Peran IPNU IPPNU Bagi Pelajar dan Masyarakat Indonesia

Peran IPNU IPPNU Bagi Pelajar dan Masyarakat Indonesia
Suasana Kongres XX IPNU dan Kongres XIX IPPNU

MEDIA IPNU – Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) adalah organisasi pelajar. IPNU IPPNU termasuk bagian dari badan otonom (Banom) dari NU (Nahdlatul Ulama), seperti halnya Ansor, Muslimat maupun Fatayat. Peran IPNU IPPNU bagi pelajar dan masyarakat Indonesia sangat banyak dan perlu untuk diulas.

Secara keanggotaan, IPNU-IPPNU berdasarkan usia ialah 12 s.d 27 tahun. Maka bisa berarti bahwa peran IPNU-IPPNU sangat penting untuk NU di masa yang akan datang. Sebab kader IPNU IPPNU hari ini adalah pemimpin NU dalam 10 tahun kemudian.

IPNU-IPPNU, dengan jenjang kaderisasinya yang sangat tertata rapih, sangat berpotensi dan berpeluang besar untuk melahirkan para pelajar-pelajar NU yang berkualitas. Entah berkualitas sebagai akademisi dan aktivis organisatoris. Pun tentu dengan berbekal ilmu keagamaan yang mumpuni serta berdasarkan dengan akhlakul karimah.

Dalam menjawab tantangan zaman yang semakin komplek. Mulai dari kehancuran diri kemanusiaan, degradasi moral bangsa, khususnya kaum muda termasuk pelajar. Lalu lunturnya nilai-nilai luhur dari local genius (kearifan lokal). Kemudian derasnya arus informasi dari segala arah, tanpa bisa membendung lagi. Hal itu mengakibatkan perpecahan dalam setiap lapisan masyarakat. Entah itu pejabat pemerintah, pimpinan partai politik, antar pimpinan umat beragama, dan antar ormas di dunia. Maka IPNU-IPPNU adalah pilihan tepat bagi para pelajar Indonesia. Peran IPNU IPPNU bagi pelajar dan masyarakat Indonesia ada dalam hal ini.

Hal tersebut lebih khusus bagi pelajar NU untuk menambah pengetahuan tentang agama, dan menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan positif. Selain itu, juga untuk menata akhlak dan budi pekerti, berproses dalam organisasi (belajar kepemimpinan, keorganisasian, dsb.).

IPNU IPPNU dan Ummatan Wasathan 

Peran IPNU IPPNU Bagi Pelajar dan Masyarakat Indonesia
Kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama

Peran IPNU IPPNU bagi pelajar dan masyarakat Indonesia. Berorganisasi di IPNU-IPPNU juga dapat memperluas wawasan kebangsaan sebagai bekal menjadi "ummatan wasathan" sebagaimana dalam cita cita oleh sesepuh NU terdahulu.

Ummatan Wasathan atau ummat penengah adalah suatu ummat yang selalu memposisikan pribadinya sebagai penengah dari setiap permasalahan berbangsa maupun beragama.

Ketika ada kaum radikalis (katakan saja teroris) dan di lain sisi ada kaum liberal yang memahami agama dengan bebas dan sesuka hati (catatan: pembaca perlu memahami kaum radikal dan liberal secara mandiri dengan keluasan hati), maka ummatan wasathan ialah mereka yang tidak memihak sekaligus tidak memusuhi keduanya, kecuali karena Allah mengizinkan dan faktor cinta tanah air. Dan yang di musuhi bukan orangnya tetapi perilakunya.

IPNU-IPPNU di ranting-ranting dan PAC atau yang secara sosio-geografis berada di wilayah pedesaan sangat berperan penting bagi para pelajar di wilayah tersebut, yang mayoritas ialah warga nahdliyyin.

Kegiatan-kegiatan apa pun, walau pun sangat sederhana, pasti memiliki manfaat dan nilai keberkahan tersendiri. Kegiatan sholawatan, berjanjenan, pengajian, ziarah wali, silaturahim ke kediaman para kiai, pondok romadlon, dsb. pasti ada manfaatnya (ono labete), apa lagi melakukannya dengan penuh keikhlasan dan kebahagiaan.

Peran IPNU IPPNU bagi pelajar dan masyarakat Indonesia. Selain kegiatan yang berdasar kebudayaan keagamaan, IPNU-IPPNU juga memiliki berbagai kegiatan untuk menunjang pengetahuan tentang banyak hal. Mulai dari menunjang dalam hal kepemimpinan, keorganisasian, manajemen, kepanduan, wawasan kebangsaan, dsb. Misalnya: kegiatan kaderisasi Makesta, Lakmud, Lakut, Latpel, Diklatama CBP KPP, Diklatmad CBP KPP, Diklatnas CBP KPP, Diklatsar CBP KPP, Diklat Jurnalistik, dan masih banyak lagi; maka IPNU IPPNU adalah organisasi berkualitas unggul yang benar benar siap mendampingi dan melatih para putra bangsa untuk menjawab tantangan zaman.

Peran IPNU IPPNU di Era Socity 5.0

Peran IPNU IPPNU Bagi Pelajar dan Masyarakat Indonesia
Kader Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama

Peran IPNU IPPNU bagi pelajar dan masyarakat Indonesia. IPNU-IPPNU adalah dua organisasi yang besifat keterpelajaran, kekaderan, kemasyarakatan, kebangsaan dan keagamaan yang berhaluan Islam Aswaja (Ahlussunah Waljama’ah) An-Nahdliyah. Organisasi ini mempunyai peran yang sangat signifikan dalam era modern sekarang ini.

Sebagai anggota IPNU-IPPNU, merupakan sebuah kebutuhan untuk kita mengetahui peran penting IPNU-IPPNU di era modern sehingga bisa menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan rasa cinta setiap anggota kepada organisasi yang sudah berumur lebih dari setengah abad ini dengan tujuan agar IPNU-IPPNU tetap eksis dan tidak tertelan oleh zaman.

Berbagai kemajuan zaman tentu menuntut suatu perlakuan baru atas cara dan langkah yang akan di tempuh dalam menjalani kehidupan di masa sekarang. Seperti halnya pelajar masa kini yang tentu memiliki karakter dan tantangan yang berbeda perbandingannya dengan generasi sebelumnya.

Misalkan saja di era sekarang yang serba mengalami digitalisasi, merupakan sebuah dunia yang mempersempit jarak dan waktu. Generasi muda dalam hal ini pelajar terhanyut dalam lautan dunia maya.

Sudah menjadi pemandangan biasa, bahwa anak muda sekarang lebih suka menggunakan sosial media seperti facebook, twitter, wechat, dan lainnya dibanding dengan berkumpul langsung untuk melakukan suatu proses sosial secara nyata. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa era sekarang adalah seperti itu, tak mungkin dibendung, tapi lebih dalam taraf bagaimana mengelola potensi tersebut.

Peran sebuah organisasi yang riil secara sosial memang dalam keadaan menurun. Media digital telah menjadi salah satu kekuatan besar dalam membangun gerakan maupun mempengaruhi publik terhadap suatu gagasan. Hal ini terlihat dari beberapa kasus yang berawal dari ide melalui internet lebih menggunakan media sosial online, sebagai suatu cara untuk menggerakkan banyak orang.

Di sinilah awal dari bagaimana potensi ini bisa dimanfaatkan secara maksimal dalam rangka meninjau kembali peranan generasi muda khususnya pelajar NU. Dalam rangka memberikan kesadaran tentang bagaimana untuk merencanakan masa depan dirinya sekaligus mengembangkan pemikiran dan idenya dalam proses peranannya sebagai elemen masyarakat.

Garis Besar Haluan Organisasi IPNU-IPPNU

Peran IPNU IPPNU Bagi Pelajar dan Masyarakat Indonesia
Kader Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama

Salah satu organisasi yang berada di ranah pemberdayaan generasi muda ini yaitu IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) dan IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama). Organisasi yang fokus dalam upaya untuk membina pelajar, santri dan mahasiswa yang notebene adalah generasi muda NU.

Generasi muda yang memiliki kapasitas intelektualitas yang dari proses mengenyam pendidikan tentu bermuara pada suatu upaya taktis untuk menghasilkan calon-calon pemimpin masa depan.

IPNU-IPPNU yang merupakan organisasi yang bersifat “mengurus” pelajar. Aspek pengkaderan sesuai dengan khittah (visi dan misi) dan kultur keaswajaan yang meliputi bagaimana kader-kader yang menghasilkan pribadi dengan memiliki paham Ahlus Sunnah wal Jama’ah An-Nahdliyah yang mencakup aspek aqidah, syariah dan akhlak.

Peranan generasi muda yang kini mulai banyak yang melirik menjadi sinyal positif atas berlakunya suatu hukum organisasi sebagai suatu pemegang peranan penting. Hal yang penting ketika melihat peran IPNU IPPNU bagi pelajar di kancah nasional. Melalui berbagai bidang yang menjadi bakat dan minatnya menjadikan pemberdayaan secara menyeluruh menjadi tumpuan bagi peranan organisasi dalam melihat peluang ini.

Peran IPNU IPPNU bagi pelajar dan masyarakat Indonesia. Garis haluan IPNU-IPPNU yang menjadi “anak” dari Nahdlatul Ulama merupakan faktor yang harus mulai di kembalikan lagi. Di samping tetap memperluas cakupan pengkaderan.

Tindak lanjutnya dapat di berikan dalam melihat peluang akan peranan intelektual muda dalam membangun bangsa melalui pengembangan soft skills dan juga penggemblengan secara organisasi. Daya tarik IPNU-IPPNU yang unik dan khas harus tetap dimunculkan seperti kultur keagamaan ala NU.

Para pelajar yang terus mengalami proses belajar baik secara akademik maupun organisatoris yang akan mampu membangun suatu mental sosial secara memadai. Perjuangan segera dimulai. Bergandengan tangan untuk menunjukkan kualitas dari kader muda NU. Hingga akhirnya dapat menjadikan IPNU-IPPNU menjadi organisasi kepelajaran yang dapat menunjukkan kiprah riilnya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Peran IPNU-IPPNU di Era Modern

Peran IPNU IPPNU bagi pelajar dan masyarakat Indonesia. IPNU-IPPNU sebagai organisasi untuk memfilter informasi negatif dari era modern. Kita tahu bahwa era modern atau bisa menyebut era globalisasi merupakan sebuah era di mana tempat bukan lagi penghambat/penghalang kita untuk mendapat informasi. Informasi bisa kita dapat dengan sangat mudah di era ini. Tapi, tidak semua informasi itu bagus.

Banyak sekali informasi yang seharusnya tidak diinformasikan, contohnya video video yang tidak layak untuk ditonton, dan masih banyak lagi. Dan dengan ikut organisasi yang berhaluan aswaja insya Allah bukan tidak mungkin kita bisa menyaring, memilih, mengambil mana info yang baik dan tidak

IPNU-IPPNU Benteng dari Radikalisme

Peran IPNU IPPNU bagi pelajar dan masyarakat Indonesia. Baru baru ini banyak sekali aliran baru yang bermunculan yang membawa nama islam tapi berjiwa teroris. Mereka jihad menggunakan bom. Kebanyakan mereka merekrut pelajar. Dan peran IPNU-IPPNU di sini adalah sebagai benteng agar kita mempunyai fondasi ajaran ahlussunnah wal jama’ah yang kuat sehingga kita tidak mudah terpengaruh oleh aliran aliran baru tersebut.

IPNU-IPPNU sebagai Wadah Silaturrahmi

Peran IPNU IPPNU bagi pelajar dan masyarakat Indonesia. Era modern adalah era dimana tak ada jarak negara timur dan barat. Budaya timur  khususnya Indonesia dan barat banyak yang berbeda. Karena era modern ini, banyak sekali orang orang meniru budaya mereka seperti individualisme, lo lo gue gue, I dont care dan semacamnya. IPNU-IPPNU bisa mengatasi hal ini, dengan cara mengadakan runtinan, bukan kata lo lo gua gua melainkan kita adalah satu karena kita IPNU-IPPNU.

Peran IPNU IPPNU Bagi Pelajar Indonesia

Bicara mengenai peran IPNU IPPNU bagi pelajar Indonesia sangat panjang. Poinnya, peran IPNU IPPNU bagi pelajar bisa melatih skill. Selain itu, peran IPNU IPPNU bagi pelajar juga bisa meningkatkan jaringa. Di sisi lain, peran IPNU IPPNU bagi pelajar juga bisa menambah kawa. Tak hanya itu, peran IPNU IPPNU bagi pelajar panting untuk memperluas wawasan. 

Peran IPNU IPPNU bagi pelajar juga bisa menambah jiwa kebangsaan. Sebab, peran IPNU IPPNU bagi pelajar bisa memberikan pemahaman tentang nasionalisme dan nilai-nilai Pancasila. Kemudian, peran IPNU IPPNU bagi pelajar juga melatih public speaking. Lalu, peran IPNU IPPNU bagi pelajar juga bisa branding personal. Dan yang terakhir, peran IPNU IPPNU bagi pelajar bisa menambah keberkahan dalam menjalani kehidupan.(sd)

Temukan pula artikel menarik Media IPNU di Google News

Baca juga:

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama