Pesan Prof Quraish Shihab: Jomblo, Cari dan Jemputlah Jodohmu!

Pesan Prof Quraish Shihab: Jomblo, Cari dan Jemputlah Jodohmu!
Prof Quraish Shihab | Foto: tangkapan layar

MEDIA IPNU - Pesan Prof Quraish Shihab: Jomblo, Cari dan Jemputlah Jodohmu! Manusia merupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia memerlukan kehadiran manusia lain, tak terkecuali pasangan. Namun bagi sebagian orang, menemukan pasangan bukanlah hal mudah. Kelompok manusia tak berpasangan inilah yang lazim dikenal sebagai jomblo.

Terkait hal itu, Cendekiawan Muslim Indonesia Prof Quraish Shihab, berpesan kepada para jomblo. Ia mengatakan bahwa mendapatkan pasangan atau jodoh adalah sesuatu yang harus diupayakan, alih-alih hanya menunggu.

“Pemuda dan pemudi yang jomblo jangan nunggu jodoh,”  terangnya dalam tayangan YouTube Najwa Shihab bertajuk “Jodoh itu Rezeki, Bagaimana Menjemputnya? | Shihab & Shihab”, dikutip Jumat (11/11/2022).

“Cari jodohmu dengan cara-cara yang dibenarkan Allah swt,” imbuh Prof Quraish Shihab.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jodoh merupakan bagian dari rezeki yang harus dicari dan dijemput melalui mekanisme yang diperbolehkan dalam syariat.

“Jodoh itu rezeki. Jemputlah jodoh dengan cara yang dibenarkan agama. Cari simpati, berdandan yang baik, berilmu yang tinggi, biar orang senang pada Anda,” jelas Pendiri Pusat Studi Al-Qur’an itu.

Pada kesempatan itu, Prof Quraish Shihab mendapatkan pertanyaan unik. Ia ditanya, jika jodoh adalah rezeki, bagaimana ketika dua orang sudah menjalin hubungan serius (berjodoh), namun dalam perjalanannya pasangan tersebut berpisah. Apakah hal itu menandakan rezekinya terputus?

Spontan Prof Quraish Shihab terkekeh sejenak. Ia menjelaskan, boleh jadi, putusnya hubungan seseorang dengan yang dicinta menandai terputusnya rezeki dengan orang tersebut. Namun, Prof Quraish Shihab mengingatkan untuk tidak berkecil hati dan optimis kelak akan mendapatkan orang yang lebih baik.

“Rezekinya terputus dengan orang itu, tetapi masih bisa mendapatkan yang lebih baik dari itu,” ujar doktor lulusan Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, itu.

Sakit Bukan Rezeki

Lebih lanjut ia menjelaskan, rezeki pada dasarnya adalah sesuatu yang bermanfaat. Dalam konteks sakit, ia mengartikan hal itu bukanlah tergolong pada kategori rezeki.

“Itu bukan rezeki, tapi dampaknya bisa bermanfaat buat Anda. Karena dengan penyakit kalau dijalani dengan sabar, Anda dapat ganjaran. Dengan penyakit, kalau Anda mau menarik pelajaran, Anda bisa menarik pelajaran dari itu. Tetapi pada dasarnya, rezeki itu yang diperoleh dan dimanfaatkan dalam arti yang positif,” jabar ulama keturunan Arab Quraisy-Bugis itu.

Maka itu, ia mengajak agar seseorang senantiasa berdoa untuk memohon rezeki yang halal, rezeki yang membahagiakan dunia dan akhirat, memohon rezeki dengan aneka macamnya mulai dari yang berbentuk materi sampai immaterial.

“Memohon diperkaya hati kita dengan kepuasan setelah usaha maksimal, memohon agar dianugerahi Allah segala macam kebaikan bersama keluarga, teman-teman di dunia dan di akhirat,” pungkas Prof Quraish Shihab.

Sumber: NU Online

Baca juga: Forum Media IPNU

Pesan Prof Quraish Shihab: Jomblo, Cari dan Jemputlah Jodohmu! Ini Pesan Prof Quraish Shihab: Jomblo, Cari dan Jemputlah Jodohmu! Info Pesan Prof Quraish Shihab: Jomblo, Cari dan Jemputlah Jodohmu! Jika Pesan Prof Quraish Shihab: Jomblo. Maka Pesan Prof Quraish Shihab: Jomblo. Namun, Pesan Prof Quraish Shihab: Jomblo. Jadi Pesan Prof Quraish Shihab. Ini Pesan Prof Quraish. Tentang Pesan Prof Quraish. Pesan Prof Quraish.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama