Siakad Untan - Universitas Tanjungpura Pontianak Kalbar

Siakad Untan - Universitas Tanjungpura Pontianak Kalbar
Foto: Feliani dan Leonardo | Sumber: mimbaruntan.com

MEDIA IPNU - Siakad Untan - Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat. Universitas Tanjungpura didirikan pada bertepatan pada 20 Mei 1959 dengan nama Universitas Daya Nasional di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional selaku suatu universitas swasta. Pendirinya ialah tokoh tokoh politik serta pemuka warga Kalimantan Barat, yang dikoordinasikan langsung oleh Oevaang Oeraay.

Pada dikala berdiri universitas ini mempunyai 2 fakultas ialah Fakultas Hukum serta Fakultas Tata Niaga. Para tenaga pengajar pada masa- masa tersebut merupakan para sarjana serta sarjana muda yang ada di wilayah Kalimantan Barat.

Status Universitas Daya Nasional berganti jadi Universitas Negeri Pontianak bersumber pada Surat Keputusan Menteri PTIP No 53 Tahun 1963 Bertepatan pada 16 Mei 1963. Tetapi bertepatan pada peringatan penetapan status universitas negeri diresmikan 20 Mei 1963 dengan nama Universitas Negeri Pontianak serta diisyarati pula dengan dibukanya 2 fakultas baru ialah Fakultas Pertanian serta Fakultas Teknik dan pergantian nama Fakultas Tata Niaga jadi Fakultas Ekonomi.

Sejalan dengan suasana politik RI tahun 1965, nama universitas diganti jadi Universitas Dwikora (bersumber pada Surat Keputusan Presiden RI No 278 Tahun 1965 bertepatan pada 14 September 1965), sekalian menandai pembukaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Akhirnya nama Universitas Dwikora berubah lagi jadi Universitas Tanjungpura (Untan), bersumber pada Surat Keputusan Presiden RI No 171 Tahun 1967.

Nama Universitas Tanjungpura ini berasal dari nama Kerajaan Tanjungpura yang terletak di Kalimantan Barat. Sampai dikala ini, Untan sudah mempunyai 9 Fakultas dengan jenjang pembelajaran sampai doktoral (S3) dan mempunyai Rumah Sakit Universitas Tanjungpura.

TEKNOLOGI WEB SERVICE SIAKAD UNTAN

Siakad Untan Universitas Tanjungpura. Pada kala ini zona data memegang peranan berarti untuk warga umum dalam kehidupan sehari-hari.

Cepatnya pertumbuhan teknologi komunikasi ini bisa kita amati lewat sejarah pertumbuhan teknologi komunikasi, sejarah pertumbuhan teknologi data, serta sejarah teknologi data.

Pergantian ini jelas pengaruhi pola komunikasi serta ikatan yang kita jalani dengan orang lain dan pengaruhi kehidupan kita di bidang yang lain, misalnya dalam bidang pekerjaan ataupun komunikasi bisnis maupun komunikasi organisasi, pembelajaran ataupun komunikasi pendidikan, komunikasi kesehatan, komunikasi pemasaran utamanya dalam strategi komunikasi pemasaran, komunikasi internasional, serta lain- lain.

Forum internet ialah sarana yang ada di internet, serta penggunanya bisa berdiskusi. Forum berbasis internet ini telah diketahui semenjak tahun 1995, serta gunanya mirip apalagi lebih baik dari papan buletin serta milis internet yang telah terdapat semenjak tahun 1980- an.

Perasaan komunitas virtual kerap timbul pada forum forum yang mempunyai anggota senantiasa. Teknologi, game pc, serta politik ialah tema sangat terkenal yang jadi pokok bahasan forum internet, namun masih banyak lagi topik- topik yang lain.

Metode dosen mengantarkan data di area Program Riset Informatika masih berbentuk pengumuman, lewat sms kepada mahasiswa tertentu, majalah bilik, ataupun Whatsapp. Metode ini kurang efisien disebabkan manajemen tim kelas dari Whatsapp ataupun kontak mahasiswa yang dihubungi jadi lebih banyak. Perihal ini bisa menimbulkan kesalahan pemberian data ke tim ataupun mahasiswa yang berbeda.

Mahasiswa serta dosen pula hendak mendaptkan kesusahan buat berdiskusi tentang data yang diberikan apabila cuma berbentuk pengumuman di majalah bilik serta tidak seluruh mahasiswa memperoleh data yang diberikan.

Salah satu metode buat menanggulangi permasalahan tersebut merupakan dengan membuat sesuatu sistem data buat membagikan data serta berdiskusi langsung semacam forum. Hingga dengan terdapatnya forum, dosen tidak butuh manajemen grup- grup Whatsapp, kontak mahasiswa perwakilan, serta pengumuman majalah bilik. Dosen bisa langsung membagikan data yang mau diberikan lewat forum dengan topik serta mata kuliah yang cocok dengan data yang mau diberikan.

Sehabis dosen membagikan data tersebut hingga mahasiswa yang bersangkutan dengan mata kuliah tersebut hendak secara otomatis memperoleh notifikasi berbentuk email kalau ada pengumuman baru dari mata kuliah yang bersangkutan. Dosen, mahasiswa ataupun staf pula bisa membagikan data diluar mata kuliah buat dibagikan bersama serta didiskusikan bersama.

Forum ini diimplementasikan dengan website service buat melaksanakan login memakai akun SIAKAD yang bertujuan buat menghalangi forum ini cuma bisa diakses oleh mahasiswa, dosen serta staf di Program Riset Informatika Universitas Tanjungpura.

PENJELASAN PENELITIAN WEB SIAKAD UNTAN

Kajian Terkait

Kajian Terpaut lain yang terpaut selaku pendukung riset ini ialah riset Muhammad Rezy Anshari dengan tema job sharing system pada program riset metode informatika universitas tanjungpura. Dalam riset ini, kami mengambil tata cara riset fitur forum, serta mempunyai 3 user login ialah admin, dosen serta mahasiswa.

Website

Web merupakan merupakan sesuatu taman website yang silih berhubungan yang biasanya terletak pada peladen yang sama berisikan kumpulan data yang disediakan secara perorangan, kelompok, ataupun organisasi. Suatu web website umumnya ditempatkan paling tidak pada suatu server website yang bisa diakses lewat jaringan semacam Internet, maupun jaringan daerah lokal (LAN) lewat alamat Internet yang dikenali selaku URL. Gabungan atas seluruh web yang bisa diakses publik di Internet diucap pula selaku World Wide Web ataupun lebih diketahui dengan singkatan WWW.

Forum

Forum merupakan suatu fasilitas komunikasi buat suatu komunitas. sama halnya semacam Social Network yang lagi ramai- ramainya di dunia maya. tetapi forum lebih berfokus buat suatu komunitas besar, dimana di dalam forum tersebut dibagi jadi sub- sub dari forum itu.

Lebih jelasnya di dalam forum tersebut terdapat pembagian topik yang terbuat buat mempermudah penggunanya dalam berhubungan ataupun dapat dimaksud selaku tempat buat berhubungan untuk para anggotanya dimana dengan terdapatnya topik ulasan di masing- masing forum dapat memudahkan para anggota dalam mencari suatu data.

Forum pula sesuatu fasilitas buat mencari data yang dapat di katakan lebih lengkap serta lebih perinci, forum pula bisa di pakai selaku tempat buat berdiskusi, dengan terdapatnya forum, hingga bisa silih berhubungan satu sama lain dengan anggota yang terdapat di forum.

Di dalam forum ada topik- topik yang bisa diseleksi serta digunakan penggunanya bergantung kebutuhan pengguna tersebut. Misalkan apabila kita mau membuat thread mengenai cara cara mengajukan judul skripsi, hingga kita wajib memasukan thread kita di topik tugas akhir, hingga semacam seperti itu khasiat forum serta sub forum.

Manfaat dari forum sendiri sangat banyak, antara lain kita dapat dapat mencari data yang kita butuhkan, sebab di forum spesialnya forum yang telah besar serta telah sangat populer, banyak opsi yang dapat kita miliki dari data yang kita butuhkan tersebut.

Website Service

Website Service merupakan layanan pertukaran informasi lewat website. Website service ialah suatu antarmuka jaringan yang diakses buat fungsionalitas aplikasi yang dibentuk memakai standar teknologi internet, dengan kata lain bila suatu aplikasi bisa diakses lewat jaringan memakai campuran protokol semacam HTTP, XML, SMTP ataupun Jabber hingga itu merupakan website service.

ANALISIS HASIL PENGUJIAN SIAKAD UNTAN - UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Siakad Untan - Universitas Tanjungpura Pontianak Kalbar
Siakad Untan - Universitas Tanjungpura Pontianak Kalbar | instagram: @univtanjungpura

Siakad Untan Universitas Tanjungpura. Bersumber pada pengujian yang sudah dicoba, analisis hasil pengujiannya merupakan selaku berikut:

Hasil pengujian Black Box membuktikan kalau komponen- komponen dari sistem sudah berfunsi cocok dengan yang diharapkan.

Bersumber pada hasil pengujian dengan kuesioner mengalami aplikasi Forum Komunikasi Pada Program Riset Informatika Universitas Tanjungpura, kalau Mahasiswa menjawab sistem sudah penuhi jujuan semacam yang diharapkan pada tiap penyataan dikira sangat layak digunakan, perihal ini nampak pada asumsi statment pada table XI.

Hasil intrepretasi skor dari Likert’ s Summated Rating (LSR) membuktikan user rata- rata membagikan nilai 4 serta 5. Aplikasi memperoleh skor 1827 dengan nilai sangat positif yang berarti aplikasi dinilai sukses serta berperan sebagaimana mestinya

KESIMPULAN

FORUM KOMUNIKASI SIAKAD UNTAN - UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Siakad Untan Universitas Tanjungpura. Bersumber pada hasil analisis serta pengujian terhadap aplikasi Forum Komunikasi Program Riset Informatika, bisa disimpulkan kalau:

Pertama, Forum Komunikasi Program Riset Informatika sudah sukses dibentuk sehingga dapat digunakan di area Program Riset Informatika Unversitas Tanjungpura.

Kedua, Hasil pengujian yang diukur dengan tata cara UAT (User Acceptance Test) membuktikan kalau responden memperhitungkan sistem sangat positif serta sukses bisa dikategorikan sangat sepakat dengan menciptakan nilai 1827 dari 10 statment yang diberikan.

Ketiga, Aplikasi forum sukses dibentuk sehingga bisa mempermudah berbicara serta data antar mahasiswa, dosen serta staf dalam sesuatu forum di Program Riset Informatika Universitas Tanjungpura.

PENILAIAN USABILITY SIAKAD UNTAN

Siakad Untan Universitas Tanjungpura. Bersumber pada hasil riset mengenai Penilaian Usability Berdasrkan Nielsen Model Memakai Tata cara Usability Testing pada Web Sistem Informasi Akademik Universitas Tanjungpura, hingga bisa ditarik kesimpulansebagai berikut:

Pertama, dalam hasil perhitungan Usability testing bagi Nielsen model menciptakan nilai pada masing- masing penanda yang berbeda- beda ialah pada penanda Easy To Learn memperoleh nilai 3, 86%, bersumber pada interpretasi skor ialah baik. Kemudaian Efficiency To Use memperoleh skornya 3, 91% pula dikatakan baik.

Setelah itu Easy To Remember memperoleh nilai skornya 4, 00%, buat skor penanda ini memperoleh nilai yang sangat besar dari penanda yang lain. Sehabis itu terdapat penanda Few Errors dalam penanda ini dimana skornya merupakan 3, 78% menjadikan penanda ini mempunyai skor terendah dari seluruh penanda yang terdapat, tetapi bersumber pada skor interpretasi, skor ini masih pula terkategori baik.

Buat penanda yang terakhir merupakan Pleasant To Use memperoleh skor interpretasi merupakan 3, 95% serta masih terkategori baik baik pula. Buat skor komulatif dari segala penanda yang terdapat memperoleh nilai skor ialah 3, 90%, yang berarti usability testing pada website siakad Untan merupakan terkategori Baik ataupun besar.

Kedua, hasil analisa usability dari tiap tiap penanda mempunyai nilai yang berbeda, bila disimpulkan hingga dari responden menyangka kalau aspek tampilan pada Siakad, fitur- fitur dalam website, link link yang bisa diunduh.

Kecepatan website membuka taman dan ketidak nyamanan dikala memperoleh top up iklan ataupun sebagainya yang ada pada Siakad Untan butuh diperbaiki serta ditinggkatkan, sehingga website siakad bisa diakses secara gampang, kilat serta bisa dimanfaatkan semaksimal bisa jadi sebagi kebutuhan data.

Ketiga, Komulatif skor total dari usability membuktikan dimana nilai usability terletak pada kriteria yang baik ataupun besar bila merujuk pada interpretasi skor yang terdapat, nilai usability yang didapat ialah 3, 90%. Sehingga hasil analisa membuktikan kalau Siakad Untan gampang digunakan serta dimengerti oleh pengguna baru.

Sumber:

Yehezkiel Laven. 2020. Evaluasi Usability Berdasarkan Nielsen Model Menggunakan Metode Usability Testing Pada Web Sistem Informasi Akademik Universitas Tanjungpura. (1)

Muhammad Arief Maulana, Novi Safriadi, Enda Esyudha Pratama. 2019. Aplikasi Forum Komunikasi Program Studi Informatika dengan Teknologi Web Service SIAKAD UNTAN. (2)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama