IPNU IPPNU Tambak Banyumas Ikuti Ngaji Kilatan Ramadhan

IPNU IPPNU Tambak Banyumas Ikuti Ngaji Kilatan Ramadhan

MEDIA IPNUPimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Tambak, turut hadir dalam kegiatan ngaji kilatan yang diadakan Majelis Al Adzifi di Desa Pesantren Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (02/04/2022).

Kegiatan ngaji dimulai sejak malam pertama bulan suci Ramadhan 1443 H sampai selesai.

Kholis, salah satu santri di Majelis Al Adzifi mengatakan kajian kilatan kali ini diikuti oleh sekitar 25 orang yang terdiri dari anggota IPNU IPPNU Tambak Banyumas dan santri Al Adzifi.

“Kitab yang dikaji adalah kitab Asrorus Shoum (Rahasia Puasa) yang merupakan kitab nukilan dari kitab Ihya ‘Ulumuddin karya Imam Ghozali,” kata Kholis.

Sangat penting bagi kita untuk mengetahui rahasia-rahasia dalam puasa, agar kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan mantap dan dengan tujuan yang pasti.

“Pemandangan yang langka dimana para remaja dizaman milenial seperti ini masih ada yang mau mengaji secara tradisional, kecualai di pesantren,” jelasnya.

Kajian kilatan ini dilaksanakan dengan metode asah kitab. Para peserta kajian kilatan akan diberi kitab dan akan dimurodi (dimaknai) ala pegon jawa sesuai dengan makna yang dibacakan oleh sang guru sebelum diterangkan oleh guru dan dibahas bersama sama.

Ngaji kilatan adalah hal yang sangat familiar di dunia pesantren. Momen inilah yang sering digunakan oleh berbagai santri untuk merasakan Ilmu baru dari pesantren yang lain, sebab banyak dari mereka yang bukan dari pesantren yang bersangkutan.(dh)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama