PAC Gayam Bojonegoro Gelar Makesta, Puluhan Pelajar Ikuti Pelatihan

PAC Gayam Bojonegoro Gelar Makesta, Puluhan Pelajar Ikuti Pelatihan

MEDIA IPNU - Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU Kecamatan Gayam, Bojonegoro, Jawa Timur, gelar pengkaderan Makesta (Masa Kesetiaan Anggota). Pengkaderan ini dilaksanakan di Madin An Nu’fa Cengungklung pada hari Jum'at-Minggu (20-22/05/2022) dengan diikuti oleh 36 peserta.

Adapun tema pengkaderan tersebut adalah "Formation Of Student Character With Aswaja and Pancasila".

Ahmad Nafi'in sebagai Ketua Pelaksanaan Lakmud Gayam, menyebutkan kegiatan tersebut merupakan pengkaderan Makesta Jilid 2 PAC IPNU IPPNU Kecamatan Gayam Bojonegoro, sekaligus bentuk Rencana tindak lanjut III Lakmud (Latihan Kader Muda) Gayam.

Uniknya OC (Organizing Committee) dari kegiatan makesta ini merupakan peserta alumni Lakmud Gayam, sedangkan SC (Steering Committe) dari kaderisasi PAC IPNU IPPNU Gayam.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk RTL alumni lakmud yaitu mangadakan kegiatan makesta,agar para alumni lakmud PAC IPNU IPPNU gayam kedepannya bisa melatih mentalitas, pola berfikir dan pola bertindak yang baik," ujarnya

"Serta Dengan manajemen jadwal yang padat, nantinya diharapkan para peserta dapat lebih istiqamah dan disiplin dalam mengatur tindakan kesehariannya. Selalu sigap dalam menghadapi setiap kebermamfaatan perilaku sehari-hari tanpa berbagi waktu untuk berbagi hal-hal yang kurang bernilai positif," tambahnya.

Terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada Makesta Jilid 2 ini, mulai dari penyampaian materi, pembentukan mental dan karakter serta game fun. 

Dalam kegiatan penyampaian materi terdapat 8 materi, salah satunya sejarah IPNU IPPNU serta Ke NU an. Pembentukan mental dan karakter ini juga bertujuan untuk melatih kedisiplinan serta bertanggungjawab. 

Sedangkan game fun dimaksudkan untuk menghibur dan mengembalikan semangat setelah melaksanakan agenda-agenda melelahkan.

Tujuan lain dari makesta ini untuk mewadahi kader-kader baru, terlebih lagi bagi sekolah yang dinaungi LP MA'ARIF agar mengenal IPNU IPPNU. Sehingga organisasi Nahdlatul Ulama ini selalu keterkaitan dan tidak berhenti pada satu periode.

"Peserta calon IPNU IPPNU yang ada di depan saya ini, merupakan generasi lanjutan yang akan menggantikan kami didepan, menggantikan peranan kami di dalam BANOM NU, seperti tanfidz, syuriah dan lain-lain," kata Fadlilah Ketua Tanfidziyah MWCNU Gayam

Salah satu Panitia, Rekanita Ana Ayu, mengaku bahwa suatu kesempatan yang sangat luar biasa bagi para Alumni Lakmud Gayam, karena diberikan amanah untuk mengadakan Makesta.

“Cukup menantang dan banyak pelajaran yang kami dapatkan, yang pada dasarnya kami adalah pemula pada IPNU IPPNU dan lewat kegiatan ini lah kami mendapatkan banyak pelajaran yang dapat kami aplikasikan dan dapat kami jadikan bekal di pimpinan masing-masing,” ucapnya.

Ada beberapa alasan dalam pelaksanaan kegiatan ini. Pertama, Makesta ini adalah bentuk dari RTL 3 LAKMUD 1 PAC IPNU IPPNU Gayam. Selanjutnya, untuk memberikan wadah pengkaderan untuk siswa-siswi MTs di Kecamatan Gayam sebagai langkah pertama dalam pembentukan Pimpinan Komisariat (PK).

Kegiatan dibuka pukul 14.00 dengan mengundang tamu kurang lebih 30 orang dan ditutup minggu pukul 12.30. Kegiatan berjalan dengan runtut serta lancar hingga akhir.(dh)

Baca juga: 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama