Tekankan Profesonalitas Sejak Dini, IPNU IPPNU ITSNU STAIS Pasuruan Gelar Pelatihan Public Speaking

Tekankan Profesonalitas Sejak Dini, IPNU IPPNU ITSNU STAIS Pasuruan Gelar Pelatihan Public Speaking

MEDIA IPNU
– Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) ITSNU STAIS Pasuruan mengelar Rencana Tindak lanjut (RTL) I Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) V di gedung Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pasuruan, Sabtu (06/11).

Kegiatan tersebut diisi dengan diskusi mengenai teori public speaking. Ketua PKPT IPNU ITSNU STAIS Pasuruan, Akbarruddy Muzakky, mengatakan akan pentingnya menentukan tujuan public speaking khususnya untuk mahasiswa.

“Memulai belajar public speaking yakni menentukan arah bicaranya mau seperti apa agar hasilnya jelas. Misal ingin ke arah pidato, ya, belajar pidato jangan belajar MC, dan lain sebagainya. Belajar professional sejak sedini mungkin,” ujarnya.

Akbar, sapaan akrabnya, berharap kader PKPT IPNU IPPNU ITSNU STAIS Pasuruan bukan hanya belajar melainkan kalian harus juga bisa berkarya, Karena menjadi mahasiswa harus bisa mengmbangkan potensi kreativitas diri masing-masing dan yang terakhir juga harus bisa mengabdi kepada IPNU IPPNU maupun NU.

“Nikmati alurnya terus berproses mari kita bersama-sama belajar berjuang dan bertakwa,” terang mahasiswa ITSNU STAIS Pasuruan tersebut memberi semangat.

Disamping itu, Abdurrahman Al Fatih selaku pemateri mengatakan bahwa public speaking adalah suatu hal yang yang harus dikuasai oleh setiap orang di manapun ia berada.

“Awalnya kita dipaksa, dan terpaksa, lalu menjadi terbiasa untuk bebicara di depan umum,” ujarnya.

Lebih lanjut Mahasiswa ITSNU STAIS Pasuruan itu menjelaskan tujuan dari public speaking adalah menyatakan informasi yang penting bagi audien dan yang paling penting adalah melatih mental.

“Dengan ber-public speaking kalian bisa menghibur dan mempengaruhi audien,”ujarnya.

Dikatakan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menumbuhkan rasa percaya diri. “Setelah rasa percaya diri sudah meningkat, kualitas public speaking juga akan meningkat,”imbuhnya.

Adapun cara public speaking yang benar adalah pertama kuasai materi, kenali audien, susun poin-poin penting, lakukan interaksi dengan audien dan yang paling penting adalah percaya diri.

“Orang-orang yang memiliki public speaking bagus adalah yang sudah mempersiapkan dirinya baik segi materi dan mentalnya,”tutupnya.(mf/dh)

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama