Gus Haidar Rilis Visi Besar IPNU Beraksi Shapping the Future

Gus Haidar Rilis Visi Besar IPNU Beraksi Saving the Future
Muhammad Ishomuddin Haidar, Calon Ketua Umum PP IPNU Periode 2022-2025.


MEDIA IPNU - Muhammad Ishomuddin Haidar, alias Gus Haidar, kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dari  Jawa Timur ini memiliki kata kunci visinya sebagai Calon Ketua Umum PP IPNU, yakni IPNU Beraksi, shapping the future (membentuk masa depan).

Hal itu ia ungkapkan ketika mengikuti Debat Calon Ketum IPNU di Jakarta, Kamis (14/04).

Menurut Haidar, IPNU sebagai organisasi keterpelajaran yang besar memiliki andil besar dan harus berani, aktif, serta siap mengambil peran dalam kerja-kerja peradaban yang akan datang.

Karena dengan begitu, menurut Haidar, IPNU akan menjadi miniatur masa depan. Anggota dan kader IPNU akan bisa bertahan serta sanggup berkolaborasi sekaligus memenangkan kompetisi-kompetisi di masa yang akan datang.

Visi besar Gus Haidar ada tujuh poin yang diakronimkan menjadi kata “Beraksi”.

Pertama, yaitu berbudaya literasi digital, baca, dan tulis. Kemudian kedua, ekspansi yang berarti IPNU akan mulai menularkan ide dan gagasannya ke wilayah yang lebih besar dengan hadir di forum internasional sehingga semakin mendunia.

Lalu yang ketiga, responsif. Manurutnya, perubahan era semakin cepat, sehingga dirinya mendorong kader-kader IPNU segera merespons sinyal-sinyal perubahan agar tidak tertinggal oleh zaman.

Misi yang keempat, apresiasi. Kelak, kata Haidar, IPNU akan menyiapkan panggung-panggung apresiasi kepada para kader yang berprestasi.

Lanjut yang kelima ialah karakter. Ishomuddin Haidar akan melakukan penguatan karakter, dengan kembali IPNU memegang penuh budaya pondok pesantren. Lalu yang keenam, skill full yakni segera melakukan up skilling sehingga kita move on dari low skill menjadi high skill.

Baca juga: PBNU: IPNU Fokus ke Pelajar, Tidak Perlu Ada Komisariat di Kampus

Sedangkan misi yang ketujuh atau yang terakhir ialah inklusif. Maksudnya yaitu IPNU menjadi organisasi yang ramah di sekolah, pesantren, dan perguruan tinggi.

Muhammad Ishomuddin Haidar merupakan kader IPNU yang sangat aktif. Saat ini ia diberi amanah sebagai Wakil Ketua Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Provinsi Jawa Timur. Gus Haidar juga aktif di PP IPNU mengemban amanah kepengurusan di departemen satu, yakni: departemen organisasi.

Gus Haidar lahir dari lingkungan pesantren. Semenjak kecil, ia diasuh oleh orang tuanya yang memang memiliki latar belakang pondok pesantren. Sampai sekarang, kedua orang tua Haidar fokus mengasuh pondok pesantren, yaitu: PP Baitussalam, Desa Mojoduwur, Kecamatan Mojowarno, Jombang.

Haidar merupakan anak yang kedua dari empat bersaudara. Dirinya bergelut di organisasi NU melalui IPNU dimulai grassroot atau Pimpinan Ranting (desa). Pernah dipercaya sebagai Ketua Pimpinan Ranting (PR) IPNU Mojoduwur, Kecamatan Mojowarno, Jombang tahun 2015-2017. Kemudian karirnya di IPNU semakin meningkat, mulai ke PAC, PC, hingga di posisi sekarang.

Perlu diketahui bahwa kegiatan Debat Calon ini merupakan serangkaian acara menuju Kongres XX IPNU di NTB yang akan datang.(dh)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama