SIAM UB Universitas Brawijaya, Kampus Negeri di Kota Malang

SIAM UB Universitas Brawijaya, Kampus Negeri di Kota Malang
SIAM UB Universitas Brawijaya, Kampus Negeri di Kota Malang | Foto: freepik.com

MEDIA IPNUSIAM UB Universitas Brawijaya, Kampus Negeri di Kota Malang. Universitas Brawijaya atau UB adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bergengsi di Indonesia. UB berdiri pada tanggal 5 Januari 1963 (61 tahun). Kampus besar di Kota Malang ini sekarang telah menjadi sasaran banyak calon mahasiswa baru dengan daya tampung lebih dari 12.000 tiap tahunnya.

Mahasiswa baru Universitas Brawijaya (Maba UB) harus tahu mengenai layanan akademiknya, terutama Sistem Data Akademik Mahasiswa Universitas Brawijaya (Siam UB).

Panduan SIAM UB Universitas Brawijaya

SIAM UB merupakan layanan sistem data online buat mengelola informasi akademik mahasiswa. Di sini mahasiswa bisa mengakses bermacam layanan akademik semacam Kartu Rencana Studi (KRS), Kartu Hasil Riset/ Nilai Kuliah (KHS), info Keuangan/ pembayaran kuliah, serta aplikasi wisuda. Orang tua/ wali mahasiswa pula bisa mengakses SIAM UB buat memandang sebagian data akademik mahasiswa bersangkutan.

Data yang bisa diakses oleh orang tua/ wali mahasiswa merupakan: a. Akademik: Kartu Hasil Ujian (KHS), Jadwal Kuliah, Jadwal Tes, Absensi b. Keuangan: Info Registrasi Keuangan Buat masuk ke layanan SIAM UB untuk orang tua/ wali mahasiswa, pertama- tama buka alamat website SIAM di: siam.ub.ac.id. Buat masuk ke layanan, masukkan Username serta Password Kamu di kolom yang cocok, setelah itu klik LOGIN.

Informasi Akademik Siam UB

SIAM UB Universitas Brawijaya, Kampus Negeri di Kota Malang
SIAM UB Universitas Brawijaya, Kampus Negeri di Kota Malang | siam.ub.ac.id

Layanan yang awal timbul kala mengakses siam merupakan data akademik. Berikut merupakan taman dini layanan data akademik. Di sebelah kiri merupakan perinci mahasiswa bersangkutan, tercantum status kuliahnya (aktif ataupun tidak aktif).

Di sebelah kanan merupakan catatan layanan akademik yang bisa diakses.

a. Kartu Hasil Studi (KHS)

Kartu Hasil Studi (KHS) ialah catatan nilai mata kuliah mahasiswa. Buat memandang KHS, klik pada Kartu Hasil Studi di catatan layanan di bagian atas taman.

Di mari ditampilkan nama mata kuliah yang diambil, jumlah SKS, serta nilainya. KHS ditampilkan per semester. Buat memilah KHS pada semester tertentu, seleksi semester yang mau dilihat di sebelah atas tabel, setelah itu klik tombol Tampak.

Kamu pula bisa memilah antara semester reguler (Genap/ Ganjil) ataupun semester pendek. Buat memandang perinci nilai masing- masing mata kuliah, klik pada tombol Tampilkan di salah satu mata kuliah. Bila Kamu mengklik pada tombol Tampilkan, hingga hendak timbul jendela perinci nilai semacam berikut. Buat menutup jendela ini, klik Keluar di pojok kanan atas.

Kamu pula bisa mencetak KHS ini serta menyimpannya selaku dokumen PDF lumayan dengan mengklik pada ikon dokumen PDF ataupun ikon printer yang terdapat di atas tabel KHS.

b. Jadwal Kuliah

Buat memandang Jadwal Kuliah mahasiswa, klik Jadwal KULIAH di catatan layanan yang terdapat di atas taman. Berikut merupakan contoh Jadwal Kuliah mahasiswa.

Jadwal Kuliah yang ditampilkan merupakan buat semester dikala ini. Tabel Jadwal Kuliah menunjukkan Hari, Jam, Ruang, Nama Mata Kuliah, Kelas, Kode, serta Tahun Kurikulum yang digunakan.

c. Jadwal Tes

Buat memandang Jadwal Tes (UTS/ UAS) bisa diakses di d. Absensi Mahasiswa Buat menunjukkan absensi mahasiswa bersangkutan pada semester ini, klik ABSENSI di catatan layanan yang terdapat di atas taman.

Di tabel Absensi ditampilkan data Kode serta Nama Mata Kuliah, Kelas, Jumlah Alpha, Jumlah Ijin, Jumlah kedatangan Dosen, serta Prosentase totalitas. Absensi ini pula bisa ditaruh selaku PDF ataupun dicetak, lumayan dengan mengklik ikon dokumen PDF ataupun ikon printer di sebelah atas tabel.

Informasi Keuangan Siam UB - Universitas Brawijaya

Buat melihat Informasi Keuangan Mahasiswa, klik ikon Menu Keuangan di bagian atas taman.

Buat menunjukkan data keuangan mahasiswa, seleksi semester, setelah itu klik Tampak. Berikut merupakan contoh tabel Data Keuangan. Di tabel keuangan ini Kamu bisa memandang jumlah total tagihan masing- masing semester serta tagihan yang wajib dibayarkan di bank, serta pula rincian pembayaran.

Demikian panduan pendek pemakaian SIAM UB. Jangan kurang ingat buat melaksanakan logout dengan mengklik ikon Logout di pojok kanan atas taman tiap kali Kamu berakhir mengakses SIAM.(dh)

DOWNLOAD PDF

Baca juga: 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama