Komitmen Berorganisasi Kader IPNU IPPNU, Refleksi Prinsip Komunikasi dan Kolaborasi

Komitmen Berorganisasi Kader IPNU IPPNU, Refleksi Prinsip Komunikasi dan Kolaborasi
Dok. Latin-Latpel PC IPNU IPPNU Ponorogo Jatim

MEDIA IPNU – Di era serba penuh percepatan kali ini kita sudah bukan lagi dalam arena kompetisi, melainkan masa kolaborasi. Maka artikel kali ini akan membagikan judul ‘Komitmen berorganisasi kader IPNU IPPNU, refleksi prinsip komunikasi dan kolaborasi’.

Organisasi secara umum diartikan dengan sekumpulan orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan bersama. Pengertian ini sangat pantas disandingkan dengan IPNU dan IPPNU sebagai organisasi keterpelajaran.

IPNU dan IPPNU memiliki tujuan yang sama pula dalam melakukan pembinaan generasi muda (pelajar) menuju generasi yang lebih baik kedepan. Ketika dikatakan bahwa organisasi adalah kumpulan beberapa orang, maka jelas haruslah ada komunikasi dan kolaborasi (internal) dalam organisasi tersebut.

Lantas, bagaimana komunikasi dan kolaborasi itu bisa terbangun dan berjalan secara efektif?

Dalam hal ini, komunikasi dan kolaborasi sejatinya menjadi prinsip dalam berorganisasi tapi juga menjadi problem tersendiri untuk berjalannya sebuah organisasi ketika organisasi tidak memiliki komunikasi dan kerjasama yang baik. Tantangan membangun komunikasi dan kolaborasi inilah dalam beberapa organisasi belum bisa terlaksana dengan baik.

Ego seorang anggota, tidak adanya keterbukaan informasi, donimasi seorang, manajerial yang lemah, ketidakpahaman atas tugas, dan lain sebagainya menjadi contoh kecil beberapa faktor penyebabnya. Disinilah, komunikasi dan kerjasama harusnya menjadi prinsip pada setiap agent dari organisasi tersebut.

Dalam kerangka struktural, organisasi pastinya memiliki Pimpinan. Tugas pimpinan inilah yang harus mampu menjadi media komunikator antar anggota atau pengurus dalam berorganisasi. Namun, dalam beberapa kasus – di IPNU dan IPPNU misalnya – Pimpinan atau ketua seolah “dikulstuskan” menjadi ujung segala hal. Ketika seperti ini, pertanyaan yang muncul adalah bagaimana komitmen berorganisasi (red. Komunikasi dan Kerjasama)?

Kinerja kolektif kollegial (ikatan dan interaksi yang dilakukan bersama-sama) seharusnya telah terbangun menuju efektifitas program-program organisasi yang telah direncanakan. Organisasi harus mampu membaca peta kerja sekaligus arah kerja, dan pembagian kerja. Pembagian kerja (Tugas, pokok, dan fungsi) inilah yang nantinya bisa mengefektifkan program kerja dari sebuah organisasi.

Dalam langkah teknisnya, biasanya dalam sebuah organisasi akan dicabangkan menjadi beberapa divisi garapan, contoh; tata kelola administratif, pengembangan organisasi dan sumberdaya manusia, sosial, kebudayaan, dan beberapa divisi-divisi yang lain sesuai kebutuhan terhadap peta kerja yang telah disusun.

Dengan demikian, kiranya kita mulai dari mempertanyakan pada diri kita masing-masing akan komitmen kita dalam berorganisasi. Sebagai organisasi besar IPNU dan IPPNU telah kenyang terhadap dinamika yang ada. Hal ini menunjukkan kekuatan IPNU dan IPPNU itu sendiri. Terbukti bertahan sampai pada 69 tahun IPNU dan 68 tahun IPPNU (per tahun 2023).

Kematangan usia inilah yang harusnya menjadi refleksi pada generasi hari ini, untuk benar mampu melanjutkan berjalannya organisasi ke depan dengan lebih baik. Komunikasi dan kolaborasi jika diperluas lingkupnya tidak hanya sebatas internal. Namun, juga eksternal.

Lantas, bagaimana bisa jika komunikasi dan kolaborasi di internal saja masih belum teratasi, malah kita hendak memperluas garapan di luar organisasi?

Penulis: KP

NB: Artikel ini telah disunting oleh Redaksi Media IPNU. Sebelumnya artikel ini berjudul “Menanya Komitmen Berorganisasi: Refleksi Prinsip Komunikasi Dan Kerjasama Dalam Organisasi” dan telah rilis di situs Pelajar NU Ponorogo pada tanggal 8 Juli 2023.

Baca juga:  cakarif.my.id

Komitmen Berorganisasi Kader IPNU IPPNU, Refleksi Prinsip Komunikasi dan Kolaborasi. Ini Komitmen Berorganisasi Kader IPNU IPPNU, Refleksi Prinsip Komunikasi dan Kolaborasi. Info Komitmen Berorganisasi Kader IPNU IPPNU, Refleksi Prinsip Komunikasi dan Kolaborasi. Tentang Komitmen Berorganisasi Kader IPNU IPPNU. Ini Komitmen Berorganisasi Kader IPNU. Komitmen Berorganisasi Kader IPNU.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama