Kader IPPNU Pati Juara III Dalam Ajang MSLA 2022 Kemenag RI

Kader IPPNU Pati Juara III Dalam Ajang MSLA 2022 Kemenag RI
Lomba Madrasah Student Leadership Award (MSLA) 2022

MEDIA IPNU - Kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Pati, Fathul Hidayah, berhasil meraih prestasi Juara III dalam ajang Lomba Madrasah Student Leadership Award (MSLA) 2022 Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Dalam lomba tersebut, Fathul Hidayah yang merupakan Ketua PAC IPPNU Kecamatan Margoyoso berpartisipasi sebagai delegasi dari MA Salafiyah Kajen, Pati, Jawa Tengah.

Rekanita Fathul Hidayah ini merasa sangat bersyukur atas prestasi yang berhasil dicapainya. Hal tersebut tidak lain berkat kegigihan yang selama ini digelutinya sebagai siswa yang aktif baik di dalam madrasah maupun di luar madrasah.

Seperti di Dewan Ambalan MA Salafiyah, KPPS MA Salafiyah, PK IPPNU MA Salafiyah, Karang Taruna Desa Tegalarum, PAC IPPNU Kecamatan Margoyoso, dan PC IPPNU Kabupaten Pati, DKC Pati, dan masih banyak yang lainnya.

MSLA tahun 2022 merupakan kali kelima ajang pemberian penghargaan bagi siswa terbaik yang diadakan oleh Direktorat Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Acara ini digelar sebagai bentuk penguatan leadership dan karakter siswa untuk menjadi pemimpin dan agen perubahan pembangunan SDM Indonesia yang berkualitas dan berkarakter di masa mendatang. Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari siswa/siswi Madrasah Aliyah yang aktif menjadi pengurus OSIS/OSIM.

Kader IPPNU Pati Juara III Dalam Ajang MSLA 2022 Kemenag RI
Fathul Hidayah Juara III MSLA 2022

Untuk mencapai juara III, Hidayah harus melalui beberapa ketentuan lomba yang harus diikuti. Pertama, tahap seleksi administrasi dan seleksi esai tentang sosok pemimpin yang ideal.

Kedua, training leadership yang berlangsung setelah adanya proses seleksi dalam tiga Zonasi yakni Zona I (Sumatera, Gorontalo dan Sulawesi Tenggara) di Bogor, Zona II (Jawa, Bali, NTB dan Sulawesi Tengah) di Yogyakarta, dan Zona III (Kalimantan, Sulawesi, NTT dan Papua Barat) di Tangerang .

Ketiga, Grand Final Lomba MSLA yang melibatkan perwakilan terbaik sebanyak 35 peserta dari berbagai zona yang diselenggarakan di Hotel Padjajaran, Bogor, pada tanggal 08-11 November 2022.

Pada saat namanya disebut masuk dalam nominasi tiga besar, Hidayah masih tidak menduga bahwa dirinya bisa memperoleh prestasi tersebut. Pasalnya ia mengaku bahwa dirinya hanya seorang pelajar yang berasal dari kampung atau desa yang bersekolah di madrasah swasta. Namun hal tersebut nyatanya tidak menjadi penghalang bagi Hidayah untuk terus berprestasi dan berjuang hingga akhirnya berhasil mendapatkan Juara III.

Sebelum penyerahan juara, Hidayah diberikan pertanyaan oleh Direktur Jenderal Ditjen Pendis Prof Dr Muhammad Ali Ramdhani STP MT tentang apa itu arti pemimpin.

"Pemimpin menurut saya adalah berasal dari bahasa Arab 'Khilafah'. Khulafa' artinya pengganti. Jadi menurut saya pemimpin adalah seseorang yang diberikan amanah oleh Allah SWT untuk menjadi khalifah atau pengganti-Nya di muka bumi. Karena sesungguhnya kita ini diciptakan adalah untuk menjadi seorang pemimpin. Dan kita adalah pemuda yang akan menjadi pemimpin di masa depan, syubbanul yaum rijalul ghod," jawab Hidayah.

Hidayah sangat senang saat menjawab pertanyaan dari Dirjen Ditjen Pendis tersebut. Karena Prof Ali Ramdhani ternyata merupakan sosok senior di PP IPNU yang tercatat pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama pada tahun 1996 – 2000.

"Nanti saya boleh minta foto dengan Bapak, senior di IPNU dulu sebagai Wasekjen," begitu pintanya usai menjawab pertanyaan dari Dirjen Ditjen Pendis Kemenag RI.

Saat dimintai keterangan pada Sabtu, (12/11) melalui sambungan telepon, Hidayah mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT dan terima kasih kepada berbagai pihak.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dan bangga dengan hasil yang didapat. Saya berterimakasih kepada sang pemilik semesta Allah SWT dan orang-orang baik yang selalu menemani, mendoakan, dan menjadi penguat di setiap langkah yang saya tempuh," terangnya dengan nada penuh gembira.

Hidayah berharap dengan adanya momentum ini semoga dapat menginspirasi dan bisa memicu semangat rekan-rekanita pelajar NU di Kecamatan Margoyoso khususnya dan di Kabupaten Pati umumnya agar lebih giat lagi dalam berkhidmah di Nahdlatul Ulama sembari mengukir prestasi yang gemilang di sekolahannya masing-masing.(*)

Baca juga: Forum Media IPNU

Kader IPPNU Pati Juara III Dalam Ajang MSLA 2022 Kemenag RI. Ini Kader IPPNU Pati Juara III Dalam Ajang MSLA 2022 Kemenag RI. Info Kader IPPNU Pati Juara III Dalam Ajang MSLA 2022 Kemenag RI. Jika Kader IPPNU Pati Juara III Dalam Ajang MSLA 2022 Kemenag RI. Maka Kader IPPNU Pati Juara III Dalam Ajang MSLA. Jadi, Kader IPPNU Pati Juara. Misalnya, Kader IPPNU Pati Juara. Tentang Kader IPPNU Pati Juara. Namun, Kader IPPNU Pati Juara. Jadi Kader IPPNU Pati. Andai Kader IPPNU Pati. Tentang Kader IPPNU. Jika Kader IPPNU. Kader IPPNU.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama