171 Pelajar Papua Barat selesaikan Pendidikan ADEM

171 Pelajar Papua Barat selesaikan Pendidikan ADEM
171 Pelajar Papua Barat selesaikan Pendidikan ADEM

MEDIA IPNU - Sebanyak 171 pelajar yang berasal dari Papua Barat sebagai peserta program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) sejak Tahun 2019 telah menyelesaikan pendidikan pada sejumlah SMA dan SMK di Pulau Jawa dan Bali.

Ratusan pelajar asli Papua Barat itu tiba kembali di Kota Sorong dan Kabupaten Manokwari, Sabtu siang (04/06/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Barnabas Dowansiba, dilansir dari jogja.antaranews.com (Sabtu 04/06/2022) mengatakan para pelajar tersebut akan dikembalikan ke kabupaten/kota masing masing untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

"Jumlah seluruhnya 171 orang, mereka kembali ke Papua Barat melalui Kota Sorong dan Kabupaten Manokwari, selanjutnya akan dikembalikan ke daerahnya masing-masing," terangnya.

Dowansiba menyebutkan bahwa para pelajar asal Papua Barat itu selama tiga tahun menempuh pendidikan jenjang SMA dan SMK pada sejumlah sekolah di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten dan Bali.

Beasiswa ADEM merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, kesetaraan dan kepastian memperoleh layanan pendidikan yang bermutu bagi masyarakat usia sekolah menengah yang terkendala oleh hambatan geografis dan ekonomi.

"Program ADEM Papua Barat adalah afirmasi yang diberikan bagi putra-putri asli Papua lulusan SMP/MTs untuk mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan menengah di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Banten dan Bali," kata Dowansiba.

Program ADEM ini, katanya, adalah salah satu usaha konkret dalam peningkatan mutu pendidikan yang sudah berjalan sejak 2013 untuk wilayah Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Program ADEM ini terbukti telah memberikan dampak baik bagi peningkatan SDM, mutu dan pemerataan kualitas pendidikan, khususnya untuk putra putri dari Papua.(dh)

Baca juga: 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama