Sambut Ramadhan, PC IPNU IPPNU Kabupaten Blitar Gelar Megengan dan Ziarah Kubur

Sambut Ramadhan, PC IPNU IPPNU Kabupaten Blitar Gelar Megengan dan Ziarah Kubur

MEDIA IPNUPimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Blitar, Jawa Timur, sambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah dengan Megengan dan Ziarah Kubur ke makam alumni, Kamis (31/03/2022).

Wakil Ketua PC IPNU Kabupaten Blitar, Muhammad Malik Amiruddin, mengungkapkan kegiatan ini diikuti Pelajar NU se-Kabupaten Blitar dan juga melibatkan beberapa Alumni IPNU IPPNU dari masa ke masa. Selain itu, adanya kegiatan ini juga sebagai wujud suka cita Pelajar NU dalam menyambut bulan puasa tahun ini.

“Selain melestarikan tradisi NU, ziarah ini juga untuk mengenang perjuangan Alumni IPNU IPPNU terdahulu, agar Pelajar NU saat ini juga mengenal serta meneladani perjuangan beliau. Selain itu juga menambah semangat serta motivasi untuk kepengurusan saat ini,” jelas Malik.

Sementara itu, kegiatan sambut ramadhan ini juga mengambil tema ‘Megengan’ yang merupakan tradisi umat muslim di jawa untuk menyambut bulan puasa. Disisi lain megengan memiliki makna menahan, dengan harapan selama bulan puasa ini Pelajar NU tidak hanya menahan haus dan lapar tetapi juga menahan hawa nafsu serta amarahnya.

“Karena jika bukan IPNU IPPNU, siapa lagi yang akan menjaga tradisi ahlussunnah wal jamaah annahdliyah?” tambah Malik.

PC IPNU IPPNU berharap, dengan adanya kegiatan ini dan wasilah ulama serta alumni IPNU IPPNU, Pelajar NU Kabupaten Blitar mendapatkan barokah serta karomah dari beliau.

Dengan titik kumpul di Graha NU, rombongan menuju ke makam Rekan Aminuddin, Ketua PC IPNU ke-6 Garum, makam KH. Sholeh dan Rekan Sulaiman Hasan, Ketua PC IPNU ke-3 Kanigoro, dilanjut ke makam Kiai Ma’ana dan Rekan Drs.H.Munawir, Ketua PC IPNU Ke-7 & 8 Talun, dan terakhir di makam KH. Dimyati Selopuro.(ni/dh)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama