Napak Tilas IPNU IPPNU ke Makam Eyang Seto Yudho Sesepuh Wonocolo Bojonegoro

Napak Tilas IPNU IPPNU ke Makam Eyang Seto Yudho Sesepuh Wonocolo Bojonegoro

MEDIA IPNU - Memasuki bulan Ramadhan tahun ini, Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, melakukan ziarah ke makam sesepuh.

Ketua IPNU Ranting Wonocolo, Akhmad Willy, mengatakankan, jika banyak sesepuh di Desa Wonocolo, yang menjadi tokoh agama sebagai penyebar Islam pada zaman Belanda.

“Hari ini, kami ziarah ke makam Eyang Seto Yudho, beliau dikenal sebagai sesepuh di Bumi Wonocolo,” katanya, Sabtu (23/4/2022).

Ziarah tersebut berada di Dusun Ngrojo, Desa Wonocolo, Bojonegoro. Makam tersebut selama ini mendapat perawatan dari warga desa setempat supaya bangunan makam tidak rusak dan masih utuh ssebagaimana saat awal ditemukan.

“Selain kami mendoakan para sesepuh, juga supaya generasi muda tidak lupa akan perjuangan mereka di tanah jawa,” tambahnya.

Willy berharap, semoga ke depan Desa Wonocolo bisa makmur, sejahtera, damai, murah sandang pangan dan tidak mempunyai sifat iri terhadap sekitar. Selain itu, tidak berbelok ke arah yang sesat.

“Karena sesungguhnya Allah SWT yang pantas kita sembah bukan danyang ataupun kuburan tua,” terangnya.

Diketahui, Pimpinan Ranting (PR) merupakan kepengurusan IPNU IPPNU di tingkat desa atau sebutan lain yang setingkat. PR merupakan basis paling dasar dari organisasi pelajar NU ini. Walaupun secara peraturan bisa mendirikan PAR (Pimpinan Anak Ranting), namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Kepengurusan IPNU IPPNU berjejaring secara nasional mulai dari PR, PAC, PC, PW, hingga PP.(Ar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama