, paradigma pembangunan telah menargetkan kepada kader-kader PMII untuk memberikan tuntunan kepada manusia sebagai pelopor dan penggerak perubahan pada setiap tantangan zaman hari ini.

“Maka momentum hari ini visi yang kita angkat adalah PMII Jatim berbasis multisektor strategis,” ucapnya.

Baijuri memaparkan, ada dua momentum konstalasi nasional. Pertama, Indonesia ke depan akan dihadapkan pada momentum persoalan bonus demografi. Kedua, Indonesia ini akan dihadapkan dengan persoalan Indonesia emas tahun 2045.

Oleh karena itu, skala entitas PMII menjadi bagian elemen penting dalam bangsa Indonesia. “Di mana kader-kader PMII dimasa yang akan datang akan dituntut menjadi bagian dari pemimpin-pemimpin di masa yang akan datang,” terangnya.

Baginya, sebagai jawaban dari solusi alternatif yang ingin dia berikan, kader-kader PMII harus memiliki blueprint kaderisasi berbasis potensi kader. Pasalnya, posisi ini akan ditopang dengan akselerasi pemerataan kaderisasi.

“Maka jawaban kaderisasi yang harus kita bangun adalah kaderisasi berbasis zonasi. Bahwa pada konseptor keinginan kita, ikhtiar bersama,” tegas Mantan Ketua Cabang PMII Jember itu.

Dalam mencapai Visi di atas Baijuri menyusun misinya dalam empat poin: (1) mempererat kerja ideologisasi dengan  ulama NU dan pesantren, (2) menyusun modul kaderisasi berbasis potensi kader, (3) membentuk ruang-ruang praktis sebagai instrumen aktualisasi potensi kader, dan (4) membentuk timpendampingan isu kebijakan strategis pemerintah.

Profil Baijuri Ketua Umum PKC PMII Jatim

Baijuri yang kini terpilih sebagai Ketua Umum PKC PMII Jatim ini lahir di Bondowoso tanggal 25 Juli 1995. Ia berasal dari Desa Sumbersuko, Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso. 

Dalam kaderisasi di PMII, Baijuri telah telah aktif menjadi anggota PMII sejak ia selesai mengikuti Mapaba pada tahun 2014. Kemudian status kadernya ia peroleh setelah mengikuti PKD pada tahun 2015. Lalu PKL ia ikuti pada tahun 2019. Terakhir, ia turut menjadi peserta dalam Pelatihan Kader Nasional (PKN) awal tahun 2022 lalu.

Mengenai rekam organisasinya, Baijuri telah aktif sejak SMP. Ia menjadi pengurus OSIS SMPN 1 Binakal Bondowoso 2009-2010.  Kemudian aktif dalam Teater Arwah MAN Bondowoso 2011-2014. Saat di perkuliahan, Baijuri menjabat sebagai Ketua HMJ Perbankan Syariah IAIN Jember 2017-2018. 

Dalam PMII, Baijuri pernah mendapat amanah sebagai Ketua Rayon PMII FEBI UIN KHAS Jember 2017-2018. Lalu sejak saat itu, ia selalu terlibat aktif dalam forum-forum PMII. Keaktifan Baijuri kemudian membawanya menjadi Ketua PC PMII Jember 2019-2020. Kemudian kini ia terpilih sebagai Ketum PMII Jatim.

Baca juga:

Profil Baijuri Ketua Umum PMII Jawa Timur Periode 2022-2024. Ini Profil Baijuri Ketua Umum PMII Jawa Timur Periode 2022-2024. Jika Profil Baijuri Ketua Umum PMII Jawa Timur Periode 2022-2024. Maka Profil Baijuri Ketua Umum PMII Jawa Timur Periode 2022-2024. Info Profil Baijuri Ketua Umum PMII Jawa Timur. Ini Profil Baijuri Ketua Umum PMII. Jika Profil Baijuri Ketua Umum. Maka Profil Baijuri Ketua Umum. Info Profil Baijuri. Ini Profil Baijuri. Info Profil Baijuri.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama