5 Tips Untuk Menyikapi Harga BBM yang Selalu Melonjak

5 Tips Untuk Menyikapi Harga BBM yang Selalu Melonjak
Ilustrasi: Pembelian BBM

MEDIA IPNU - 5 Tips Untuk Menyikapi Harga BBM yang Selalu Melonjak. Pada awal September yang lalu Presiden RI Joko Widodo telah mengumumkan kenaikan harga BBM. Harga Pertalite naik menjadi 10 ribu rupiah per liter dari harga sebelumnya yaitu Rp 7,650 per liter. Pertamax yang tadinya Rp 12,500 per liter kini menjadi Rp 14,500 per liter. Harga solar juga mengalami kenaikan dari Rp 5,150 per liter menjadi Rp 6,800 per liter.

Kenaikan harga BBM ini juga telah menyebabkan kenaikan harga di sektor lain yang berhubungan. Misalnya tarif ojol atau jasa ekspedisi yang tentunya akan mengalami peningkatan biaya operasional karena naiknya harga BBM. Harga tiket transportasi juga tentunya segera menyesuaikan harga.

Di saat seperti ini kita juga perlu mengatur keuangan untuk menyesuaikan kenaikan harga BBM ini. Tidak hanya itu, beberapa kebiasaan juga bisa jadi perlu mengalami penyesuaian. Misalnya bagi yang sering jalan-jalan untuk melepas penat, bisa memilih untuk mendapatkan hiburan dari rumah saja, misalnya dengan mengakses fun88 link.

Untuk menghadapi kenaikan harga BBM ini, langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kestabilan keuangan? Simak beberapa tipsnya berikut ini.

Lebih bijak dalam menggunakan kendaraan pribadi

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan menghemat pengeluaran BBM untuk keperluan pribadi. Pengeluaran BBM untuk kepentingan usaha seringkali sulit untuk disesuaikan. Namun pemakaian BBM untuk pribadi pasti bisa diatur kembali.

Misalnya saat akan menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya dipertimbangkan lagi apakah benar-benar diperlukan. Kita perlu mengevaluasi kembali prioritas dalam pemakaian BBM. Misalnya, sebaiknya evaluasi kembali apakah memakai mobil sendirian saat ke kantor akan efisien saat ini? Apakah sebaiknya menggunakan transportasi umum?

Ingatlah bahwa salah satu tujuan pemerintah menaikkan harga BBM adalah agar masyarakat lebih memahami pentingnya hemat BBM, mengingat BBM berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Memfokuskan hiburan di rumah

Setiap orang pasti akan memerlukan refreshing. Misalnya di akhir pekan bersama keluarga untuk melepas penat setelah seminggu penuh bekerja. Umumnya, refreshing ini melibatkan mobilitas atau bepergian dengan kendaraan keluarga. Saat ini waktunya Anda mempertimbangkan alternatif aktivitas menghibur bersama keluarga selain bepergian.

Misalnya dengan memfokuskan hiburan di dalam rumah. Bisa jadi dengan menonton film di rumah, menekuni hobi, dan sebagainya.

Menghindari berkendara yang tidak penting

Tidak jarang kita menggunakan kendaraan bermotor untuk jarak yang cukup dekat yang sebenarnya bisa dijangkau dengan jalan kaki. Daripada berjalan 5 atau 10 menit, seringkali kita memilih menggunakan kendaraan bermotor. Padahal, jalan kaki tentunya lebih sehat dibandingkan dengan naik kendaraan. Karena itu, agar lebih sehat dan juga lebih menghemat BBM saat ini, mari kembali budayakan berjalan kaki. Saat perlu pergi ke suatu tempat yang bisa dijangkau dengan beberapa menit berjalan kaki, utamakan untuk berjalan kaki untuk membakar kalori tubuh dan juga agar lebih hemat.

Menggunakan sarana transportasi umum

Saat harga BBM meninggi, waktunya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya menggunakan bus kota untuk pergi ke tempat kerja atau ke sekolah. Sayangnya, tidak semua daerah di Indonesia memiliki sarana transportasi umum yang bisa diandalkan.

Mempertimbangkan untuk membeli mobil listrik

Harga BBM akan selalu naik dari waktu ke waktu. Saat ini, Anda perlu mempertimbangkan untuk memiliki kendaraan non-BBM seperti mobil listrik. Memiliki mobil listrik akan menjadi investasi yang baik untuk menanggulangi kenaikan harga BBM hingga di masa yang akan datang.(ren)

5 Tips Untuk Menyikapi Harga BBM yang Selalu Melonjak. Ini 5 Tips Untuk Menyikapi Harga BBM yang Selalu Melonjak. Info 5 Tips Untuk Menyikapi Harga BBM yang Selalu Melonjak. Tentang 5 Tips Untuk Menyikapi Harga BBM yang Selalu Melonjak. 5 Tips Untuk Menyikapi Harga BBM yang Selalu Melonjak. Info 5 Tips Untuk Menyikapi Harga BBM.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama