Sipejar UM - Universitas Negeri Malang Tidak Mengecewakan (Review)

Sipejar UM - Universitas Negeri Malang Tidak Mengecewakan (Review)
Sipejar UM - Universitas Negeri Malang Tidak Mengecewakan (Review) | instagram @shintaagln

MEDIA IPNUSipejar UM - Universitas Negeri Malang Tidak Mengecewakan (Review). Pendidikan ialah sesuatu kegiatan buat meningkatkan keahlian dari segi teori ataupun praktek. Semacam halnya bagi Oemar Hamalik (239: 2006) pendidikan merupakan “sesuatu campuran yang tersusun meliputi unsur- unsur manusiawi, material sarana, peralatan serta prosedur yang silih pengaruhi tercapainya tujuan pendidikan”. Pendidikan bisa dicoba kapan saja, di mana saja, serta dengan media apa saja.

Semacam halnya yang terjalin dikala ini ialah penyebaran Covid- 19 (Corona Virus Disease) di bermacam wilayah. Salah satunya pada aktivitas pendidikan pada UM (Universitas Negeri Malang). Bersumber pada pesan keptusan Rektor UM nomor 27 tahun 2020, melaporkan kalau sistem pendidikan dicoba secara online dengan memakai media digital.

Mengenai ini nyatanya sesuai dengan yang dikatakan Dirjen-Dikti pada tirto.id (2020) yakni Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud menciptakan pesan edaran tentang masa belajar dan penyelenggaraan program pendidikan selama darurat virus corona secara daring (dalam jaringan) dan bekerja dari rumah dalam rangka penangkalan penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 19). Mengenai ini membuat pemanfaata media digital buat menunjang proses pembelajaran terus jadi ditekankan.

Universitas Negeri Malang (UM) dikala ini telah mempraktikkan suatu sistem pendidikan berbasis media digital buat mendukung mahasiswa dalam melaksanakan aktivitas pendidikan. Terutamanya di tengah- tengah terbentuknya penyebaran Covid- 19. Sistem tersebut bernama SIPEJAR (Sistem Informasi Pengelolah Pembelajaran).

SIPEJAR UM bisa digunakan buat menunjang pendidikan mahasiswa, semacam halnya dalam distribusi modul maupun melaksanakan suatu penilaian pendidikan. Buat mengenali sepanjang mana pelaksanaan SIPEJAR dikatakan sukses dibutuhkan sesuatu penilaian buat membuktikanya.

Sipejar UM Belum Memuaskan

Dalam melaksanakan penilaian terhadap sistem salah satunya dengan mengenali tingkatan kepuasan pengguna. Dalam pengukuran kepuasan pengguna bisa dicoba dengan salah satu tata cara ialah Tata cara EUCS (End-User Computing Satisfaction) yang dibesarkan oleh Doll serta Torkzadel.

Penilaian dengan memakai model ini lebih menekankan kepada kepuasan pengguna akhir terhadap aspek teknologi bersumber pada ukuran konten, keakuratan, format, ketepatan waktu serta kemudahan pemakaian sistem. Semacam pada riset L. Xiao serta S. Dasgupta, (2002) ialah menguji instrumen EUCS (End-User Computing Satisfaction) buat mengenali tingkatan kepuasan pengguna sistem data berbasis website memperoleh hasil kalau instrumen EUCS nyatanya masih bisa digunakan buat memperhitungkan meski sudah berusia 20 tahun. Sehingga dengan demikian instrument EUCS dinilai bisa digunakan buat mengenali tingkatan kepuasan sesuatu sistem data.

Bersumber pada riset terdahulu serta kasus di atas hingga penulis melaksanakan analisis tingkatan kepuasaan mahasiswa UM terhadap pemakaian SIPEJAR bersumber pada sebagian parameter dengan memakai tata cara EUCS (End-User Computing Satisfaction). Hasil dari riset ini bertujuan buat mengenali tingkatan kepuasan mahasiswa UM terhadap pemakaian SIPEJAR.

Bersumber pada dari hasil pengumpulan informasi lewat kuisoner yang sudah disebar pada Mahasiswa UM (Universitas Negeri Malang) dikenal ciri responden riset ini meliputi Fakultas, serta Semester. Ilustrasi dalam riset ini berjumlah sebanyak 100 orang dengan ciri responden bersumber pada Fakultas yang terdiri 14 Mahasiswa FT (Fakultas Teknik), 15 Mahasiswa FMIPA (Fakultas Matematika dan IPA), 14 Mahasiswa FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan), 11 Mahasiswa FIS (Fakultas Ilmu Sosial), 14 Mahasiswa FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), 11 Mahasiswa FIK (Fakultas Ilmu Keolahragaan), 11 Mahasiswa FS (Fakultas Sastra) dan 10 Mahasiswa FS (Fakultas Psikologi).

Terdapat juga ciri responden bersumber pada Semester yang terdiri, 34 Mahasiswa Semester II, 30 Mahasiswa Semester IV, 26 Mahasiswa Semester VI, serta 10 Mahasiswa Semester VIII.

Bersumber pada perhitungan hasil kuesioner pada kepuasan mahasiswa UM (Universitas Negeri Malang) terhadap SIPEJAR (Sistem Pengelolah Pembelajaran). Diperoleh hasil rata- rata segala variabel sebesar 55, 9% sehingga menepatkan kepuasan mahasiswa UM terhadap SIPEJAR terletak pada tingkat 3 (Netral). Yang berarti SIPEJAR belum dapat dikatakan memuaskan namun pula tidak mengecewakan. Variable yang telah dinilai baik ialah merupakan Accuracy, Content serta Format. Sebaliknya buat variable Ease Of Use serta Timeliness dinilai lumayan baik.

Kesimpulan tentang Sipejar UM Tidak Mengecewakan 

Bersumber pada Hasil responden dari tiap variabel yang sudah diperoleh lebih dahulu bisa disimpulkan kalau tingkatan kepuasan mahasiswa UM terhadap pemakaian SIPEJAR terletak pada presentase sebesar 55, 9% yang menempati tingkat 3 ialah Netral. Yang berarti SIPEJAR belum membuat mahasiswa UM lumayan puas tetapi pula tidak mengecewakan.

Buat variabel Content ialah sebesar 66% ialah terletak pada tingkat 4 (Puas), Variabel Accuracy ialah sebesar 63, 6% ialah terletak pada tingkat 4 (Puas), Variabel Format ialah sebesar 63, 6% ialah terletak pada tingkat 4 (Puas), Variabel Ease of Use ialah sebesar 45, 2% ialah terletak pada tingkat 3 (Netral) serta Variabel Timeliness ialah sebesar 41% ialah terletak pada tingkat 3 (Netral). Aspek dominan yang menghasilkan kepuasan dalam tata cara EUCS pada SIPEJAR UM ini merupakan variable yang mempunyai presentase sangat besar ialah variabel Content sebaliknya variabel yang mempunyai sangat rendah merupakan variable Timeliness.(dh)

Sumber: Priyantono, dkk. 2020. Analisis Kepuasaan Mahasiswa  dalam Penggunaan Sipejar (Sistem Pengelolah Pembelajaran) Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction. http://journal. unublitar. ac.id.

Cara Login Sipejar UM

Baca juga: 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama