Gus Miftah dan Farel Prayoga Trending Topik Soal Isu Agama

Gus Miftah dan Farel Prayoga Trending Topik Soal Isu Agama
Farel Prayoga - Gus Miftah (Foto: YouTube BTd Channel)

MEDIA IPNU – Nama Gus Miftah dan Farel jadi trending topik di twitter soal isu agama hari ini, Sabtu (08/10/2022). 

“Idola banget. Farel keren. ‘Agamamu apa? Privasi.’ Tolong ini dinormalisasi. (sambil posting gambar Farel dengan berisi kata-kata tentang Farel yang ditanyai oleh Gus Miftah)” kata @evimsofian dalam cuitannya, Sabtu (8/10/2022).

Cuitan tersebut kemudian ramai di twitter, dengan sebanyak 4,318 retweets, 707 quote tweets, dan 29.3 ribu likes.

“Supaya tdk misleading, itu pertanyaan timbul di acara ceramah gus miftah, farel ada disitu jd penampil, kemudian ada sesi Q&A, farel pake peci & baju koko, farel ditanya seputar islam, tp ga bs jwb. karena posisi gus miftah ga tau farel non muslim,” kata akun @aldinowijaya menanggapi.

Akun @aldinowijaya juga menjelaskan bahwa Gus Miftah dikasih tau panitia lewat kertas bahwa Farel non muslim. “Baru disitu gus miftah nanya kristen, katholik dll. Suasana disitu ga intimidatif pertanyaan itu karena misskom panitia sama gus miftah,” lanjutnya.

Tanggapan positif dari @aldinowijaya itu menjelaskan tentang kondisi yang terjadi, agar netizen tidak salah paham.

Kemudian Evi Mariani men-thread: “Tambahan: Di Indonesia, yg dianggap wajar tuh nanya ‘agamamu apa’. Pertanyaan Gus Miftah akan dianggap wajar o/ kebanyakan org. Saya ga fokus di situ. Saya fokus di keberanian Farel menjwb ‘privasi’, krn oh betapa aku sering ingin jawab itu ke 1.000 org yg pernah nanya, tp takut,” tambah Co-founder, Executive Director at projectmultatuli.org tersebut.

Jadi, kedua figur tersebut menjadi perbincangan netizen setelah viralnya video di media sosial, tentang Gus Miftah menyuruh Farel Prayoga, untuk mengaji di atas panggung sebuah acara pengajian.

Namun, bocah yang pernah menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke' di Istana Negara tersebut, mengaku kepada Gus Miftah, bahwa dirinya tidak bisa mengaji.

"Farel, kamu sudah ngaji belum, Le? Sudah juz berapa kamu ngaji?" tanya Gus Miftah seperti yang dilansir dari dari kanal YouTube Btd, Sabtu (8/10/2022). 

Farel Prayoga pun menjawab bahwa dirinya tidak mengaji, "Mboten ngaji (nggak ngaji)."

Kemudian dari tayang video yang viral itu, Gus Miftah langsung menasihati Farel Prayoga agar tidak lupa untuk mengaji selayaknya umat Islam lainnya. Mendengar nasihat itu, tampak wajah Farel terlihat bingung.  

Tak sampai situ saja, GM menasehati FP, ia juga mengingatkan Farel yang sudah terkenal dan sudah memiliki uang tapi harus mengaji. 

"Kamu sekarang sudah terkenal, sudah mulai punya uang. Abah doakan besok kamu jadi artis top internasional, amin. Tetapi yo ngaji bro, mosok ora ngaji (tapi yang ngaji, masa nggak ngaji," pungkas Gus Miftah. 

Hal itu pun dijawab Farel namun dirinya seperti kebingungan untuk menjelaskannya, “Piye lek ngomonge ya (Gimana cara ngomongnya ya)?" ujar Farel. 

Tidak berselang lama, tampak dari video tersebut panitia memberikan seacrik kertas yang bertuliskan tentang informasi soal FP ke GM. Kertas terebut beirisikan informasi tentang Farel Prayoga bukan beragama Islam.

"'Mohon izin Abah, info dari panitia, Mas Farel non muslim'. Oh kamu non muslim tah Le? Oh wis ra popo (Oh ya udah tidak apa-apa). Mangkat neng gerejo (nggak apa-apa, berangkat ke gereja). Agamamu apa? Kristen, Katolik?" tutur GM sambil membacakan secarik kertas yang berisikan informasi dari panitia.

Ternyata sebelum secarik kertas informasi dari panitia dibaca GM, dirinya tidak mengetahui agama Farel Prayoga. Kemudian setelah GM berkomentar, Farel pun menjawab pertanyaan GM tersebut. 

"Nggak tahu, nggak lah, privasi," jawab Farel ketika ditanya Gus Miftah apa agamanya.  Selanjutnya, Gus Miftah pun berpesan pada Farel Prayoga agar beribadah seusai dengan kepercayaan yang diyakininya.

"Pokoknya apa pun agamamu, yang penting beribadah sesuai kepercayaanmu. Jadi kalau kamu Kristen ya berangkat ke gereja, kalau kamu Budha ya berangkat ke vihara. Karena Indonesia semua agama dilindungi oleh negara. Tepuk tangan untuk toleransi," pungkas GM.

Kemudian, GM kembali bertanya kepada FP, lagu apa yang akan dilantunkannya untuk selanjutnya dan Farel Prayoga pun meneruskan melantun lagu berjudul Tiara.

Untuk diketahui, FP merupakan penyanyi cilik yang lahir di Banyuwangi pada 8 Agustus 2010. Penyanyi cilik yang duduk di kelas 6 SD itu belum genap berusia 12 tahun.

Selain itu, Farel juga diketahui merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Sebelumnya, Farel viral di media sosial karena menyanyikan lagu Ojo Dibandingke dengan suara merdunya. 

Namun kini Farel Prayoga bergabung dengan label Aneka Safari Record dan video-video yang menampilkan Farel Prayoga telah ditonton berjuta-juta orang di kanal YouTube Aneka Safari Record.

Selain itu, Farel juga diketahui kerap kerap kali tampil dengan artis-artis Jawa Timur seperti Wandra Restusiyan, Vita Alvia, Yeni Inka, Alvi Ananta, dan lain-lainnya. Tak hanya itu saja, ternyata Farel Prayoga juga pernah menyanyikan beberapa lagu Jawa dan viral, antara lain Satru 2, Ojo Dibandingke, dan lain-lainnya.

Baca juga:

Gus Miftah dan Farel Prayoga Trending Topik Soal Isu Agama. Ini Gus Miftah dan Farel Prayoga Trending Topik Soal Isu Agama. Info Gus Miftah dan Farel Prayoga Trending Topik Soal Isu Agama. Jika Gus Miftah dan Farel Prayoga Trending Topik Soal Isu Agama. Maka Gus Miftah dan Farel Prayoga Trending Topik Soal Isu Agama. Jadi, Gus Miftah dan Farel Prayoga Trending Topik Soal Isu Agama. Misalnya, Gus Miftah dan Farel Prayoga Trending Topik Soal Isu Agama. Tentang Gus Miftah dan Farel Prayoga Trending Topik. Jika Gus Miftah dan Farel Prayoga Trending Topik. Gus Miftah dan Farel Prayoga Trending Topik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama