PW IPNU Sumatera Utara Gelar Jumat Berbagi, Walau Sekadar Nasi Bungkus

PW IPNU Sumatera Utara Gelar Jumat Berbagi, Walau Sekadar Nasi Bungkus

MEDIA IPNU – Beragam komunitas masyarakat di Kota Medan Sumatera Utara tergerak untuk membantu sesama dengan membagikan makanan gratis, termasuk Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Sumatera Utara. Ratusan makanan siap saji dibagikan rutin setiap jumat setelah selesai sholat.

“Hari ini, kita bagikan 50 nasi bungkus dengan menu ayam goreng, tempe goreng, dan buah, Semoga kegiatan Jumat Peduli ini bisa mencakup sejumlah lokasi di Simpang Jalan UNIMED,” terang Sekretaris PW IPNU Sumatera Utara, Soeandi Malik yang kegiatan rutin Jumat berkah, Jumat (01/04/2022).

Kegiatan berlangsung di jalan William Iskandar / Pancing, Kec. Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara 20222.

PW IPNU Sumatera Utara merupakan gabungan dari anggota Kader IPNU dan Pengelola menggagas kegiatan Jumat Peduli Berkah. “Dana yang diberikan dari para donatur disalurkan lagi ke warga yang membutuhkan melalui pemberian nasi box agar bisa membantu saudara kita bagikan ke seluruh masyarakat yang melintas seperti abang grab/ojol, penari becak dll. gratis,” ujarnya.

Soeandi Malik juga menyampaikan keutamaan bersedekah di hari Jumat ini bahkan telah dijelaskan secara langsung dalam hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Shaybah.

Bersedekah di hari Jumat bahkan dikatakan akan diganjar dengan pahala yang berlipatganda.

“Sodaqoh itu akan dilipatgandakan di hari Jumat dan makna sodaqoh adalah semua tidak terkecuali,” Hadits Riwayat Ibnu Abi Shaybah.

Jika dijabarkan secara terperinci, ada enam keutamaan yang bisa didapatkan dari bersedekah, terutama berbagi makanan di hari Jumat:

1. Pahala Berlipat
Mengingat hari Jumat dikatakan sebagai hari terbaik, maka banyak ulama yang mengatakan semua pahala dan ganjaran akan dilipatgandakan di hari Jumat. Hal ini juga termasuk bersedekah di hari Jumat yang pahalanya akan dilipatgandakan. Allah SWT akan menambahkan rezeki bagi siapa saja yang ingin bersedekah. Bahkan Rasulullah SAW bersabda, “Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”.

2. Memudahkan Rezeki
Sedekah di hari Jumat niscaya akan memberikan pertolongan yang tidak akan pernah bisa diduga. Tidak akan membuat seseorang jatuh miskin, bersedekah justru dikatakan mampu mendatangkan rezeki yang lebih banyak lagi.

“Barangsiapa yang bersedekah dengan senilai satu butir kurma dari hasil usaha yang halal dan Allah tidak menerima kecuali yang halal, maka Allah menerima dengan tangan kananNya. Kemudian Allah SWT mengembakbiakkan sedekah itu untuk orang yang bersedekah. Seperti salh satu diantara kalian mengambakbiakkan anak kudanya sehingga semakin banyak sampai seperti gunung,” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

3. Keistimewaan
Sedekah pada hari Jumat dikatakan jauh lebih mulia dibandingkan dengan hari lain. Bahkan perbandingan sedekah di hari Jumat diibaratkan seperti sedekah di bulan Ramadhan dengan sedekah di bulan yang lain.

“Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lainnya adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan dengan sedekah di bulan-bulan lainnya,” kata Ibnu Qayyim.

5. Memperkuat Keimanan
Ibadah merupakan sebuah bentuk pengabdian seorang hamba kepada Allah SWT. Termasuk bersedekah dengan memberikan makanan kepada orang lain di hari Jumat.

Bersedekah dengan niat beribadah di hari Jumat dikatakan akan semakin menumpuk keimanan seseorang kepada Allah SWT. Bersedekah di hari Jumat dengan niat beribadah karena Allah SWT juga dikatakan akan mempertebal ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT.

6. Mengikat Tali Silaturahmi
Sebagai makhluk sosial, sudah sewajarnya manusia yang satu dengan manusia yang lainnya saling membantu. Memberikan sedekah kepada mereka yang membutuhkan merupakan suatu praktik kehidupan bersosial yang sangat mulia.

Kesulitan tidak bisa diprediksikan kapan akan datang dan melanda. Bersedekah, terutama di hari Jumat dikatakan akan mampu menambah keluarga baru, kerabat baru dan bahkan hingga teman baru yang mungkin akan dibutuhkan kelak.

“Bersama PW IPNU Sumatera Utara lainnya, tidak terasa kegiatan ini sudah berjalan selama 15 pekan kurang lebih. Setiap bulannya, mendapatkan dukungan dari para donatur lainnya. Alhamdulillah jumlah nasi bungkus yang dibagikan terus bertambah. Semoga bisa memberikan manfaat untuk banyak orang,” pungkasnya.

Kontributor: Soeandi Malik 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama