Dorong Pelajar Melek Data, PW IPNU Jawa Timur Gelar Pelatihan Riset

Dorong Pelajar Melek Data, PW IPNU Jawa Timur Gelar Pelatihan Riset
Dorong Pelajar Melek Data, PW IPNU Jawa Timur Gelar Pelatihan Riset

MEDIA IPNU - Dorong Pelajar Melek Data, PW IPNU Jawa Timur Gelar Pelatihan Riset. Guna mengembangkan kapasitas ilmiah generasi milenial Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur memberikan pelatihan dan bimbingan penelitian yang komprehensif. 

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Research Academy dengan tema "Scientific Capacity Development Milenial Generation Through Mentoring and Research Training for East Java Students".

Kegiatan berlangsung di Gedung PWNU Jawa Timur diikuti oleh 75 peserta terpilih dari berbagai daerah di Jawa Timur, pada Minggu (19/5/2024) kemarin. Research Academy bertujuan untuk mencetak peneliti dan calon peneliti yang mampu melakukan riset sesuai dengan kaidah ilmiah. Pelatihan ini disusun secara menyeluruh, mulai dari pemberian konsep dasar terkait riset, desain riset, hingga pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed method.

Ketua PW IPNU Jawa Timur, M. Fakhrul Irfan Syah, dalam siaran persnya, Senin (20/5/2024) menyampaikan, apresiasinya karena dapat menyelenggarakan kegiatan ini. Research Academy ini diharapkan dapat memberikan keterampilan dan pengetahuan yang mendalam kepada para peserta, sehingga mereka siap menjadi peneliti yang berkompeten.

Dalam upaya menegaskan pentingnya pemahaman data bagi pelajar, Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur telah menjalin kerjasama melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur LPPM UNESA, Prof. Dr. H. M. Turhan Yani, MA, yang turut memberikan dukungan dan bimbingan kepada para peserta. “Kerjasama antara IPNU Jawa Timur dan LPPM UNESA melalui pelatihan riset ini, dapat meningkatkan kapasitas dan wawasan pelajar jawa timur di bindang penelitian” ujarnya.

Pelatihan ini tidak hanya fokus pada teori, tetapi juga praktik langsung di lapangan dalam bentuk mini research, dengan tujuan untuk menyiapkan SDM kader yang memiliki kompetensi sebagai peneliti handal dan siap berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan para ahli di bidang penelitian, yang memberikan wawasan dan pengalaman praktis tentang bagaimana menjalankan penelitian yang berkualitas. Selain itu, acara ini juga dilengkapi dengan sesi mentoring yang intensif, di mana setiap peserta mendapatkan bimbingan personal dari para mentor berpengalaman.

IPNU Jawa Timur berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal bagi para peserta untuk mengembangkan karir di bidang penelitian dan akademis. Dengan dukungan dari berbagai pihak, IPNU Jawa Timur berkomitmen untuk terus menyelenggarakan program-program serupa yang dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas generasi muda Indonesia.(sd)

Baca juga: www.maarif-nu.or.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama