Duta Genre Jatim 2022 Diraih Kader IPNU Mojokerto Mohamad Fawaid

Duta Genre Jatim 2022 Diraih Kader IPNU Mojokerto Mohamad Fawaid
Duta Genre Jatim 2022 Diraih Kader IPNU Mojokerto Mohamad Fawaid

MEDIA IPNU - Kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) asal Kota Mojokerto Mohamad Fawaid, baru saja meraih prestasi sebagai Duta Genre Inspirator Provinsi Jawa Timur (Jatim). Penganugerahan duta Genre Inspirator Jatim tersebut diselenggarakan di Royal Plaza Surabaya, Sabtu (11/06/2022). Fawaid pun merupakan pria yang multitalenta dengan segudang prestasi yang ia sandang.

Fawaid adalah mahasiswa Universitas Terbuka Pokjar Al Khodijah Kota Mojokerto jurusan manajemen. Dirinya mengaku ingin memperoleh pengalaman mengenai kesehatan remaja, sekaligus membuktikan bahwa para santri juga dapat bersaing di bidang formal.

“Saya menjalani karantina selama 2 hari pada Kamis hingga Jumat (09-10/06/2022) di Hotel Suites Surabaya. Dan grand finalnya di Royal Plaza Surabaya,” katanya, Selasa (14/06/2022).

Menurut Mohamad Fawaid, proses seleksi yang pertama ialah desk audit yang diikuti 38 kota/kabupaten se-Jatim. Lalu yang kedua, diambil 21 besar. Kemudian mengikuti seleksi daring pada tanggal 10 hingga 20 Mei 2022. Terakhir, diambil tahap 10 besar yang seleksinya berlangsung secara offline di Kota Surabaya.

“Dari 10 besar diambil 3 juara putra dan  putri berpasangan dan 3 juara atribut yaitu duta genre sosial media inspiratif, duta genre influencer, dan duta genre media inspirator,” terangnya.

Pengurus Departemen Dakwah Pimpinan Cabang (PC) IPNU Kota Mojokerto ini mengatakan bahwa faktor pendukungnya adalah orang tua, lalu yang kedua ialah kyainya, yaitu: KH Agus Muhamad Gufron, Pengasuh Ponpes Dakwatul Hikmah Wringinrejo, Sooko, Mojokerto.

“Saya yang merupakan keluarga kecil dan hidup sangat sederhana ingin sekali mengangkat derajat orang tua melalui kompetisi ini,” ucapnya.

Fawaid menyampaikan tips dan trik jikalau ingin seperti dirinya. Pertama adalah usaha dan doa haruslah seimbang. Pada perihal usaha harus dilakukan dengan semangat yang tinggi, laludoa mesti dilakukan dengan ikhlas dan tulus. Kemudian yang kedua, tetap berbuat baik kepada sesama dan melaksanakan itu semua dengan penuh kedisiplinan.

“Semoga bisa menjadi remaja yang bisa memberikan motivasi kepada remaja dan masyarakat sekitar tentang kesehatan remaja agar apa yang di cita-citakan dalam progam genre tercapai,” tandasnya.

Kader IPNU kelahiran Mojokerto 02 Februari tersebut berharap, seluruh santri di Indonesia terus dan bersyiar di jalannya masing-masing seperti di duta genre ini.

“Janganlah merasa minder tentang background yang agamis, tapi justru itu menjadikan suatu keistimewaan yang harus di tunjukkan,” pungkasnya.

Ragam Prestasi

Berkat talentanya yang beragam tersebut, Mohamad Fawaid berhasil menyabet beragam penghargaan, mulai tingkat kabupaten hingga provinsi. Antara lain yaitu: , juara 1 MTQ Remaja Pemkot Mojokerto, juara 1 imam se-Kota Mojokerto, dan juara 1 lomba Pramuka se-Kota Mojokerto.

Kemudian juga pernah meraih penghargaan siswa teladan MTs Nurul Jadid, juara 2 MTQ Milad MAN Kota Mojokerto, juara 2 dan 3 shalawat religi Gema FM Kota Mojokerto.

Berikutnya, Mohamad Fawaid pernah meraih juara 1 MTQ Aksioma Kota Mojokerto, juara 1 banjari tingkat pelajar SMKN 1 Kota Mojokerto, juara 2 MTQ Kota Mojokerto, dan juara 2 Fesban Cosmic se-Jawa Timur.

Selanjutnya ia pernah juara 2 Fesban MBI Amanatul Ummah se-Jawa timur, Juara 2 MTQ Unisma Mojokerto Raya, juara 3 Fesban MBF Amanatul Ummah se-Jawa Timur, termasuk juara 2 dai daiyah MUI Kota Mojokerto, dan juara 4 MTQ Unisma Kota Mojokerto.

Kemudian di bidang lain, ia terpilih sebagai juara 1 Duta Genre Putra Kota Mojokerto, juara Genre Media Inspirator Provinsi Jatim 2022, dan Duta Baca Persahabatan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Mojokerto,

Sementara mengenai riwayat pendidikan formalnya dimulai dari TK Islam Nurul Huda Kota Mojokerto, MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto, hingga MAN Kota Mojokerto. Untuk pendidikan non formal, yaitu: Pondok Pesantren Dakwatul Hikmah Wringinrejo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.(dh)

Baca juga: 

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama