Rusia Tawarkan Minyak ke RI, 30% Lebih Murah dari Harga Pasar

Rusia Tawarkan Minyak ke RI, 30% Lebih Murah dari Harga Pasar
Foto: REUTERS/STAFF

MEDIA IPNU - Rusia Tawarkan Minyak ke RI 30% Lebih Murah dari Harga Pasar. Rusia dikabarkan menjual harga minyak mentahnya dengan harga yang, bisa dibilang, sangat murah, atau dikorting lebih dari 30% dari harga jual minyak mentah dunia seperti minyak Brent. Hal ini imbas dari negara-negara Uni Eropa yang melarang impor minyak dari negari beruang merah tersebut.

Mengutip Bloomber pada 31 Mei 2022 yang lalu, Kementerian Keuanga Rusia membeberkan bahwasanya minyak mentah Urals yang menjadi andalan Rusia itu harga rata-ratanya adalah hanya berkisar di US$ 73,24 per barel pada pertengahan April sampai Mei 2022.

Angka itu setidaknya hampir 30%-an lebih dari rata rata harga minyak brent yang berada di atas level US$ 100 per barel. Atau sampai Kamis (9/8/2022) siang ini harga minyak mentah jenis Brent berada di level US$ 123,32 per barel.

Dengan kortingan harga yang jauh lebih rendah dari harga minyak mentah dunia itu, menunjukanbahwa negara penghasil minyak terbesar ketiga dunia ini tidak dapat sepenuhnya menikmati durian runtuh dari kenaikan harga minyak di pasar internasional.

Adapun negara-negara yang tertarik membeli minyak murah Rusia sampai saat ini hanyalah India dan China. Yang mana India diketahui akan mengimpor minyak dari Rusia sebanyak 15 juta barel.

Dalam sebuah data yang diperoleh Reuters, Vortexa Analytics mengatakan impor minyak Rusia lintas laut China akan melonjak mendekati rekor 1,1 juta barel per hari (bph) pada bulan Mei. Angka ini naik dari 750 ribu barel per hari pada kuartal pertama dan 800 ribu barel per hari pada 2021.

Kabar terbaru, perusahaan migas Rusia, Rosneft, mundur dari kesepakatan pengiriman minyak mentah untuk dua perusahaan milik negara India. Menurut sumber yang mengetahui hal tersebut, kurangnya kesiapan Rosneft dalam memasok minyak sesuai volume yang diinginkan menjadi penyebabnya. Hal itu pun menjadi sinyal bahwa minyak Rusia tetap laku di tengah hujan sanksi yang terus dijatuhkan negara-negara Barat. Alhasil, kilang minyak India tersebut harus mencari pasokan lain dari pasar spot yang lebih mahal.

Bagaimana dengan Indonesia?

Rusia Tawarkan Minyak ke RI 30% Lebih Murah dari Harga Pasar. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno buka-bukaan soal Rusia menawarkan minyak murah ke Indonesia. Menurut pria yang akrab disapa Sandi itu, harga minyak Rusia lebih murah 30% dari harga di pasar internasional.

"Tapi Rusia kan nawarin ke kita, 'eh mau nggak, India udah ngambil nih minyak kita nih, harganya 30% lebih murah dari harga pasar internasional'. Kalau buat temen-temen CEO Masterplan ambil nggak? Pak Jokowi pikir yang sama, ambil," katanya, dikutip dari akun Instagram pribadinya @sandiuno, Sabtu (20/8/2022).

Namun ada beberapa pertimbangan terkait rencana impor ini. Salah satunya kekhawatiran beberapa pihak terkait potensi diembargo Amerika Serikat.

"Ada yang nggak setuju karena takut. 'Wah nanti gimana diembargo Amerika'. Ya biarin aja lah. Kalau kita diembargo paling kita nggak bisa makan McDonald," sambungnya.

Menurutnya Barat memang menguasai teknologi pembayaran. Setiap pengiriman uang Dolar harus melalui New York.

"Dan kadang-kadang apa yang kita lihat sangat berbeda dari perspektif mungkin geopolitik, mungkin dari segi faktor ekonomi. Tapi ini tantangannya karena Barat ini kan mau bagaimanapun juga mereka kontrol teknologi payment," ungkapnya.

Akibatnya jika membeli minyak Rusia, ada ketakutan AS akan mematikan Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) sehingga tidak bisa mengirim dolar. SWIFT adalah jaringan komunikasi perbankan dan lembaga keuangan yang digunakan oleh lembaga-lembaga tersebut untuk saling berkomunikasi dan berkirim pesan berkaitan dengan kegiatan transaksi keuangan dengan cepat dan aman.

Sandiaga menyatakan Rusia telah memberikan solusi, yaitu pembayaran dengan mata uang rubel. Ia menyebut hal ini sedang dihitung oleh lembaga keuangan negara.

"Kata Rusia 'nggak usah takut bayarnya pake rubel aja. Convert rupiah ke rubel'. Nah ini yang teman-teman di sektor keuangan lagi ngitung-ngitung," pungkasnya.

Baca juga:

Rusia Tawarkan Minyak ke RI 30% Lebih Murah dari Harga Pasar. Ini Rusia Tawarkan Minyak ke RI 30% Lebih Murah dari Harga Pasar. Info Rusia Tawarkan Minyak ke RI 30% Lebih Murah dari Harga Pasar. Nah, Rusia Tawarkan Minyak ke RI 30% Lebih Murah dari Harga Pasar. Iya, Rusia Tawarkan Minyak ke RI 30% Lebih Murah. Good, Rusia Tawarkan Minyak ke RI 30%. Ini Rusia Tawarkan Minyak ke RI. Rusia Tawarkan Minyak ke RI. Jadi Rusia Tawarkan Minyak. Lalu Rusia Tawarkan Minyak. Rusia Tawarkan. Ada Rusia Tawarkan. Rusia Tawarkan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama