Siakad UM - Universitas Negeri Malang, Detail Info dan Tutorial

Siakad UM - Universitas Negeri Malang, Detail Info dan Tutorial
Siakad UM - Universitas Negeri Malang, Detail Info dan Tutorial | instagram @farahffaa

MEDIA IPNU -  Siakad UM - Universitas Negeri Malang, Detail Info dan Tutorial. Siakad UM (Sistem Informasi Akademik – Universitas Negeri Malang) menjadi salah satu laman yang wajib dikunjungi oleh seluruh mahasiswa UM. Siakad UM merupakan sistem online yang memiliki banyak fungsi untuk seluruh civitas akademika. Berikut ini mengenai detail informasi dan tutorial Siakad UM.

SURVEI (Menu Siakad UM)

Menu survei ini digunakan untuk mengisi berbagai survei yang ada. Survei bisa berlaku bagi Dosen, Mahasiswa, Tenaga Kependidikan, Alumni, Pengguna, dan Mitra dari Universitas Negeri MalangContoh Survei yang tersedia untuk mahasiswa misalnya, sebagai berikut:

Instrumen ini ditujukan untuk menilai tingkat kepuasan Anda terhadap kinerja Lembaga . Untuk itu, kami mohon Anda untuk memberikan amatan dan cermatan terhadap kinerja Lembaga dan menjawab pertanyaan yang tertera di angket. Kami ucapkan terima kasih atas kerjasama dan perhatian yang diberikan.

Apakah Anda memahami rumusan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi? Maka akan tampil pilihan: Ya dan Tidak.

Dari mana Anda mengetahui rumusan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi? Maka akan muncul opsi: Masa Orientasi Maba, Katalog dan/atau dokumen Jurusan lainnya, Membaca banner, Kegiatan kemahasiswaan, Laman UM, Lain-lain.

Bagaimana menurut Anda, kinerja Program Studi / Jurusan dalam mencapai visi, misi, tujuan dan sasarannya? Mahasiswa bisa memilih opsi sebagai berikut: (a) Kinerja sudah selaras dengan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi dan Jurusan; (b) Kinerja cukup selaras dengan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi dan Jurusan; (c) Kinerja kurang selaras dengan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi dan Jurusan; (d) Tidak tahu karena tidak mengetahui rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi dan Jurusan; (e) Tidak tahu karena tidak pernah memperhatikan.

Berikan penilaian Anda terhadap indikator berikut ini

Wajib Mengisi Pilihan Berikut ini

  1. Keandalan Layanan (Reliability). Kemampuan dosen dalam memberikan layanan, Kemampuan tenaga kependidikan dalam memberikan layanan, Kemampuan pengelola dan memberikan pelayanan.
  2. Daya Tanggap Layanan (Responsiveness). Kemauan dosen dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat, Kemauan tenaga kependidikan dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat, Kemauan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat.

Beberapa contoh survei di atas merupakan salah satu layanan UM tentang kepuasan mahasiswa dalam menempuh perkuliahan di Universitas Negeri Malang. Semuanya bisa diakses melalui satu pintu, yakni: Siakad UM.

PROFIL (Menu Siakad UM)

Dalam menu profil ini akan menampilkan data pribadi mahasiswa. Data ini akan didaftarkan ke PDDIKTI, jadi setiap mahasiswa harus memastikan data yang ada di Sistem Informasi Akademik UM sudah sesuai dengan yang sebenarnya (tidak ada kesalahan nama).

Biodata. Submenu ini menjelaskan informasi mengenai NIK, No Pendaftaran Seleksi Masuk, Nama, Tempat/Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Agama, dan Alamat Asal.

Kemudian ada submenu lagi berupa data Email, Informasi Akun, Informasi Media Sosial, dan Aktivitas Saya.

AKADEMIK - UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Siakad UM - Universitas Negeri Malang, Detail Info dan Tutorial
Siakad UM

Menu Akademik dalam Siakad UM ini adalah menu paling penting bagi mahasiswa. Dalam menu ini, mahasiswa bisa memilih matakuliah, melihat hasil nilai mata kuliah, dll. Secara umum, dalam fitur ini terdiri dari tujuh bagian, yaitu: Administrasi, Akademik, Merdeka Belajar, Tugas Akhir, Wisuda, Manajemen, dan Dokumen.

Pertama mengenai Administrasi. Dalam menu ini mahasiswa dapat melihat nformasi mengenai Layanan Administrasi, Riwayat Keuangan, Riwayat Registrasi.

Kemudian menu Akademik akan menyajikan informasi tentang Kurikulum, Jadwal Kuliah, Hasil Studi Semester, Daftar Hasil Studi, Rencana Studi, Semester Antara, dan Uji Kemampuan Berbahasa Inggris (UKBIng).

Lalu ada juga menu Merdeka Belajar yang memberikan informasi Jurnal Harian. Sementara menu Tugas Akhir akan menyajikan detail tentang  Riwayat Bimbingan.

Info selanjutnya yang dapat diakses mahasiswa malalui Sistem Informasi Akademik UM adalah tentang Wisuda. Menu ini akan menyajikan Data Yudisium, SKPI, dan Pendaftaran Wisuda.

Manajemen adalah fitur untuk memantau Catatan Aktivitas mahasiswa. Kemudian Dokumen bisa digunakan untuk melihat Penentuan Beban Studi.

AKTIVITAS MAHASISWA UM

Aplikasi Aktivitas Mahasiswa ini digunakan untuk mendata seluruh kegiatan mahasiswa. Kelak kegiatan tersebut akan diterbitkan oleh kampus sebagai SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). Dalam aplikasi ini ada menu Dashboard, Aktivitas Mahasiswa, Ijin Penelitian, Ujian Skripsi/Tesis/Disertasi, dan Verifikasi Yudisium.

PERPUSTAKAAN UM

Mahasiswa juga bisa mengakses layanan Perpustakaan UM melalui Siakad. Data yang ditampilkan mulai dari detail informasi Hak Pinjam : 7 buku, Lama Pinjam : 14 hari, Lama Perpanjangan : 14 hari, Hak Pinjam Rev. : 2 buku, Lama Pinjam Rev. : 1 hari.

Mahasiswa bisa meminjam buku di perpustakaan UM dengan cara memasukkan No.Register (Barcode) Atau Judul Atau Pengarang Buku Yang Akan Dipesan.

Selain itu, perpus UM juga memberikan akses ke Jurnal Internasional. Melalui Sistem Informasi Akademik UM, kemudian pilih menu Perpustakaan, maka akan muncul data Daftar Jurnal Yang Dilanggan Perpustakaan UM. Jurnal tersebut juga bisa diakses mahasiswa UM melalui username dan password yang telah disediaakan.

Fitur perpus online UM juga menyajikan informasi Daftar Buku Yang Sedang Dipinjam. Jadi pastikan jangan sampai ada buku yang belum dikembalikan. Pun juga ada info tentang Daftar Buku Yang Dipesan. Silahkan segera dipinjam.

EOFFICE UM

eOffice UM ini jadi menu yang juga tidak kalah penting, terutama untuk mahasiswa baru UM. Dalam fitur e-office ini, kampus akan mengirimkan surat-surat digital untuk mahasiswa. Surat tersebut bisa datang dari pihak rektorat, fakultas, atau jurusan, bahkan juga dari IKA UM. Jenis suratnya juga variatif, bisa berupa undangan, pemberitahuan, penguruman, edaran, dll.

APLIKASI LAINNYA

SIPEJAR UM. Sistem Pengelolaan Pembelajaran (SIPEJAR) merupakan bagian dari Sistem Informasi Akademik UM yang mengintegrasikan sistem informasi akademik dan sistem administrasi pembelajaran, serta sistem layanan pembelajaran offline dan online. Sipejar melayani pembelajaran dan pelatihan mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan.

LISENSI UM. Fitur Aplikasi, Seluruh civitas akademik dapat menggunakan perangkat lunak dari Microsoft secara legal sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Office 365, Produk layanan berlangganan yang ditawarkan oleh Microsoft sebagai bagian dari produk Microsoft Office. Windows, Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan tampilan antarmuka bergrafis. pada umumnya sistem operasi ini banyak sekali di gunakan oleh masyarakat.(red)

TUTORIAL SIAKAD UM

Baca juga: 

Siakad UM - Universitas Negeri Malang, Detail Info dan Tutorial. Ini Siakad UM - Universitas Negeri Malang, Detail Info dan Tutorial. Info Siakad UM - Universitas Negeri Malang, Detail Info dan Tutorial. Siakad UM - Universitas Negeri Malang, Detail Info dan Tutorial. Ini Siakad UM - Universitas Negeri Malang, Detail Info dan Tutorial. Info Siakad UM - Universitas Negeri Malang, Detail Info dan Tutorial. Siakad UM - Universitas Negeri Malang, Detail Info dan Tutorial. Ini Siakad UM - Universitas Negeri Malang. Siakad UM - Universitas Negeri Malang. Info Siakad UM - Universitas Negeri Malang.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama