Konfercab IPNU IPPNU Sumedang, Aang: Tanpa Kaderisasi, Organisasi Akan Mati

Konfercab IPNU IPPNU Sumedang, Aang: Tanpa Kaderisasi, Organisasi Akan Mati
Konfercab IPNU IPPNU Sumedang, Aang: Tanpa Kaderisasi, Organisasi Akan Mati


MEDIA IPNU - Kaderisasi merupakan denyut nadi dalam organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Tanpa kaderisasi, organisasi akan mati. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Kabupaten Sumedang, Aang Muhammad Fauzie pada acara Konferensi Cabang (Konfercab) IPNU IPPNU Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (4/6/2022).

Menurut Aang, kaderisasi adalah denyut nadi organisasi, khususnya di IPNU-IPPNU. “Tanpa kaderisasi organisasi secara perlahan akan mati karena tidak ada lagi estafet kepemimpinan dan orang-orang yang mengurus organisasi,” terang Aang.

Aang menjelaskan bahwa untuk menjalankan organisasi tidak hanya membutuhkan kaderisasi yang berlanjut. Akan tetapi, output atau hasil dari kaderisasi yang disebut ‘kader’ harus memiliki keahlian masing-masing di bidang tertentu.

“Tidak hanya harus melakukan kaderisasi dengan terus-menerus. Untuk menjalankan roda organisasi dibutuhkan juga keahlian di masing-masing bidang yang harus dimiliki oleh setiap kader. blBaik itu dalam hukum, medis dan sebagainya,” jelas Aang.

Sehingga, lanjut Aang, ke depannya para kader bisa menjadi penerus bangsa yang tangguh dan berguna.

“Ketika dibutuhkan dalam bidang hukum, IPNU-IPPNU bisa berkontribusi. Termasuk bidang yang lain,” ucap Aang.

Aang berharap agar IPNU-IPPNU bisa membentuk keahlian para kader di bidangnya masing-masing, para alumni bisa memberikan kontribusi dan dukungan untuk mewujudkannya. “Karena tanpa bantuan para alumni akan sulit sekali mewujudkan cita-cita ini,” pungkasnya.

Konfercab adalah forum tertinggi IPNU IPPNU di tingkat kabupaten/kota. Pimpinan Cabang yang menyenggarakan Konfercab akan melakukan agenda sidang-sidang pleno selama konferensi berlangsung.

Agenda sidang konfercab terdiri dari Sidang Tata Tertib Konferensi, Sidang Pleno Laporan Pertanggungjawaban, Sidang Komisi dan Pleno Komisi, hingga Sidang Tata Tertib Pemilihan Ketua dan Sidang Pemilihannya.

Kepengurusan PC IPNU IPPNU berlangsung selama dua tahun. Artinya, Konfercab adalah forum rutin yang digelar dua tahun sekali. Peserta dalam Konfercab adalah perwakilan dari PAC, PKPT, PR, dan PK se-Kabupaten Sumedang.(dh)

Baca juga: 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama