Urgensi Mahasiswa UM Gabung PAKPT IPNU IPPNU

Urgensi Mahasiswa UM Gabung PAKPT IPNU IPPNU
um.ac.id

MEDIA IPNU - Urgensi Mahasiswa UM Gabung PAKPT IPNU IPPNU. Masa kuliah merupakan masa peralihan antara remaja menuju kedewasaan. Dewasa di sini tidak hanya dimaknai secara usia, akan tetapi dewasa secara sikap dan nalaritas. Menjadi mahasiswa adalah harapan dari banyak anak muda di Indonesia.

Oleh karena itu, kita yang sudah menjadi mahasiswa harus bersyukur dan memanfaatkan masa tersebut sebaik mungkin.

Dalam dunia mahasiswa sendiri, muncul berbagai istilah. Mulai dari Si Aktivis, Si Organisatoris, Mahasiswa Kupu-Kupu, serta masih banyak istilah lainnya, silahkan teman-teman refleksikan sendiri.

Mahasiswa selalu dianggap sebagai agen terdepan perubahan, penyambung aspirasi rakyat, atau pun kaum intelektual. Bagaimana cara kita agar bisa menjadi bagian dari apa yang sudah disebutkan tadi?

Organisasi adalah pilihan efektif yang bisa teman-teman ambil. Di samping mendapatkan pelajaran di kampus, kita juga perlu mengembangkan setiap potensi serta skill kita.

Bagi para mahasiwa Nahdhiyyin, khususnya di Universitas Negeri Malang (UM) kalian bisa bergabung di organisasi PKPT IPNU IPPNU Kampus Pendidikan Khittah Wa Khidmat, atau PAKPT yang menghimpun mahasiswa Nahdhiyyin UM di setiap fakultas.

PKPT sendiri merupakan singkatan dari Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi. PKPT terhimpun dari mahasiswa yang berbeda jurusan. Sedangkan PAKPT singkatan dari Pimpinan Anak Komisariat Perguruan Tinggi. PAKPT secara struktural setingkat di bawah PKPT.

Di UM, sudah berdiri tiga PAKPT yang mewadahi beberapa fakultas, yaitu PAKPT Syeikh Khatib As-sambasi (Syakasa) terdiri dari tiga fakultas, FIS, FIP, FPsikologi.

Selanjutnya ada PAKPT Syeikh Nawawi Al-bantani (Syanaba) yang terdiri dari FMIPA, FT, dan FIK. Yang terakhir ada PAKPT Syeikh Makfudz At-tarmasi (Syamata) terdiri dari FS, dan FE.

IPNU/IPPNU UM baik PKPT atau PAKPT memiliki peranan penting dalam menjaga idiologi Aswaja An-nahdhiyyah, melestarikan amaliyah, serta menjadi garda terdepan dalam menanggulangi radikalisme di kampus.

Kampus menjadi salah satu sasaran dalam menyebarkan paham radikalisme, maka dari itu, para kader IPNU-IPPNU memiliki urgensi dalam membendung paham tersebut.

Diharapkan juga setelah teman-teman mahasiswa aktif di PKPT/PAKPT UM, kemudian kembali ke daerah masing-masing, mampu mengembangkan IPNU-IPPNU.

Urgensi Mahasiswa UM Gabung PAKPT IPNU IPPNU
Universitas Negeri Malang - UM | Foto: um.ac.id

Kader IPNU-IPPNU di UM juga dituntut untuk mampu beradaptasi dengan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian, pendidikan, serta penelitian. Salah satu bentuk penerapan nya adalah dengan adanya Badan Student Research Center (BSRC).

BSRC aktif dalam menerapkan salah satu dari nilai Tri Darma yakni penelitian. Selain penelitian, BSRC juga memiliki program kerja (Proker) yang bertujuan untuk meningkatkan nalar kritis, public speeking, serta literasi kader. Proker tersebut biasa kami sebut NGOPI (Ngolah Pikir).

Dalam proker ini, para kader akan berdiskusi tentang sebuah buku, isu terkini, serta tema-tema yang menarik dan bermanfaat untuk kader. Alhamdulillah, dari BSRC sendiri sudah dua kali melaksanakan proker NGOPI.

Jadi, menjadi mahasiswa tidak hanya fokus dengan kuliahnya saja. Tetapi mereka bisa memanfaatkan masa kuliahnya dengan mengikuti organisasi, seperti PKPT dan PAKPT UM. Burung terbang dengan kedua sayapnya, manusia terbang dengan cita-citanya.

Semangat!

Penulis: Brilliant Syaifulloh

  • Ketua PAKPT Syaikh Khatib As-sambasi
  • Mahasiswa Departemen Sejarah UM
  • Santri PP Miftahul Huda Gading Malang

Baca juga:

Urgensi Mahasiswa UM Gabung PAKPT IPNU IPPNU. Ini Urgensi Mahasiswa UM Gabung PAKPT IPNU IPPNU. Info Urgensi Mahasiswa UM Gabung PAKPT IPNU IPPNU. Nah, Urgensi Mahasiswa UM Gabung PAKPT IPNU IPPNU. Ini Urgensi Mahasiswa UM Gabung PAKPT. Baru Urgensi Mahasiswa UM Gabung. Nah Urgensi Mahasiswa UM Gabung. Info Urgensi Mahasiswa UM. Urgensi Mahasiswa. Ini Urgensi Mahasiswa. Info Urgensi Mahasiswa.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama