PAC IPNU IPPNU Pakel Ziarah Wali Tulungagung, Wujud Usaha Taqarrub Ilallah

PAC IPNU IPPNU Pakel Ziarah Wali Tulungagung, Wujud Usaha Taqarrub Ilallah

MEDIA IPNUPimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, mengadakan kegiatan ziarah wali Tulungagung, Minggu (24/04/2022).

Kegiatan berlangsung pada jam 10.00 hingga 16.00 WIB dengan mengendarai 1 elf dan terdapat beberapa motor dilanjutkan dengan buka bersama.

Ketua PAC IPNU Kecamatan Pakel Dafit mengatakan, ziarah wali Tulungagung ini bertujuan Taqarrub ilallah. Mendoakan para waliyullah, khususnya yang ada di Tulungagung, sebagai bentuk memuliakan perjuangan para wali yang ada di tulungagung dalam menyebarkan ajaran agama Islam. Pun sebagai bentuk pengetahuan sejarah Islam di Tulungagung serta ngalap barokah.

Dafit menyebutkan, latar belakang dari kegiatan ini yaitu sebagai bentuk realisasi program kerja Departemen Dakwah PAC IPNU IPPNU Kec. Pakel, dan sebagai bentuk amalan ibadah di bulan Ramadhan ini.

“Kegiatan ini diikuti oleh internal pengurus PAC IPNU-IPPNU Kec. Pakel dan pembina PAC Pakel,” ujar Dafit, Minggu (24/04/’22).

Dafit menjabarkan, Ziarah ini terdapat beberapa rute yang dikunjungi yaitu: Makam Mbah Dimyati dan Mbah Buyut Mundzir Kecamatan Campurdarat, Makam bedalem Kecamatan Besuki, Makam K.H Asbangi, dan Bu Maryam.

Harapan setelah melakukan ziarah para wali Tulungagung ini para pemuda khususnya IPNU IPPNU dapat melahirkan generasi muda NU yang memahami perjuangan para wali dan kyai dalam menyebarkan ajaran Islam, khususnya di daerah Tulungagung.

Sementara itu, Wakil Sekretaris PAC Kecamatan Pakel Rekanita Rahma, mengatakan sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena dapat mengetahui para ulama dan para wali yang ada di Tulungagung.

“Kegiatan ini dapat dijadikan referensi untuk ranting-ranting maupun PAC yang lainnya agar tidak melupakan sejarah dari penyebaran Islam di Tulungagung itu sendiri,” pungkas Rahma.(dh)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama