Mahasiswa KPL UM Lakukan Family Development Session Berbasis PRA

Mahasiswa KPL UM Lakukan Family Development Session Berbasis PRA
Mahasiswa KPL Universitas Negeri Malang

MEDIA IPNU - Mahasiswa KPL UM (Universitas Negeri Malang) dan Pendamping PKH Lakukan Family Development Session Berbasis Participatory Rural Appraisal (PRA). Peserta Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) dari Departemen Pendidikan Luar Sekolah periode September-Oktober secara resmi telah turun ke lapangan guna melaksanakan magang secara offline. 

Salah satu kelompok mahasiswa KPL UM dibawah Dosen Pembimbing Lapangan Dr Lasi Purwito MS melaksanakan magang di Dinas Sosial Kota Blitar.

Salah satu kegiatan magang yang telah dilaksanakan ialah Family Development Session berbasis Participatory Rural Appraisal dalam rangka mengembangkan potensi diri.

Family Development Session (FDS) atau peningkatan kemampuan keluarga merupakan kegiatan pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat dalam Progam Keluarga Harapan (PKH) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas keluarga.

Adapun tujuan dari PKH itu sendiri ialah menciptakan perubahan perilaku kemandirian masyarakat sehingga lulus atau keluar dari PKH sebagai penerima manfaat bantuan, yang mana proses ini biasa disebut dengan Graduasi Mandiri. 

Sedangkan Participatory Rural Appraisal (PRA) merupakan pendekatan dalam proses pemberdayaan yang mengajak langsung masyarakat untuk berpartisipasi dalam suatu kegiatan seperti dari identifikasi kebutuhan atau permasalahan dan analisis potensi.

Kegiatan dengan menggunakan Participatory Rural Appraisal (PRA) diakui oleh mahasiswa KPL UM memiliki relevansi dengan salah satu mata kuliah di Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. Berdasarkan latar pendidikan tersebut maka dapat dikatakan bahwa tim pelaksana telah memiliki bekal atas tahapan yang dibutuhkan.  

Mahasiswa KPL UM Lakukan Family Development Session Berbasis PRA
Mahasiswa KPL Universitas Negeri Malang

Dalam proses pelaksanaan FDS ini, mahasiswa KPL UM berkolaborasi dengan pendamping PKH Dinas Sosial Kota Blitar yakni Zulfa Luthfia. Kegiatan FDS kali ini berlokasi di Jalan Serayu, Dukuh Bendo, Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar yang dilaksanakan pada Kamis, 20 Oktober 2022 dengan total peserta 21 KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Sesuai dengan dasar pendekatan yang dilakukan yaitu menggunakan Participatory Rural Appraisal (PRA), maka penyampaian pembelajaran FDS oleh mahasiswa KPL UM difokuskan pada tema ekonomi khususnya membangun usaha untuk menambah pendapatan.

Adapun materi-materi yang disampaikan antara lain menentukan ide usaha, mengembangkan dan menilai kelayakan usaha, serta tips trik dalam memasarkan suatu produk baik melalui digital atau secara langsung.

Di sela-sela kegiatan, mahasiswa KPL UM dan Pendamping PKH juga selalu memberikan motivasi dan senda gurau agar KPM tidak bosan dalam proses kegiatan.

Dengan demikian adanya proses pembelajaran dalam FDS ini, kelompok mahasiswa KPL UM berharap bahwa ilmu yang diperoleh dapat dijadikan sebagai pedoman kedepan dalam membangun sebuah usaha sehingga dapat menjadi solusi permasalahan dalam perekonomian keluarga terutama terkait kemandirian finansial.

Tak hanya itu, melalui kegiatan pembelajaran ini mahasiswa KPL UM berharap jika upaya ini dapat mewujudkan cita-cita dari PKH yaitu graduasi mandiri oleh KPM PKH.    

Penulis: Mahasiswa KPL 2022 - PLS Universitas Negeri Malang (UM)

Baca juga: Forum Media IPNU

Mahasiswa KPL UM Lakukan Family Development Session Berbasis PRA. Ini Mahasiswa KPL UM Lakukan Family Development Session Berbasis PRA. Info Mahasiswa KPL UM Lakukan Family Development Session. Jika Mahasiswa KPL UM. Maka Mahasiswa KPL UM. Mahasiswa KPL UM.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama