IPNU Batang Ingatkan Pemuda Tak Lupakan Sejarah

IPNU Batang Ingatkan Pemuda Tak Lupakan Sejarah
IPNU Batang Ingatkan Pemuda Tak Lupakan Sejarah

MEDIA IPNU - IPNU Batang Ingatkan Pemuda Tak Lupakan Sejarah. Kemerdekaan Indonesia yang telah diraih merupakan hasil perjuangan para pahlawan bersama para ulama dan santri.

Hal itu yang terus digelorakan seluruh anggota Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Batang kepada pemuda, agar tidak melupakan sejarah bangsa dengan menggelar pengajian kebangsaan.

Ketua Panitia Pengajian Kebangsaan, Muhammad Hisyam mengatakan, kegiatan ini digelar agar pelajar dan pemuda terus mengingat jasa dan perjuangan pahlawan.

“Acara ini digelar di sini agar suasana perjuangan makin kental. Mereka lebih memahami bahwa semua yang didapat sekarang ini berkat pengorbanan pahlawan dan supaya meneruskan perjuangan dengan kompetensinya,” ungkapnya saat membuka pengajian kebangsaan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kadilangu, Kabupaten Batang, Sabtu (26/11/2022).

Untuk menambah kental aura perjuangan, anggota IPNU dan IPPNU menggelar kirab dimulai dari Makam Astana Pasekaran dan Berakhir di TMP Kadilangu.

Menariknya ditampilkan pula tari Babalu oleh anggota IPNU yang menggambarkan perjuangan masyarakat Batang.

“Tari tersebut digunakan sebagai media pertemuan para pemuda untuk menyusun rencana penyerbuan ke kaum kolonial. Di akhir tarian, seorang penari akan melempar selembar kain sebagai tanda dari arah mana para pejuang harus menyerbu ,” bebernya.

Dalam tausiah kebangsaannya, Ustaz Nur Komar menyampaikan bahwa perjuangan yang diraih, ada kontribusi luar biasa dari para ulama dan santri.

“Jika dulu Mbah KH. Muhammad Hasyim Asy’ari tidak mengeluarkan seruan Resolusi Jihad 22 Oktober 1945, mana mungkin peristiwa 10 November 1945, akan meletus dan mampu mengusir penjajah dari Kota Surabaya,” tandasnya.

Baca juga: Forum Media IPNU

IPNU Batang Ingatkan Pemuda Tak Lupakan Sejarah. Ini IPNU Batang Ingatkan Pemuda. Info IPNU Batang. IPNU Batang.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama