PC IPNU IPPNU Nganjuk Gelar Kelas Jurnalistik, Direktur LP2: Kita Punya Visi 3M!

PC IPNU IPPNU Nganjuk Gelar Kelas Jurnalistik, Direktur LP2: Kita Punya Visi 3M!

MEDIA IPNUPimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Nganjuk mengadakan kelas jurnalistik bertemakan “Journalist Class and Media Monitoring” di Kantor PCNU Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Sabtu (26/03/2022).

Direktur Lembaga Pers dan Penerbitan (LP2) PC IPNU Nganjuk, Dwi Zulianto berharap dengan adanya kegiatan ini, tim LP2 PAC bisa lebih bersemangat dan lebih giat dalam bermedia.

“Pesan saya, semoga teman-teman LP2 PAC bisa terus bersemangat dalam menghidupkan media, dan tingkatkan terus kepedulian terhadap media, karena media ini nanti menjadi sarana penting di masa sekarang, dan masa yang akan datang,” ujar Zulianto.

PC IPNU IPPNU Nganjuk
LP2 PC IPNU IPPNU Nganjuk

Kegiatan ini bertujuan untuk merawat seluruh Lembaga Pers dan Penerbitan (LP2) IPNU IPPNU se-Kabupaten Nganjuk. Karena visi dari LP2 PC IPNU IPPNU Nganjuk sendiri adalah 3M, yaitu: mengakomodir, mengembangkan, dan merawat seluruh media seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU yang ada di Nganjuk.

Terkait media, Hafidz Yusuf, selaku pemateri kelas jurnalistik kali ini, menyampaikan beberapa hal, terutama dalam kaitannya dengan proses pembuatan berita, salah satunya adalah bersifat aktual.

“Berita itu harusnya paling lambat di- up 24 jam, karena kalau semakin lama dibiarkan, akan basi. Inilah yang dinamakan dengan berita yang aktual, berita yang masih dibicarakan orang banyak, karena kalau peristiwa atau acaranya sekarang dan kalian menulisnya besok, orang akan malas membaca,” kata Hafidz Yusuf, Kepala Divisi Pemberitaan Media Center PCNU Nganjuk.

Reporter NU Online Jatim tersebut juga menekankan pentingnya konsep 5W+1H dalam pembuatan suatu berita. Juga teknis penulisan berita yang sudah semestinya diketahui oleh semua orang.

PC IPNU IPPNU Nganjuk
Hafidz Yusuf, Kepala Divisi Pemberitaan Media Center PCNU Nganjuk mengisi materi kelas Jurnalistik IPNU IPPNU Nganjuk, Jatim, Sabtu (26/03/2022)

“Berita itu sifatnya tidak biasa, sesuatu yang baru, peristiwa yang berdampak, sesuatu yang menarik, yang terjadi di sekitar kita, berupa sebuah informasi. Tapi, terlepas dari itu semua, yang perlu kalian ketahui adalah, meskipun berita itu berupa peristiwa, tapi tidak semua peristiwa bisa disebut berita,” pungkasnya.

Kegiatan kelas jurnalistik ini diakhiri dengan sesi praktek di mana masing-masing dari LP2 PAC yang ada berkumpul dengan timnya dan membuat satu berita yang bahannya sudah disiapkan oleh pemateri.

Kontributor: Irma Khoirun Nisa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama