Ketua IPNU Klurahan: Tradisi Showan Sangat Penting Bagi Pelajar

Ketua IPNU Klurahan: Tradisi Showan Sangat Penting Bagi Pelajar

MEDIA IPNU - Ketua IPNU Ranting Klurahan, Muhammad Thoriqil Auliya menegaskan bahwa tradisi showan sangat Penting Bagi para pelajar.

"Showan kepada para kyai dan tokoh masyarakat merupakan hal yang sangat penting bagi para pelajar, khususnya kader IPNU IPPNU," kata Muhammad Thoriqil Auliya, Senin (09/05/2021).

Silaturahmi, saling bermaaf-maafan ketika lebaran adalah suatu tradisi yang sudah mengakar di Indonesia. Pun Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) - Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Klurahan, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, juga rutin melakukan hal itu. 

Segenap Pengurus Ranting Klurahan bersama para kader-kadernya kembali melaksanakan Safari Syawal kepada para kyai dan alumni pada hari Sabtu (07/05/2022) yang lalu.

"Ketika showan, kita akan mendapat pahala sekaligus memperkuat jaringan kepada tokoh-tokoh masyarakat setempat," terang Thoriq, sapaan akrabnya.

Ia juga menjelaskan bahwa program Safari Syawal adalah program rutin setiap lebaran. 

"Kegiatan rutin ini sudah menjadi program wajib tiap Hari Raya Idulfitri. Jadwalnya, ya, showan ke Rois Suriyah NU Ranting, Ketua Tanfidziyah NU Ranting, para kyai, dan alumni," jelas Ketua IPNU Klurahan tersebut.

Senada dengan Thoriq, Ketua IPPNU Ranting Klurahan Nuril Lailiyah mengaku sudah rutin melakukan safari syawal.

"Safari Syawal sudah jadi kultur mendarah daging tiap lebaran," kata Nuril.

Nuril mengaku sangat berterima kasih kepada seluruh kyai dan tokoh masyarakat yang telah menerima rombongan IPNU IPPNU Ranting Klurahan. 

"Tradisi showan akan tetap kita jaga. Bahkan tidak hanya waktu lebaran, tapi juga di hari-hari biasa kita juga sering melakukannya. Hal itu untuk menjaga hubungan IPNU IPPNU dengan tokoh masyarakat setempat," pungkasnya.(mn)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama