Lentera UIN Alauddin Makassar - UINAM, Inovasi Pembelajaran Virtual

Lentera UIN Alauddin Makassar - UINLAM, Inovasi Pembelajaran Virtual
Lentera UIN Alauddin Makassar - UINAM, Inovasi Pembelajaran Virtual

MEDIA IPNULENTERA UIN Alauddin Makassar - UINAMLENTERA (Learning Center Area) merupakan ruang atau tempat pembelajaran mahasiswa secara online atau biasa disebut e-learning. LENTERA dikembangkan dengan model virtual class (kelas online) yang memiliki tujuan agar membantu dosen dalam mengajar dan mempermudah mahasiswa dalam proses perkuliahan berlangsung.

Dalam artikel ini akan menjelaskan tutorial atau cara penggunaan vitur Lentera UIN Alaudin Makassar. LENTERA dapat diakses di https://lentera.uin-alauddin.ac.id. Jika ingin masuk (login) ke dalam LENTERA dapat menggunakan akun Portal Akademik untuk Mahasiswa. Sedangkan untuk dosen dapat menggunakan Akun Dosen.

Fitur-fitur LENTERA: 1. Username dan password terintegrasi dengan SIMPEG; 2. Kelas, peserta, dan dosen terintegrasi dengan SIAKA; 3. Memiliki fitur-fitur LMS: a. Presensi, b. Materi Pembelajaran, c. Kuis, d. Tugas, e. Telekonfrensi dan kolaborasi online.

HALAMAN DEPAN LENTERA UIN

Ketika LENTERA pertama kali dikunjungi maka halaman depan (beranda) akan memperlihatkan berbagai informasi mengenai Daftar Fakultas dan Program Studi, Daftar Kelas hingga Pencarian Kelas.

Daftar Fakultas dan Program Studi. Pada halaman depan (beranda) pengguna dapat menemukan daftar Fakultas dan Program Studi yang ada di UIN Alauddin Makassar. Gambar 2.1. (dalam pdf di bawah) menampilkan daftar fakultas dan program studi di UIN Alaudin Makassar.

Daftar Kelas. Pada setiap program prodi, pengguna LENTERA dapat melihat kursus (kelas) yang dibuka pada masing-masing prodi. Kelas-kelas tersebut merupakan kelas mata kuliah yang disinkronkan dengan kelas yang ada pada aplikasi SIAKA.

Pencarian Kelas. Dosen atau mahasiswa pengguna LENTERA dapat melakukan pencarian kelas dengan memasukkan nama kelas atau nama mata kuliah pada kolom pencarian, sebagaimana ditunjukan pada gambar 2.3 (di pdf). Jika nama kelas atau matakuliah ditemukan dalam pencarian, maka hasilnya akan ditampilkan seperti terlihat pada gambar 2.4 (di pdf).

PETUNJUK PENGGUNAAN LENTERA UIN UNTUK DOSEN

Lentera UIN Alauddin Makassar - UINAM, Inovasi Pembelajaran Virtual
Lentera UIN Alauddin Makassar - UINAM, Inovasi Pembelajaran Virtual 

Login. Jika ingin melakukan login atau pendaftaran pada website LENTERA UIN Alauddin Makassar (https://lentera.uin-alauddin.ac.id/), dosen dipersilahkan klik link Masuk di sebelah kanan atas dalam halaman. Sebagaimana yang ditunjukan anak panah pada gambar 3.1 (di pdf).

Masukkan username dan password SIMPEG/e-Kinerja anda untuk yang akan melakukan login. Jika login berhasil, maka akan muncul tampilan seperti gambar 3.3 (pdf).

Perbaharui Data Akun. Berikut ini ialah tahap-tahap dalam melakukan perbaruan data akun LENTERA: 1. Pertama yang harus dilakukan adalah login, pengguna akan diwajibkan untuk mengisikan email. Silahkan masukkan email anda yang aktif (diutamakan email institusi UIN Alaudin). 2. Setelah memasukkan email dosen, silahkan gulir ke bawah dan klik tombol Perbaharui Profil.

Penambahan Aktivitas/Sumberdaya. Aktivitas adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam kelas, seperti: Kuiz, Tugas, Obrolan (chat) maupun telekonfrensi. Sumberdaya adalah berbagai hal yang dapat dipergunakan dalam proses perkuliahan, seperti: Presentasi, File pdf, file ms word, Link, dll.

Langkah-langkah penambahan aktivitas/Sumberdaya di kelas adalah sebagai berikut: 1. Untuk menambahkan Sumberdaya/Aktivitas di kelas, silahkan klik tombol Roda yang ada di sebelah kanan atas. Lalu silahkan klik menu “Hidupkan Mode Ubah”. 2. Jika ingin menambah sumberdaya/ aktivitas umum (bukan per topik), silahkan klik tombol Tambahkan sebuah sumberdaya atau aktivitas.

Manajemen Aktivitas/Sumberdaya. Sumberdaya/Aktivitas yang telah dibuat dapat diubah sesuai kebutuhan dengan men-klik link Ubah. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan pada aplikasi. Untuk menyembunyikan aktivitas/sumber daya dari mahasiswa, dapat dilakukan dengan tombol Sembunyikan. Untuk menghapus aktivitas/sumber daya klik tombol Hapus.

Manajemen Absensi. Fitur absensi pada Lentera disediakan untuk memudahkan dosen memonitoring kehadiran mahasiswa setiap pertemuan. Untuk menambahkan fitur absesnsi kita dapat membuatnya dengan menambahkan aktivitas atau sumber daya baru seperti pada gambar 4. 14. Ketika kolom dialog muncul, pilih aktivitas Attendance, kemudian klik tambah. Setelah itu akan muncul halaman untuk “Menambahkan Baru Attendance”. Silakan mengisi kolom Nama dan Deskripsi seperti contoh pada gambar 4. 15

Setelah kolom nama dan deskripsi terisi, geser kebawah dan masuk ke form “Nilai” seperti pada gambar 4.16. Silakan memilih tipe nilai dan mengisi nilai maksimum. Secara default tipenya adalah “poin” dan nilai maksimum adalah “100”. Untuk kategori nilai silakan menyesuaikan apakan “tanpa kategori” atau memilih kategori nilai sesuai dengan kategori nilai yang diinput sebelumnya. Pada contoh, kategori nilai adalah “kehadiran & keaktifan”.

Saat user memilih kategori nilai, maka nilai presensi akan dihitung ke dalam kategori yang dipilih. Untuk Kolom “nilai untuk lulus” diisi jika dalam perkuliahan memiliki persyaratan minimum kehadiran. Sepert contoh misalnya kita mengisi nilai “80” berarti mahasiswa akan dinyatakan lulus jika memiliki kehadiran “80” keatas.

Setelah mengisi form nilai selanjutnya klik “Simpan dan Tampilkan. Setelah itu akan muncul halaman Absensi Kelas seperti pada gambar 4.17.

Manajemen Topik. Jika ingin menambahkan topik, dosen bisa menyunting topik yang telah dibuatkan secara otomatis yaitu topik1 s.d topik4. Pada gambar tersebut, dilakukan pengeditan “topik1” menjadi “Pertemuan1-Perkenalan”. Lalu Tekan Enter untuk menyelesaikan. Jika dosen mau menambah topik 5 dst pun bisa ditambahkan sesuai yang dibutuhkan.

Menambah File pada Topik. Kita dapat menambahkan File ke topik tersebut, dengan cara yang sama yang kita lakukan sebelumnya di bagian umum dari kelas. Tampilan penambahan file pada topik.

FITUR LENTERA UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Untuk memulai proses pembelajaran, dosen dapat mengupload materi dalam bentuk power point. Untuk mengupload klik tombol + yang terdapat di bagian kiri bawah kemudian pilih Upload Presentation seperti yang ditunjukan pada gambar 5. 1.

Untuk memilih file yang akan di upload, klik link Browse for files. Kemudian pilih file presentasi yang akan di upload.

File yang telah di pilih akan muncul di halaman seperti pada Gambar 5.3. Jika ingin menambah file yang akan di-upload kembali klik Browse for files seperti pada Gambar 5.2. Setelah selesai memilih file klik tombol Upload seperti pada Gambar 5.3.

Setelah file terupload maka akan kembali ke halaman telekonfrensi seperti pada Gambar 5.5. Dosen dapat mengatur slide presentasi dengan menekan tombol > < dan memilih slide yang akan ditampilkan pada tombol navigasi. Tampilan slide presentasi pada layar mahasiswa akan mengikuti slide yang diatur oleh dosennya.

AKTIVITAS KUIS DAN TUGAS DI LENTERA UIN ALAUDDIN MAKASSAR

KUIS. Aktivitas berikutnya yang dapat kita tambahkan ke kelas adalah Kuis. Kuis adalah kumpulan pertanyaan baik itu berupa pilihan ganda, essay, dll. Kuis bisa diatur jadwal dan waktu durasinya sesuai yang dibutuhkan. Jika ingin menambahkan, dosen bisa klik tombol “Tambahkan sebuah aktivitas atau sumber daya”. Kemudian pilih Kuis.

TUGAS. Aktivitas lain yang bisa ditambahkan adalah tugas (assignment). Tahap-tahp membuat tugas ialah melakukan penambahan aktivitas tugas seperti pada Gambar 6.17 (pdf), lalu pilih Assignment.(red)




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama