Waduh! Website Resmi PP IPPNU Tidak Dapat Dijangkau?

Waduh! Website Resmi PP IPPNU Tidak Dapat Dijangkau?
Tangkapan Layar

MEDIA IPNU -  Waduh! Website Resmi PP IPPNU tidak dapat dijangkau? Apa masalahnya? Apakah kena hack oleh Bjorka? Atau memang tidak ada yang mengelolanya?

Karena Ketua Umum Terpilih Whasfi Velasuffah masih sibuk dengan agenda-agenda lain, mungkin ia kelupaan kalau ada satu hal kecil yang perlu dirawat: Website Resmi PP IPPNU (www.ippnu.or.id).

Sebagai Ketum baru, itu adalah hal yang lumrah. Namun, jangan sampai hilangnya situs resmi IPPNU Pusat ini malah menjadi bumerang baginya.

Di era serba canggih ini, website adalah salah satu penyedia layanan informasi yang efektif. Apa lagi IPPNU adalah organisasi pelajar dengan anggota yang sangat banyak. Jika tidak ada website, maka dikhawatirkan akan ada informasi penting yang tidak tersampaikan.

Website juga merupakan ‘warisan’ dari kepengurusan sebelumnya yang perlu dikelola agar selalu aktif. Berbagai dokumentasi jejak digital ada di dalamnya. Jangan sampai capaian-capaian yang dulu telah terukir bisa hilang begutu saja.

Berdasarkan penelusuran tim, domain status ippnu.or.id berada pada masa pending delete redemption period. Itu artinya, domain sudah tidak aktif (memasuki masa tenggang). Jika dalam waktu 30 hari (sejak waktu tenggang) tidak diperpanjang, maka domain akan terhapus.

Domain yang terhapus registrasinya, maka akan masuk ke pasar. Siapa pun bisa membeli domain tersebut untuk dijual ulang dengan harga yang lebih fantastis. Keputusan ada di tangan Ketua Umum. Segera memperpanjangnya, atau memilih kehilangan.

Kemungkinan Domain Baru

Mungkin pihak PP IPPNU memang sengaja tidak memperpanjang domain ippnu.or.id. Walau pun kemungkinan ini sangat kecil, sih. Selain itu, apa gunanya sengaja tidak memperpanjang masa aktif domain? Justru hal itu akan merugikan organisasi.

Domain ippnu.or.id sudah cukup lama. Jika dicek melalui situs PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia), domain tersebut sudah berusia 3 tahun. Domain ippnu.or.id sudah terdaftar sejak 11 Oktober 2019.

Waduh! Website Resmi PP IPPNU Tidak Dapat Dijangkau?
Sumber Informasi: PANDI

PP IPPNU bisa mengganti domain menjadi ippnu.id sebagai alternatif. Namun, hal tersebut akan memakan waktu dan tenaga lagi untuk menata ulang agar ter-index oleh google. Selain itu, ini akan menjadi pembelajaran tidak baik untuk kepengurusan di bawah, karena harus ganti domain sebab ganti masa kepemimpinan.

Seluruh kader IPPNU berharap yang terbaik untuk organisasi. Situs resmi IPPNU Pusat harus segera ditangani dan kembali dikelola dengan baik. Semoga! Salam Berjuta!(*)

Baca juga: Forum Media IPNU

Waduh! Website Resmi PP IPPNU tidak dapat dijangkau? Ini Waduh! Website Resmi PP IPPNU tidak dapat dijangkau? Kenapa Waduh! Website Resmi PP IPPNU tidak dapat dijangkau? Waduh! Website Resmi PP IPPNU tidak dapat dijangkau?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama